Mengenal macam-macam tepung | Jenis-jenis Tepung

>> Friday, August 12, 2011

Kalau kita mau membuat kue, ketika membaca resepnya kadang suka bingung, kok ternyata banyak sekali jenis tepung. Tepung sagu, tepung arrowroot, tepung kanji, maizena, terigu dll. Terigu sendiri masih dibedakan lagi berdasar jenis proteinnya. Haduh... pusing deh...mengenal bahan-bahannya saja pusing, kapan kuenya jadi? :)

Untuk lebih jelasnya, yuk kita mengenal macam-macam jenis tepung ini. Berikut ini jenis-jenis tepung (macam-macam tepung) yang sering kita jumpai.

1. TEPUNG MAIZENA, CORN STARCH
Kalau di Indonesia salah kaprah menyebutnya Maizena, padahal Maizena nih benernya merk tepung pati jagung yang sangat beken di Mexico.
Tergolong gluten-free, dibuat dari pati jagung, umumnya dipakai sebagai bahan utama pada custard. Biasa dipakai untuk pengental pada sup maupun saus, memberi tekstur halus dan lembut pada sponge cake dan puding, serta efek renyah pada kue kering.
Khusus untuk sponge cake, pengalaman gue takaran maksimalnya 30% dari terigu kalo pake banyak telur tapi kalo telurnya dikit pake 15-20% ajah, kalo kebanyakan ntar teksturnya jadi rapuh ato bahkan bantet. Prosentase maizenanya ditimbang untuk MENGGANTIKAN prosentase yang sama pada terigu ya, bukan menambah. Jadi kalo pada resep tercantum 200 gr terigu, maka dibikin komposisi 150gr terigu + 50gr maizena biar gak merubah takaran bahan keringnya.
Untuk kue kering, pengalaman gue cukup pake 20% aja dari terigu. Hasilnya kue kering akan lebih renyah.

2. TEPUNG TERIGU, WHEAT FLOUR
Secara umum berdasarkan kadar gluten atau proteinnya ada 3 jenis tepung terigu. Kadar protein ini menentukan elastisitas dan tekstur sehingga penggunaannya disesuaikan dengan jenis dan spesifikasi adonan yang akan dibuat. Kalau di Indonesia, Bogasari menjadi produsen tepung terigu terbesar sehingga distribusinya sangat luas dan brand equity-nya juga kuat. Nggak heran, merk-merk dari Bogasari seolah menjadi "identitas" bagi masing-masing jenis tepung. Jadi harap dimaklumi ye kalau gue menyebut produk-produk Bogasari sebagai contoh disini, semata-mata hanya untuk memudahkan penjelasan ajah, secara gue bener-bener bukan salesnya Bogasari. (Ini juga yang menjadikan teman-teman di Qatar sini masih saja menanyakan tepung ini. Mas, ada terigu segitiga biru enggak? Udah tinggal di LN, yang dicari masih produk Indonesia, mungkin juga karena kebiasaan ya? )

a. Protein Tinggi, Bread Flour, High Grade Flour
Mengandung kadar protein 11%-13% atau bahkan lebih. Bila kena bahan cair maka glutennya akan mengembang dan saling mengikat dengan kuat membentuk adonan yang sifatnya liat. Mutlak diperlukan oleh adonan dengan sifat elastis maupun yang memerlukan kerangka kokoh seperti mi, roti, pasta, kulit martabak telur, pita bread, donat, croissant/puff pastry, sus/cream puff.
Gue sendiri suka memanfaatkan tepung ini untuk bikin kulit risoles dan pancake karena gak gampang sobek, juga untuk brownies…! Pada brownies menghasilkan kue dengan tekstur yang lebih fudgy.
Tapi jangan coba2 pake tepung ini untuk bikin kue kering ato kulit pie, hehehehhh… dijamin alot :P
Contoh yang beredar di pasaran Indonesia: Cakra Kembar, Kereta Kencana. Keduanya produk Bogasari. Ada juga Tali Emas (ngga tau produsennya), dan yang masih brand new adalah Cakra Kembar Emas, produk Bogasari juga dengan kadar protein yang lebih tinggi dari Cakra Kembar biasa.

b. Protein sedang, All Purpose Flour, Cake flour
Kadar protein berkisar antara 8%-10%, digunakan pada adonan yang memerlukan kerangka lembut namun masih bisa mengembang seperti cake. Tepung terigu jenis ini sangat fleksibel penggunaannya, baik untuk gorengan, kue tradisional (kukus), pancake, wafel hingga aneka jenis cake. Saking fleksibelnya sehingga sering juga disebut dengan All Purpose Flour aliyas Tepung Terigu Serbaguna.
Contoh produk Bogasari di Indonesia: Gunung Bromo.
Self Raising Flour (SFR) merupakan derivasi dari jenis protein sedang ini, merupakan tepung yang bisa mengembang kalo ditambah bahan cair dan dipanasin, biasa dipake untuk poffertjes, muffin, fruitcake, waffle dll. Bisa bikin sendiri hanya dengan menambahkan 1 sdt baking powder ke setiap 200-250gr tepung terigu protein sedang, aduk sampe rata lalu ayak dan simpan dalam wadah yang tertutup rapat.

c. Protein Rendah, Low Protein Flour, Pastry Flour
Kadar protein sekitar 6%-8%, diperlukan untuk membuat adonan yang bersifat renyah dan crumbly. Bagus untuk coating pada gorengan, bikin cookies, pie crust, shortbread.
Contoh produk Bogasari: Roda Biru, Kunci Biru.
Jangan coba pake tepung ini untuk bikin roti, donat dan sejenisnya yeee…. bisa2 bantet tuh. Tapi tepung ini masih bisa untuk bikin cake.

Masih ada beberapa jenis tepung terigu khususnya untuk rerotian seperti Whole Wheat Flour yang warnanya rada semu kecoklatan karena terbuat dari gandum dengan masih berkulit ari. Juga ada Semolina, dibuat dari satu jenis gandum paling "keras" dan karenanya memiliki kadar protein paling tinggi diantara lainnya. Umum digunakan untuk membuat aneka pasta.
Semolina dan Whole Wheat Flour masih sangat jarang di pasaran. "Taj Mahl" adalah produk Bogasari untuk Whole Wheat Flour, tapi masih juga jarang nemu di pasaran.

3. TEPUNG TANGMIEN, TANG FLOUR, WHEAT STARCH
Tergolong jenis gluten-free, bagus dipakai untuk kulit aneka hidangan steamed dumplings/dim sum karena karakteristiknya yang halus, lembut dan transparan sangat cocok untuk sajian berkelas yang mengutamakan rasa dan penampilan.
Tidak banyak yang tahu bahwa tepung ini sesungguhnya by-product dari pembuatan gluten. Tau kan gimana bikin gluten… tepung terigu (khususnya jenis protein tinggi) diuleni dengan air hingga kalis, lalu direndam beberapa lama dan dicuci berulang2 sehingga didapat gumpalan gluten. Air cucian gluten ini mengandung endapan pati dengan kandungan protein yang sangat minim nyaris nol. Endapan ini dikeringkan menjadi Wheat Starch ato Tepung Tang Mien, dan karena proses glutenisasi maka tepung ini menjadi gluten-free.

Tepung ini biasanya digunakan untuk membuat dumpling, dimsum, hakao, dan campuran untuk membuat ba-pao.

4. TEPUNG TAPIOKA, TAPIOCA STARCH
Dibuat dari pati singkong /cassava. Nyaris gak mengandung protein dan gluten-free sehingga cocok untuk mereka yang memiliki problem Coeliac (semacam gluten-intolerance). Sering dipakai untuk pengental pada tumisan karena efeknya bening dan kental saat dipanaskan. Gak cocok untuk gorengan karena menyerap minyak dan mengeras setelah dingin beberapa lama. Selain pengental, juga dipakai untuk pengenyal pada bakso, pengganti sagu pada pempek (yang ini aku lom nyobain), juga sebagai bahan baku krupuk. Ada juga yang membuat cendol berbahan tapioka, cendolnya lucu juga jadi panjang2, lentur dan bening.
Untuk kue kering bisa saling menggantikan dengan Tepung Sagu maupun Tepung Ararut. Kue kering yang terkenal dan terbuat dari ketiga jenis tepung ini adalah "Kue Semprit".
Pada skala industri, tepung tapioka termodifikasi (modified tapioca starch) dipakai untuk pengental/stabilizer aneka saus.

5. TEPUNG SAGU, SAGO FLOUR, SAGO STARCH
Tergolong tepung yang gluten-free. Dibuat dari bagian tengah pohon sagu atau pohon aren (sehingga kadang-kadang disebut sagu aren). Bagian tengah pohon ini dikeruk, dihaluskan, campur air dan didiamkan hingga mengendap. Endapannya dikeringkan dan dihaluskan atau dibentuk lempengan menjadi keping sagu yang populer untuk bubur, menjadi makanan pokok di banyak wilayah di Indonesia Timur.
Tepung Sagu punya karakter mirip Tepung Tapioka, tetapi lebih "kering".
Selain untuk bubur, pempek, krupuk dan Kue Semprit, juga menjadi bahan utama pembuatan "Kue Bagea", sejenis kue kering yang sangat beken sebagai oleh-oleh dari Ambon dan sekitarnya. Sagu Mutiara perupakan produk dari tepung sagu yang dibentuk menjadi butiran2 kecil, dipakai untuk bubur dan pelengkap aneka minuman. Di pasaran luar negeri, sagu mutiara disebut "Sago Pearls", ada juga yang dibuat dari tapioca dan disebut "Tapioca Pearls".
"Sagu Tani" merupakan merk tepung sagu dengan kualitas sangat bagus dan harganya relatif lebih mahal daripada tepung sagu biasa.

6. TEPUNG BERAS, RICE FLOUR
Tergolong gluten-free, dibuat dari beras yang ditumbuk (bukan pati beras yah). Banyak dipake pada kue tradisional (kue mangkok, kue talam dll), atau pelapis pada gorengan karena efeknya renyah.
Dengan pengolahan yang lebih lanjut, tepung ini menjadi bahan baku pembuatan bihun ato rice vermicelli. Di Vietnam juga dipakai sebagai bahan pokok pembuatan Banh Trang, aliyas rice paper, semacam kulit lumpia yang tipis untuk spring roll ala Vietnam.

7. TEPUNG KETAN, GLUTINOUS RICE FLOUR
Masuk gluten-free juga. Dibuat dari beras ketan, hitam maupun putih, dengan cara yang sama seperti bikin Tepung Beras. Sifatnya lebih liat dan kenyal daripada Tepung Beras.
Umum dipake pada kue-kue tradisional khas Indonesia seperti onde-onde, getas, putri mandi, opak, kue bugis dll. Yang lagi ngetrend adalah Bolu Kukus Ketan Hitam atau brownies kukus ketan hitam. http://dapurpunyaku.blogspot.com/2010/03/brownies-kukus-ketan-hitam.html
Di luar negeri gue masih belum banyak denger penggunaan tepung jenis ini.

8. TEPUNG ROTI, TEPUNG PANIR, BREAD CRUMB, PANKO FLOUR
Tepung Roti jangan diterjemahkan jadi Bread Flour yah… .
Kalau di Indonesia Tepung roti ya dibuat dari roti tawar yang dikeringkan dan ditumbuk, alias tepung panir. Jadi bisa bikin sendiri yaa…. oven ajah roti tawar sampe kering, terus ditumbuk. Tapi beli juga banyak.
Umum dipake sebagai coating pada gorengan seperti risoles, biterballen, kroket.
Versi yang kasar, di Jepang disebut Panko, untuk melapisi aneka Katsu dan kadang-kadang juga dipake untuk Tempura agar lebih crispy. Bagus juga untuk kroket mopun risoles dan aneka gorengan lainnya, hasilnya garing dan renyah daripada tepung panir biasa yang berbutir halus.
Orang bule nyebutnya Bread Crumb, selain dari roti tawar mereka juga bikin breadcrumb dari crackers.

9. TEPUNG HUNKWE, TEPUNG KACANG HIJAU, MUNGBEAN FLOUR
Masih juga tergolong gluten-free.
Kalo di Indonesia biasa dipake untuk kue tradisional seperti Puding Hunkwe, Kue Cantik Manis, Nagasari Hunkwe sampe Es Cendol.
Menjadi bahan baku pembuatan soun ato vermicelli.
Ngga banyak yang bisa gue critain dari tepung ini secara gue masih belum banyak mengeksplorasinya di dapur.

10. TEPUNG GARUT, TEPUNG ARARUT, ARROWROOT FLOUR
Juga tergolong Gluten-free. Bagi sebagian penduduk pedesaan di Indonesia membuat sendiri Tepung Garut adalah hal yang umum. Umbi garut (masuk keluarga talas, cmiiw) yang diparut - diberi air - disaring dan endapannya dikeringkan lalu dihaluskan/diayak menjadi tepung garut.
Karakter tepungnya antara kanji dengan sagu. Bikin cookies jadi renyah, dan melembutkan cake. Banyak dipake untuk kue semprit, seperti halnya Tepung Sagu. Kadang-kadang kalo di TBK disebut "Tepung Larut".
Ini kalo orang bule nyebutnya arrowroot alias ararut.
Sebenernya Indonesia sangat potensial dengan tepung ararut, lha orang-orang di desa ajah sampai bisa bikin sendiri!
Tapi pemanfaatannya secara industri komersial kayaknya masih kurang.

Demikian, sekilas info aneka tepung yang pernah gue colek-colek. Semua tepung diatas, bisa ditemui dimana-mana mulai TBK sampai pasar tradisional. Ada juga Tepung Kentang, sebagaimana sifat kentang yang halus maka tepung ini juga banyak dipake untuk adonan yang halus dan "melty". Hanya saja karena gue belom pernah nyolek jadi gue gak bisa deskripsiin disini. Ntar ya kalo udah nyobain tepung-tepungan lainnya gue update deh.

Sumber:
http://ncc.blogsome.com/2006/04/17/info-bahan-macam-macam-tepung/
gue diatas adalah mba Lia NCC (bukan narti ya, coz narti juga masih belajar).

11. TEPUNG SINGKONG
Menurut narti, tepung singkong ini terbuat dari singkong. Kalau tepung tapioka (disebut juga tepung kanji atau aci) terbuat dari sari pati-nya singkong. Ini teringat dari postingan oleh-oleh khas Yogya dari blog Gaphe, tentang kue yang dibuat dari tepung singkong.
Jadi tepung singkong beda ma tepung kanji/aci. CMIIW :)

12. TEPUNG KENTANG
Ini ada, cuma narti belum pernah makai. Mungkin di Indonesia sekarang sudah banyak dan mudah di jumpai.

13. TEPUNG UBI JALAR
Narti cuma baca sekilas, kalau tepung ubi jalar ini ada. Mungkin masih skala kecil, masih industri kecil jadi belum banyak dikenal masyarakat.

dll dst dsb mungkin nanti akan ada penemuan-penemuan baru tentang tepung ini.


***

Posting artikel ini, narti jadi inget 'uwi' (ubi ungu), ganclong/mbodra, garut dll...jadi inget waktu kecil, sering disajikan makanan tersebut yang sudah dikukus. Rasanya lebih pure karena hanya dikukus saja, beneran asli. Narti asli produk kampung bin ndeso, :) Juga kangen uwi kukus, ganclong kukus, emping garut yang asli masih banyak serat-serat garutnya, kalau makan banyak yang nyelip di gigi, hihi...
Sekarang masih adakah pohon atau tumbuhan itu? di tempat narti saja, sudah jadi jalan. Tolong jangan semua lahan digunakan/ditanami beton, biar anak cucu kita tetap tahu jenis-jenis flora dan fauna Indonesia.
Ini terlalu muluk, anakku saja sudah banyak yang tidak tahu, kalau sudah mentok, cuma dikasih tahu lewat gambar. Abis gak ada contoh yang nyata :(
Sambil buka memory masa kecil. Apa nama umbi-umbian itu di daerah teman-teman? mungkin beda namanya di tempat kalian.

Semoga bermanfaat!

Update!

14. TEPUNG SUKUN
Tepung yang terbuat dari buah sukun. Sukun dikupas, dicuci, beri sedikit garam, tiriskan, jemur hingga kering, lalu haluskan hingga berbentuk tepung. Tepung ini bisa juga digunakan untuk membuat kue-kue.

15. TEPUNG HONG KONG

Ada teman yang bertanya seperti ini:

Saya mau tanya, kalau Tepung Hongkong gimana? Bisa beli dimn? Apakah Bisa buat Bakpo? (Maulana)

Jenis tepung apakah ini? Bisa dibeli di mana?

Tepung Hong Kong adalah salah satu jenis tepung terigu yang terbuat dari biji gandum yang dikupas hingga warnanya putih bersih. Karena itu warnanya lebih putih dari tepung terigu biasa dengan kandungan gluten yang rendah.
Tepung Hong Kong di pasaran dijual dengan merk tepung Kowloon. Dikenal juga dengan nama Water Lily Flour.

Tepung Hong Kong apakah bisa digunakan untuk mmebuat Bakpao? iya, bisa.
Tepung ini banyak dipakai untuk membuat pau atau aneka jenis dim sum lainnya.

Dimana kita bisa membeli tepung Hong Kong?
Anda bisa membeli tepung ini di toko bahan kue atau toko bahan makanan Cina. Ada banyak merk dagang untuk tepung ini.
Tepung Hong Kong itu jika digunakan untuk membuat roti, hasil roti terlihat lebih putih warnanya.






Kalau mau buat mi, roti, pasta, kulit martabak telur, pita bread, donat, croissant/puff pastry, sus/cream puff pakai terigu merk apa?
Kalau mau bikin kue tradisiona atau waffel, terigunya yang cocok merk apa?
Mau buat/bikin cookies, pie crust, shortbread bingung pakai terigu apa yg cocok?
Tepung Tang Mien itu apa? terbuat dari apa?

Share to your friends:

72 comments:

Dhymalk dhykTa 12 August 2011 at 11:29  

wah tambah lagi pengetahuan kita ttg tepung...heheh, makasih

Ely Meyer 12 August 2011 at 12:27  

aku masih punya tepung jagung di dapur warnanya kuning, beda bgt sama tepung maizena . masuk ke blog ini jadi pengen bikin roti :)

narti 12 August 2011 at 15:21  

@ Dhymalk dhykTa, sama2.
@ Ely Meyer, makasih masukannya mba.
tepung jagung berarti dibuat dari jagung yang ditumbuk.
sedangkan tepung maizena dibuat dari pati-nya jagung.

Djangan Pakies 12 August 2011 at 15:59  

wah lengkap nih masalah tepung, pasti banyak yang nyari untuk bahan kue lebaran.

saya baru ngerti arti bantat, saya pikir bantat itu adonan yang keras eh ternyata terbalik

Adi - Kairo,  17 September 2011 at 16:51  

Mo nanya nich, Mbak.. Apakah Tepung tapioka itu sama dengan tepung Nesya? Adi - Kairo

narti 17 September 2011 at 21:23  

@ Adi - Kairo, tepung Nesya? apaan ya? narti belum pernah denger. Coba aja dibaca kemasannya, bahan pembuatnya apa.
Insya Allah kalau tidak lupa, besok kalau belanja aku cari2 deh tepung Nesya, di Qatar sini ada atau engga. Maaf ya...

ketty husnia 6 October 2011 at 17:53  

berguna banget...ok, aku catat semua, pokoknya kalo perlu apa2, aku kudu curhat soal maakanana ke mbak Narti..:)

Anonymous,  21 November 2011 at 02:55  

Hallo, Admin. Aku mau tanya. Kalo kita mau buat martabak manis/terang bulan yang karakter kulit martabaknya kenyal dan tampak agak bening (mirip bika Ambon) komposisi tepungnnya bagai mana ya?

narti 21 November 2011 at 07:53  

@ Anonymous, untuk membuat kue martabak manis biasanya memakai tepung terigu protein sedang.
Resep kue terang bulan disini.
Mengenal tepung terigu protein rendah, sedang dan tinggi, baca disini.

TC - Canada,  25 December 2011 at 11:52  

Thanks for the info! Very helpful!
Lagi bingung tepung protein tinggi English nya apa, ehhh ketemu disini :)
Mo coba bikin martabak yg aga kenyal. Mo coba campur all purpose flour ma yg protein tinggi or sagu. Hopefully jadi. Thanks again :)

Anonymous,  14 January 2012 at 08:00  

makasi wat ilmunya berguna bgt mba

Anonymous,  18 January 2012 at 09:01  

mo nanya nih kl buat bika ambon pake tepung sagu tapioka bisa ngga ya..trs bgsnya pake tepung apa'an. Cari tpg sagu tani ko susah, adanya tpg tapioka "ibu tani" thank ats jwbX.

narti 28 January 2012 at 18:56  

@ Anonymous, kalau sama2 tepung sagu sih seharusnya bisa, gak melihat merk.

Meys,  30 January 2012 at 12:19  

thanks juga.. aku jadi bisa tau , kenapa kdg buat cake / donat ngembang kadang tidak ternyata keliru milih jenis tepungnya ;p

Reviews 29 February 2012 at 12:56  

Jadi, kalo di Qatar, yang asli dari sana tepung apa?

dutndut 18 March 2012 at 17:21  

thanks udah sharing info nya ya.. :D
akhirnya bisa juga bedain tepung terigu cakra, segitiga biru, ama kunci biru... heheheh

Mixer Roti 27 March 2012 at 19:09  

makasih infonya, bermanfaat buat usaha terang bulan Napoleon saya..

andi - indonesia,  1 April 2012 at 10:04  

halo mbak narti yg jago bgt ttg tepung,,salut2,,,hehe...
aku mau tanya nh,..klo mau goreng pisang bagusnya pake tepung apa ya? n gmn sh biar renyah n crispy.
makch yea mbak sebelumnya ats petunjuknya ^^v

narti 1 April 2012 at 20:25  

@ andi - indonesia, andi tinggal dimana?
Setahu narti, jika pisang goreng ala jogja (orang jogja suka rasa manis), pakai terigu serba guna (tulisan pada kemasan: all purpose flour), atau terigu segitiga biru, gunung bromo. Tambahkan sedikit gula pasir pada adonan, pisang celupkan ke adonan, lalu goreng. Jangan terlalu manis, nanti cepat gosong, pisang goreng jadi gak cantik.

Jika pisang goreng model Padang, gunakan tepung beras, beri sedikit garam. Rasanya memang agak asin pada tepungnya, bukan manis seperti pisang goreng ala jogja. Biasanya pisang diiris serong, celup ke adonan tepung, lalu digoreng tiap satu irisan pisang, bakal jadi banyak deh pisang gorengnya :)
Yang ini dijamin pasti crispy tapi kalau sudah dingin, pisang gorengnya jadi keras.

Mau renyah? bisa juga terigu tambahkan sedikit tepung beras.

Selamat dipraktekkan, ntar hasilnya lapor lagi kesini :)

andi - indonesia,  5 April 2012 at 05:14  

trima kasih byk mbak narti ats masukannya,,saya tinggal di bogor.
yg pakai tepung beras saya sdh coba,,,hasilnya jadi keras klo sdh dingin.
kalau yang pakai terigu saya ngak coba soalnya katanya bisa jadi lembek klo sdh dingin.
mmm,,,,saya ada bandingkan byk resep,,,alhasil byk resep yang menambahkan tepung sagu di tepung beras, apa bener mbak klo tepung sagu itu bisa bikin kremes gorengan yah?

slamat beraktivitas ya mbak,,^^

narti 5 April 2012 at 09:25  

@ andi - indonesia,
tepung sagu ditambahkan ke tepung beras atau tepung sagu ditambahkan di tepung terigu nih?
searching google lagi ya! banyak caranya agar gorengan bisa renyah, yg pasti cara memasak juga berpengaruh.

apa bener tepung sagu bisa bikin gorengan jadi kriuk/kremes? bisa, asal komposisinya pas (campuran adonan antara tepung sagu dan tepung terigu pas, bisa kremes).

setiap eksperimen dicatat bahan dan hasilnya, jadi nanti ketika ditemukan rasa dan hasil yang pas, komposisi bahan sudah tercatat.

good luck :)

andi - indonesia,  5 April 2012 at 11:55  

mmm..ya makasih ya mbak atas sarannya,..
klo di resep sh tepung sagu lbh sedikit.
klo komposisi tepung sagu lebih besar dari pada terigu bs ngak ya,..?
sebenarnya sifat tepung sagu tu gmn si mbak,,,,bikin keras, serap minyak atau gmn ya mbak,,,hehe....
mksh ya mbak..^^

ananda26,  8 April 2012 at 11:12  

waduh....sy terjebak di blog ini..:D
mba narti, sy baru belajar memasak, tips2nya dari blog mba narti sangat membantu, sy ucapkan terima kasih sblmnya...btw kalau buat bakwan yg isinya sayuran itu (kol, wortel, tauge) cocoknya pake tepung yang mana?sy pernah bikin, kok kadang kelembekan dan jadi berminyak ya? Tks

narti 8 April 2012 at 21:35  

@ andi, sifat tepung sagu, gimana ya? belum kenalan lebih lanjut nih :)

@ ananda26, waduhhh....blog ini bukan jebakan loh :)
Untuk bikin bakwan, gunakan tepung all purpose aja atau tepung protein rendah. Kelembekan karena kebanyakan air? atau gorengnya kurang minyak?
Baca tulisan Andi di atas coba mba, moga membantu.

oeymom 18 April 2012 at 08:08  

Salam kenal Mba...pas banget nih nemu blog Mba...saya lg bingung dg wheat starch. Saya kira sama dg tepung terigu ternyata beda...tepung terigu itu wheat flour. Udah curiga sih...koq starch bkn nya flour. Utk pst nya, google deh..eh nemu blog Mba. Thx banget sharing nya Mba ;)
Btw, merk wheat starch di pasaran apa ya Mba?

narti 18 April 2012 at 09:15  

@ oeymom, salam kenal kembali.
Merk wheat starch untuk di Indonesia mungkin lebih banyak barang import ya. Coba cari dengan nama tangmien, tepung ha kau, Hakau flour, atau nanya tepung yang untuk membuat Hakau, atau tepung yang digunakan untuk membuat dimsum. Nanya ke toko yg pemiliknya orang cina coba mba, semoga ada.

Farenno 29 April 2012 at 13:59  

Mbak klo mau bikin jamur crispy pake tepung apa biar tahan lama crispynya.

Farenno 29 April 2012 at 14:03  

Mbak salam kenal,kebetulan saya akan memulai usaha jamur ,kentang,dan tahu crispy. Tepung apa yg saya gunakan biar tahan lama.sekalian klo ada komposisi takaran atau resepnya.matur suwun mbak

narti 2 May 2012 at 08:24  

@ Farenno, hehe...
Untuk suatu produk tentu lewat berbagai uji coba, silakan dicoba dgn beberapa komposisi, sebelum memasak resep dicatat dulu, jadi ketika didapatkan hasil gorengan yang pas sesuai yg diinginkan, resep telah tercatat.
Untuk menggoreng jamur crispy, coba searching lagi resepnya, silakan diuji coba, jika ada yg dirasa kurang memuaskan, silakan dicoba lagi dengan mengubah komposisi.
Dengan begitu Anda akan mendapatkan rasa yang pas.
Pas tiap orang juga berbeda2 loh, artinya relatif. Maaf jika kurang berkenan dgn jawaban ini.

hida_,  22 May 2012 at 13:15  

mksh bgt mba,sgt brguna bgt..mo tanya,lo bkin cimol kering biar renyah,g keras..bgusnya pke tepung ap y?

dyah,  24 May 2012 at 15:33  

. .
thank ya mb',,,,
infonya sangat membantu.
klo mo bikin ayam goreng crispy,,
biasanya pake tepung pa'an sih mb'???
karena pengalaman saya menggunakan tepung siap pakai selalu hasil nya tidak memuaskan.
mksih sebelumnya

narti 24 May 2012 at 20:49  

@ hida, Insya Allah nanti dibahas yah.

@ dyah, iya sih mba, narti juga nyoba beberapa merk hasilnya gitu2 juga.
Coba mba pakai resep disini atau disini.

Semoga bisa membantu yah :)

Anonymous,  6 June 2012 at 02:55  

extraordinary complete !!! :D

narti 12 June 2012 at 20:03  

@ hida,
resep Cilok disini
resep Cimol disini
resep Cireng disini
tips agar sukses membuat Cilok, Cimol dan Cireng baca disini.

Kalau teman narti menjawab gini mba, tepungnya ya tepung tapioka biasa.
Airnya seberapa? secukupnya, tapi air mendidih langsung diuleni pakai tangan.
Mungkin yang kurang pas takaran air yang secukupnya itu mba, jadi Cimol keras. Bagian dalam masih mentahpun bisa saja terjadi.
Jika banyak latihan, sering salah, maka dari situlah kita belajar, jadi tahu ukuran pas-nya itu segini.

semoga bermanfaat yah :)

eka,  30 June 2012 at 17:26  

mb narti mau nanya,,
tepung beras indo beda ya sm tepung beras korea?
katany lebih mirip tepung ketan ya mb?
makasih mb..

narti 1 July 2012 at 06:10  

@ eka, mungkin karena perbedaan bahan dasarnya/beras yang dijadikan tepung mba. Narti malah belum tahu tepung beras korea nih :(

ceritanegeriku 2 July 2012 at 07:01  

tks for sharing yaaa....oya untuk tepung sukun, tepung ubi, tepung cassava modifikasi, dll aku menyediakan lho....aku juga buat bbrp jenis kue dari tepung2 pangan lokal itu..hasilnya cukup memuaskan....ni beberapa hasilnya ada di blog aku
www.kuebegawan.wordpress.com
atau
www.ceritanegeriku.wordpress.com

mampir yaaa...dan mari kita berkreasi dari tepung pangan lokal asli indonesiaa....yeaayyy.....!! \^^/

Uray Nani I - Bogor,  15 July 2012 at 16:47  

mkasih tuk infonya y mbak .. berguna banget buat a yg masih msk katagori pemula ... hehehehe

Purnomo MHz 18 July 2012 at 12:23  

makasih buanget infonya. very sangat helpfull, terutama saya bingung antara tepung kanji dan maizena, selama ini saya pikir sama:)

Imelda,  20 July 2012 at 10:53  

Di tempatku msh banyak garut, mbak.. Aku sering bikin pati garut untuk MPASI anakku karena bebas pestisida dan pupuk kimia (karena tanaman liar).

narti 20 July 2012 at 13:08  

@ Imelda, syukurlah mba. Aku udah jarang lihat pohonnya, gimana anak-anakku? :(

santi,  21 July 2012 at 11:09  

sy pernah buat kulit pizza, tp kok keras ya? dah sesuai resep sich..cocoknya pake tepung yg berprotein gimana agar ttp lentur

santi-jogja

narti 24 July 2012 at 07:32  

@ santi-jogja,
aku di Qatar sini waktu bikin pizza sederhana (resep pizza sederhana disini) malah pakai tepung all purpose tuh mba, hasilnya lumayan. Tapi memang kayaknya beda ma terigu di Indonesia sih.

Untuk kulit pizza (dough) coba resep yang ini mba:
1/2 kg cakra
10 g ragi instant
1 sdt garam
1/2 sdt gula
3 sdm minyak sayur
1 1/2 cup air

semoga berhasil yah :)

Hanjani putri 26 July 2012 at 09:57  

Kami menyediakan bahan bakso : Adonan lengkap bakso size 250g (membuat hasil lebih stabil kualitas rasa yang berbeda), Kuah bakso size 65g, Penghalus tekstur dan pengenyal size 32g, beef powder khusus 10g (semua product tidak memakai bahan kimia) dicari agent untuk wilayah jawa timur dan indonesia timur (Hub 031-81368799 / 081382311882)

ayu-mlg,  9 August 2012 at 06:38  

mau nanya nech tepung kanji tuh apa sama dengan tepung tapioka?
mksh,

narti 9 August 2012 at 10:11  

@ ayu-mlg, tepung kanji sama dengan tepung tapioka? ya.

Anonymous,  29 August 2012 at 14:44  

tuhh...sagu beda kan sama kanji!!!
kemarin aku coba bikin pempek, keliling pasar ga ada yang tau pedagangnya, pdhl pasar induh #sigh
trus disodorin tapung kanji, aku udah bilang bukan, mama yang ngotot,,,hasilnya lem rasa tengiri 1kilo...
akhirnya pake sagu tani di hypermart...MAHAL...gpp tapi enak,,
nice posting!!aku print yaaaah

edy,  12 September 2012 at 04:37  

Cari suplayer tepung beras, tepung kedelai dan tepung gula dimana ya? yg bisa kirim ke tulungagung. thx

Trex wahono,  5 October 2012 at 20:14  

Ada lg tepung "mocaf", terbuat dr chip singkong yg diproduksi oleh pt bangkit cassava mandiri Tps food-solo jateng.

Ella 9 October 2012 at 07:17  

mbak mau tanya, saya tinggal di US, saya mau bikin wingko babat, kalo tepung ketannya diganti dgn tepung beras bisa ga ya? thx

narti 10 October 2012 at 06:41  

@ Ella, gak bisa mba. Kalau pakai tepung beras hasilnya jadi keras. Kalau pakai tepung beras ketan akan memberikan rasa yang legit, ditambah kelapa parut setengah tua dan gula.

Coba cari tepung beras ketan di asian grocery, atau buat aja sendiri, beras ketan dicuci, rendam sebentar, tiriskan, haluskan, lalu diayak.

Semoga berhasil!

putra kasela 29 October 2012 at 14:11  

Maksìh informasinya,,,jdi ngerti dh msalh tepung,,,

Kyky - Medan,  29 October 2012 at 17:00  

Makasih ya kaq atas infonya..
bantu banget untuk tugaz sek0lah.

Anonymous,  2 November 2012 at 22:34  

Mba Narti makasih banget infonya. Berguna banget buat diriku. Mba boleh gak saya copas? Saya mau lanjutkan info ini ke grup ibu2 yg suka masak memasak. Saya rasa berguna banget buat mreka juga. Makasih mba Narti.

fitri Andriana - Padang,  22 November 2012 at 18:00  



Apa Perbedaan Tepung Tapioka Dengan Tepung Modified Starch Ultra Bond










Ayu,  28 November 2012 at 16:13  

Thanks infonya niy mbak. Very helpfull.
kpn hari sy nyari tepung kanji di swalayan, dikasihnya tepung sagu. Jd bingung.. untung dpt pencerahan di sini.
Btw, sy dibawain tepung angkrik dr kampung. Apakah sama dgn tepung garut ato bukan ya mbak? Kalo di kampung saya, angkrik itu sejenis umbi berwarna putih yg berserat. Kalo dikukus rasanya manis gurih.
Thanks infonya.

Anonymous,  2 December 2012 at 09:46  

Mbak, tepung Segitiga Biru itu termasuk tepung roti, bukan All-purpose--karena kandungan proteinnya antara 12%-13%

http://www.indofood.com:8080/segitigabiru/page.aspx?id=57

narti 2 December 2012 at 11:07  

@ Ayu,
iya mba, tepung pati garut = tepung angkrik

@ Anonymous, makasih infonya.

Anonymous,  12 December 2012 at 02:09  

makasih banyak mbak..... luar biasa, saya jadi semakin jelas dengan fungsi tiap jenis tepung...thanx alot.....

dits99 12 December 2012 at 17:31  

waaaah. . . .salam kenal mbak :)) aq didit (0813 3333 5956) di kediri-jawatimur,indonesia.
mbak narti the best dah :D hehe....
mbak numpang promo yah???pleaseeee :(
yuk beranikan diri mencoba tepung beras, tepung ketan, terigu. dgn merk : NE
dari PT. AGROFOOD MAKMUR MANDIRI, trims yah mbak :D

narti 12 December 2012 at 20:58  

@ dits99,
salam kenal juga, makasih
blognya koq belum ada artikelnya?
bikin blog lagi aja, isi dengan promosi tepung yg dits maksud.
Jualan online juga bisa kan?

Semoga sukses!

Anonymous,  23 December 2012 at 12:46  

slm knl mba,,
mba,,mba sy pgn bgt jualan ayam goreng crispy..tp,,,pgn tw dlu brpa jam biar crispynya ga alot?
trus bgusnya pke trigu merk pa?

Sugar - Bandung,  2 April 2013 at 02:10  

Sangat informatif dan berguna. Thanks ya Mba!

Anonymous,  6 April 2013 at 14:41  

bagus,,,, tapi g teratur

Ichagigi 30 May 2013 at 09:23  

trimakasih sharing jenis2 tepungnya... jadi tau asal tepung yg biasa kupakai terbuat dari apa, biasanya asal pake aja...hehehe

Ijk {heart} jou 4 June 2013 at 06:34  

Halo,

makasih untuk infonya mbak, aku selalu susah membedakan jenis2 tepung dan fungsinya.

Alifan Doflamingo 7 October 2013 at 11:39  

macam-macam tepung yang diketahuiorang secara umum, terigu, beras, kanji, tapioka, lainnya kurang paham

phephed 20 December 2013 at 11:54  

fredy di indonesia
mau tanya mbak...kalau di malaysia ada tepung ubi kayu (merk cap segitiga) dan tepung jagung (merk gambar jagung)..
kalau mau cari di indonesia tepung ubi kayu dan tepung jagung di mn yah mungkin beda merk ?
thanks

narti 22 December 2013 at 11:27  

@ fredy,
tepung berbahan singkong:
- tepung tapioka
- tepung gaplek
- tepung mocaf
proses pembuatan ketiga jenis tepung di atas berbeda
Yang Anda cari tepung yang mana? untuk merk kayaknya banyak juga di pasaran

Tepung jagung beda dengan tepung maizena loh, merk ada banyak juga di pasaran.
Cari aja pada kemasannya: tepung jagung

Semoga membantu :)

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP