AYAM GORENG KERING

>> Thursday, September 17, 2009

Sajian ayam goreng sering kita jumpai sehari-hari, atau mungkin malah sudah jadi menu harian kita. Jika ingin memasaknya sendiri juga mudah. Banyak versi resep ayam goreng. Tak heran jika masakan ayam goreng jadi menu favorit keluarga.
Atau mau disajikan buat tamu Anda di hari lebaran nanti. Pilihan menu lebaran yang lainnya bisa opor ayam, sambal goreng kentang, ketupat sayur/lontong sayur, gulai kambing, rendang daging sapi, gulai nangka. (ah jadi pengen disebutin disini...).

Berikut resep ayam goreng kering selengkapnya.


Bahan:
1 ekor ayam ,potong sesuai selera
2 batang serai memarkan
3 lembar daun jeruk
2 sdt garam
sedikit gula merah (1 sdt gula pasir)
500 ml air (kurang lebih)
minyak goreng

Bumbu haluskan:
7 bawang merah (ditambah juga boleh)
3 bawang putih
sedikit kunyit
1 cm jahe
2 cm lengkuas

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk hingga harum.
2. Masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna.
3. Tambahkan gula, garam dan air. Tutuplah panci, sesekali diaduk/dibalik ayamnya agar merata (diungkep).
4. Masak sampai bumbu meresap dan air habis.
5. Goreng sampai kuning kecoklatan, angkat, tiriskan. Sajikan dengan sambal dan lalapan.


Selamat mencoba!

Share to your friends:

14 comments:

SehatZBlog 17 September 2009 at 07:23  

PERTMAMA EUY...
nyum..nyum..duh resep mbak selalu menarik buat dilihat..(he..he..he..nyam)
kebetulan nih anak sy suka bener makan ayam goreng

kakara 17 September 2009 at 07:57  

Wah siang-siang gini lihat artikelnya.. :)
smoga nambah pahala nh

uguns 17 September 2009 at 12:09  

Wah enak nich pasti begitu renyah... aduh jadi batal ya puasanya... he..

uguns 17 September 2009 at 12:11  

eh, maksudnya jadi batal gak ya puasanya hihihihi...

tips dan informasi 17 September 2009 at 12:19  

assalamualaikum, takhaballahu mina waminkum, mohon maaf lahir bathin, selamat idul fitri 1430 H.

jimmy 17 September 2009 at 15:20  

woww ayam gorengg..bikinin buat gue donk..wakakka

jhonson blog 17 September 2009 at 15:21  

bentar bentar...ambil pulpen..secarik kertas..mo catet dulu resepnya...huhuhuhuh mantab neh :D

erik 17 September 2009 at 16:54  

Hemm kayaknya gurih nih ayam gorengnya

giel 18 September 2009 at 04:02  

mbak, usul ni, klo gula pasirnya diganti gula merah kayaknya lebih sip...

narti 18 September 2009 at 04:31  

@ giel, usul diterima mas, makasih ya.

Blog Joker 18 September 2009 at 04:47  

ayam goreng!
kesukaan ku
mau donk mau
ntar pas buka puasa mau makan itu ah,lapar nih

Cheexa 18 September 2009 at 21:40  

nyam nyam nyaaaaaaammm bawa kabur ahhh sepiring :p

smith 21 September 2009 at 10:22  

'Allohumma 'ij`alna minal `a'idin waj`alna minal fa'izin', ---- 'Ya Alloh setelah berpuasa ini, jadikanlah kami termasuk orang yang bisa kembali (ke fitrah kami).

aaSlamDunk 24 September 2009 at 19:08  

wah ayam goreng slam paling suka nih, apalagi kalo ditraktir mba hehehe

paling sering beli sayap kentuki hehehe

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP