Tips/cara agar sukses membuat tumpeng

>> Thursday, August 04, 2011

Tumpeng biasanya disajikan untuk acara-acara khusus, seperti merayakan ulang tahun, syukuran, pembukaan suatu acara, dsb. Nah khusus untuk 17 Agustus 2011 ini, adakah perayaan khusus di daerah Anda?
HUT RI tanggal 17 Agustus 2011 ini bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan, Nuzulul Qur'an, juga bulan yang sama saat kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, yang mana saat itu pas Ramadhan juga. (Baca disini http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9925542 )
Subhanallah...mudah-mudahan ini bisa memberikan banyak manfaat buat bangsa Indonesia secara umum, juga umat muslim lainnya, tentu semua atas ijin-Nya.

Nah bila di daerah atau tempat tinggal Anda mengadakan acara syukuran memperingati HUT RI, juga sekaligus 17 Ramadhan, Nuzulul Qur'an dan kebetulan acaranya ada lomba membuat tumpeng atau Anda jadi panitia acara seksi sibuk-sibuk hehe... maksudnya seksi membuat tumpeng misalnya, gambar tumpeng berikut ini semoga bisa memberikan inspirasi buat Anda untuk menghias tumpeng.


gambar diambil dari http://kuliner.mitrasites.com/

Apasaja yang diperlukan atau dipersiapkan sebelum membuat tumpeng komplet? Bahan, hiasan makanan atau garnish apa saja yang cocok untuk menghias tumpeng? langkah-langkah cara membuat dan menghias tumpeng itu bagaimana?

Nah, agar tumpeng Anda sukses dan mendapat pujian, ikuti saja tips sukses membuat tumpeng di bawah ini:

1. Tentukan tumpeng yang akan dibuat, putih atau kuning. Lalu, buat daftar lauk pauk dan sayuran yang akan jadi pelengkapnya.

2. Pilih beras berwarna putih, bersih, dan berkualitas baik. Agar hasil lebih pulen, jangan lupa campurkan setiap 1 liter beras yang digunakan dengan 200 gr beras ketan. Rendam campuran beras dan ketan selama 1 jam, lalu kukus hingga ½ matang agar hasilnya lebih pulen. Perbadingan beras dan beras ketannya yang bener ya.

3. Selanjutnya, masak campuran beras dan ketan yang telah direndam tadi bersama santan dan bumbu hingga santan berkurang. Untuk membuat tumpeng kuning, tambahkan kunyit, serai, dan daun salam.

4. Agar butiran nasi tampak mengilap, tambahkan peresan air jeruk nipis, aduk rata. Biarkan beras aron dalam panci tertutup selama 15 menit, agar nasi benar-benar padat dan bagus saat akan dicetak.

5. Saat akan mencetak tumpeng, sebaiknya ujung cetakan diberi selembar daun pisang, agar saat dibalik tumpeng tak lengket dan mudah dilepas. Caranya, masukkan nasi selagi panas ke dalam cetakan tumpeng sambil ditekan-tekan agar padat dan tak mudah retak. Narti jadi inget jaman dulu, nenek kalau bikin nasi tumpeng, memasak nasinya langsung pakai kukusan kerucut dari anyaman bambu, jadi begitu matang, dibalik sudah jadi tumpeng. Nah, jaman sekarang, di jaman yang sudah modern, dan memasak nasi kebanyakan memakai listrik, untuk membuat nasi tumpeng tidak perlu repot-repot lagi karena sekarang ada cetakan untuk nasi tumpeng. Cetakan untuk nasi tumpeng bisa dibeli di toko yang menjual loyang kue.

6. Untuk tumpeng kuning pelengkapnya terdiri dari kering tempe, telur dadar, ayam goreng, perkedel, abon, dan sambal goreng.
Dan untuk tumpeng putih biasanya dilengkapi urap sayur, gereh petek, tahu tempe bacem, ayam bumbu rujak, dan rempeyek kacang.

7. Wadah untuk tumpeng bisa dari tampah atau papan triplek, atau nampan yang kuat (jangan yang terbuat dari plastik). Caranya, alasi tampah atau triplek dengan aluminiumfoil, lalu alasi bagian atas tampah dengan daun pisang. Atau beri styrofoam selebar tampah, baru kemudian diberi alas daun pisang. Memakai styrofoam atau tidak, tentu akan mempengaruhi penampilan pada akhirnya.
Cara menghias tepi/pinggir tampah atau tempat untuk tumpeng adalah dengan membuat lipatan daun pisang di sekeliling tampah. Tancapkan lipatan daun dengan lidi atau stapler (menggunakan stapler jauh lebih mudah, praktis dan menghindari daun robek). Jika wadah/tempat untuk tumpeng ini belum akan segera digunakan, bungkus dengan lap basah agar daun pisang tak mudah kering dan akan membuatnya terlihat tetap segar.
Model hiasan tepi/pinggir tampah untuk tumpeng bisa dilihat pada gambar di atas, atau silakan dari kreasi Anda sendiri.

8. Setelah nasi tumpeng dicetak, balikkan tumpeng dari cetakan, letakkan di atas tampah berhias daun pisang. Lalu mulailah menyusun semua pelengkapnya atau lauk-pauk yang disebutkan di atas tadi dan beri hiasan dengan berbagai garnish yang sesuai.

Garnish atau hiasan makanan untuk tumpeng:
- untuk tepi/pinggir wadah dibuat dari daun pisang, bentuk seperti gambar diatas atau kreasi Anda sendiri. Sebaiknya pilih daun pisang batu.
- kacang panjang bisa di bentuk seperti pagar (seperti gambar tumpeng di atas), atau dikepang. Anda yang kesulitan mencari kacang panjang, bisa dengan bahan pengganti yang mirip. Sebaiknya membeli kacang panjang sehari sebelumnya agar agak layu, tujuannya adalah agar tidak mudah patah ketika dianyam atau dikepang.
- garnish cabe bisa dibuat seperti gambar di atas, cabe dibelah 5 bagian, biji cabe tetap ada, rendam air dingin/air es sebelum digunakan.
- garnish dari mentimun biasanya dibentuk bunga atau untuk wadah sambal seperti gambar no.1 di atas.
- bisa juga ditambahkan garnish dari batang daun bawang, ini bisa dibentuk seperti pohon.
- garnish bunga dari wortel, kalau Anda punya alatnya yang seperti rautan pensil, itu akan lebih mudah, Anda tinggal membentuknya seperti gambar no.2 di atas.
- untuk acara seperti HUT RI bisa Anda tambahkan bendera merah putih kecil.


Macam-macam, bentuk dan gambar garnish bisa Anda lihat disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/search/label/Garnish
Serba merah putih disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/search/label/Merah%20Putih

Nah, selamat membuat tumpeng komplit nan lezat!
Tips/cara membuat tumpeng, bahan-bahan untuk membuat tumpeng, apasaja yang perlu dipersiapkan untuk membuat tumpeng, lauk-pauk yang cocok untuk tumpeng, berapa perbandingan beras biasa dan beras ketan untuk menghasilkan tumpeng yang bagus, bagaimana cara agar tumpeng tampak mengkilat, resep tumpeng, resep untuk menghasilkan tumpeng yang bagus, tips trik membuat tumpeng, trik membuat tumpeng yang enak dan bagus, contoh gambar tumpeng, contoh hiasan untuk tumpeng, kreasi menghias tumpeng, garnish untuk tumpeng, juga cara menghias tumpeng dengan berbagai macam garnish di atas, semoga bermanfaat!

Share to your friends:

13 comments:

Retnet 4 August 2011 06:54  

Komplit sudah....
tinggal cari yang baca Do'a nya nich mbak...
yuk dimulai, keburu dingin ntar nasi tumpengnya... :D

Elsa 4 August 2011 09:27  

wah iya bener Mbak
ternyata tujuhbelasan bertepatan dengan nuzulul quran ya
baru nyadar nih aku...

di Qatar, ada acara tumpengan tujuh belasan juga ya Mbak???
ditunggu foto fotonya yaaa

windflowers 4 August 2011 10:15  

whuaaa..pengennn..jd pengen bikin tumpeng ijo..hehe..tp kayanya tumpeng ijo lebih ribet ya mba...?

windflowers 4 August 2011 10:51  

tumpeng ijo yg berbahan daun suji gitu mba..nasinya biasanya gurih juga dan berwarna ijo..aku jg blom jelas...ehehe..makasih mba.. :)

narti 4 August 2011 11:04  

@ Retnet, hehe....yuk dimulai.
@ Elsa, udah pada mudik mba, Qatar sepi :)
Lomba2 malah udah sebelum puasa kemarin.

@ windflowers, makasih mba infonya.
Akhirnya nanya si Mbah Google, ternyata tumpeng bisa warna-warni sesuai kreasi pembuatnya.
Misalnya: tumpeng biru, tumpeng orange/jingga, tumpeng hitam, tumpeng ijo, tumpeng ungu, tumpeng merah, tumpeng putih, dll.

Khusus untuk memperingati HUT RI berarti bisa membuat tumpeng merah putih ya? duh...kebayang cantiknya ^_^
Jadi tambah bangga menjadi orang Indonesia :)

Gaphe 4 August 2011 15:10  

bener banget, kalo nggak pake ketan apalagi matengnya kurang kadang tumpengnya ambyar ketika dibuka dari cetakan.

kalo saya paling suka sih tumpeng nasi kuning, apalagi plus kacang goreng, kering tempe, abon, dan suwiran ayam plus telur dadar tipis. yummy!


tinggal tambah kerupuk dan sambel terasi, mantab jayaa!!

@yankmira 4 August 2011 15:19  

asiik bener, untung baru mampir ke blog ini setelah berbuka puasa, jadinya ngilernya bisa disalurkan, hehehe *salam kenal yaa

Zippy 4 August 2011 18:03  

Aih...ribet mbak, saya sih bisanya cuma makan, wkwkwkw... :))
Si mama juga pernah buat tumpen dan syukurnya berhasil :D
Ribet emang buatnya, apalagi pas nyetak tumpengnya :D

XAMthone plus 17 August 2011 05:42  

tips cara bikin tumpeng nya mantap sekali nih gan, makasih banyak atas infonya gan

Agung-Regency Bekasi,  6 December 2012 17:32  

infox sangat membantu anak bangsa dalam melestarikan salah satu masakan Indonesia yaitu NASI TUMPENG ASLI INDONESIA

@sofic98,  29 January 2013 13:14  

Bagus juga yaa mba Tips nasi Tumpeng nya... :))

sarohkholifahsasiso reshandy 31 May 2013 16:46  

terimakasih mbak, sangat membantu :)

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP