Resep kue lebaran: Kue pilus keju

>> Friday, August 12, 2011

Nambah lagi koleksi resep kue-kue lebaran. Setelah kemarin posting resep kue bola-bola wijen (kue keciput), sekarang adalah resep kue pilus keju. Keju? asyik...aku suka.
Berikut ini resep kue goreng pilus keju selengkapnya:


Bahan:

250 gr tepung sagu
50 gr keju muda, parut
1/4 sdt garam
2-3 btr telur
minyak goreng

Cara membuat kue pilus keju:

1. Tempatkan telur dalam wadah, kocok lepas, masukkan keju dan garam, aduk rata.
2. Masukkan tepung sagu sedikit-sedikit ke dalam adonan telur, uleni sampai adonan bisa dibentuk.
3. Siapkan wajan berisi minyak goreng. Ambil seujung jari adonan, gulung dengan kedua telapak tangan langsung masukkan ke dalam wajan. Lakukan secukupnya sampai adonan terendam minyak.
4. Taruh wajan di atas api kecil, diamkan sampai minyak mulai panas dan adonan mengapung. Setelah mengapung, goreng sambil sekali-sekali diaduk sampai matang dan kering. Lakukan sampai adonan habis dengan cara yang sama. Sebaiknya lakukan dengan menggunakan 2 buah wajan.

Untuk 350 gr
Sumber tabloid nova

Dari admin dapurpunyaku.blogspot.com
Kue pilus keju ini cara menggorengnya sama dengan resep kue lebaran yang kemarin Resep kue sesame balls (kue keciput) yang menggunakan 2 buah wajan. Bisa Anda baca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2011/08/resep-kue-sesame-balls-kue-keciput.html

Narti, keju muda itu apa sih? keju muda adalah keju yang usia pemasakannya singkat, hanya 4 bulan.
Contoh keju muda yang mana? contohnya adalah Gouda dan Edam.
Ciri-cirinya? biasanya "berkulit" warna merah atau kuning. Kalau melihatnya cuma sepintas, keju "berkulit" merah ini mirip dengan irisan apel. (ini sih pengalaman narti ), hihi...
Selengkapnya soal keju, macam-macam keju, jenis keju, ada berapa macam keju, bisa Anda baca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2010/03/mengenal-keju-yuk.html
Kue pilus keju ini juga termasuk kue yang renyah, kue kriuk, buat cemilan juga cocok.

Semoga bermanfaat!

Share to your friends:

18 comments:

catatan kecilku 12 August 2011 at 04:36  

Di tempatku namanya widaran mbak... enak dan gurih ya? Aku suka sekali snack yg ini.

windflowers 12 August 2011 at 04:41  

mba, tepung sagu itu sama dengan tepung aci yang bahan dasarnya dari singkong bukan?

duh, maaf ya mba aku nanya mulu dari kemaren...hehehe..

narti 12 August 2011 at 05:03  

@ catatan kecilku, eh iya mba Reni, kue ini disebut juga kue widaran.
Teman-teman yang lain daerah, di tempat Anda kue pilus keju ini namanya apa?

@ windflowers,
tepung aci, tepung kanji, tepung tapioka => dibuat dari pati-nya singkong.
tepung singkong => tepung yang dibuat dari singkong.
tepung sagu => tepung yang diperoleh dari teras batang pohon sagu atau rumbia (bisa berupa butiran, bisa juga berupa tepung).

Karena tepung sagu sulit diperoleh, kadang orang menggantinya dengan tepung tapioka (tepung aci, tepung kanji), karena tekturnya mirip.
Coba cari di supermarket tepung sagu-nya, kalau tidak ada baru diganti dengan tepung aci.

Semoga ini bisa membantu mba Diana.

windflowers 12 August 2011 at 05:19  

waahh..makasih banget ya mba..aku tuh dari dulu bingung dengan yg namanya tepung sagu ini..krn kata temen2 dan sodara, itu sama dengan tepung yg berbahan singkong..tp aku berasa aneh juga..masa tepung sagu sama dengan tepung aci? hehe..
nt aku mo nyoba nyari di supermarket deh mba..krn sekarang aku udah ga ragu lagi, bahwa tepung sagu itu ada..dan dia bukan tepung aci..

narti 12 August 2011 at 05:39  

@ windflowers, sama-sama mba Diana.
Ntar kalau kuenya udah mateng, kirim kesini ya! ( ujungnya minta kiriman ^_^ )

Blog Keluarga Info - Budi 12 August 2011 at 05:49  

Sebenarnya pake keju apa aja bisa mbka, cuman teksturnya jadi berbeda. Di rumah biasa pake Edam mbak...

narti 12 August 2011 at 06:08  

@ Blog Keluarga Info - Budi, makasih masukannya mas. Kalau pakai mozzarella hasil akhirnya seperti apa ya? Belum kebayang :)

r10 12 August 2011 at 06:40  

mau nyobain, kirim dong kesini :D

Dhana/戴安娜 12 August 2011 at 06:44  

salam sahabat
bahannya mudah didapat,serta cara pembuatannya sedikit,sayangnya ya mbak keju ini akan semakin terasa asin jika ditambah garam xixixixi terus kalau ditambah sedikit gula boleh gak yac?tapi apa jadinya yach heheheh suka agak manis xixixixi

narti 12 August 2011 at 07:20  

@ r10, narti belum bikin kue lebaran :)
@ Dhana, garamnya cuma dikit loh mba. Ditambah gula? gimana ya? boleh aja sih, tapi paling cepet gosong :)

Dhana/戴安娜 12 August 2011 at 07:56  

salam sahabat
bener juga yach gula untuk kue jika di goreng memeng cepet gosong ya kasih sedikit aja wes xixixi terima kasih ya

Villas umalas 19 December 2011 at 07:16  

Terimakasih untuk resep kuenya, sukses selalu.

indra,  29 June 2012 at 18:02  

mbak, saya nyoba praktek tp hasilnya koq keras ya? saya pernah beli di toko rasanya gurih dan renyah. apa ada yg salah dgn pembuatannya?

narti 29 June 2012 at 21:49  

@ indra,
kalau tepungnya 1/4 kg, telornya 2-3 butir harusnya sih tidak keras, kenapa ya?

Fabulous EO 23 July 2012 at 12:50  

Mau nanya klo tepung jagung yg kuning yg biasa dipakai untuk buat adonan taco itu merknya apa ya? Saya klo di US biasa pakai merk Maseca. Thx.

Fabulous EO 23 July 2012 at 12:57  

Mau nanya klo tepung jagung yg kuning yg biasa dipakai untuk buat adonan taco itu merknya apa ya? Saya klo di US biasa pakai merk Maseca. Thx.

Sahrul aroel 25 December 2012 at 08:03  

Mau tanya ....tepung kanji itu apa ya...?

aroel,  25 December 2012 at 08:05  

Mau tanya..tepung kanji itu apa ya.....?

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP