Cara membuat Garnish bentuk burung dari wortel

>> Wednesday, August 03, 2011

Masih soal Garnish. Garnish lagi, garnish lagi...moga teman-teman gak bosan deh :)
Kali ini narti mencoba membuat Garnish dari wortel berbentuk burung. Lihat gambar garnish di bawah ini! gimana? tertarik untuk membuatnya?

Gambar garnish wortel

Untuk membuat Garnish bentuk burung kali ini, bahan-bahan yang diperlukan adalah:
- 1 buah wortel ukuran besar (kalau wortelnya kecil, diperlukan 2 buah wortel)
- telenan (alas untuk memotong)
- pisau
- cabe merah
- tusuk gigi secukupnya

Cara membuat Garnish wortel bentuk burung sebagai berikut:

1. Potong wortel untuk badan, leher, kepala, paruh, ekor, sayap. Sayapnya lupa, jadi gak kephoto :)
Bentuk sedemikian rupa, sehingga mirip bagian-bagian badan burung. Agak sulit sih, tapi bukan berarti tidak bisa kan?








2. Pasangkan bagian-bagian tadi dengan bantuan tusuk gigi.
Beri irisan cabe merah untuk mata burung.
Beri potongan wortel sebagai alas agar bisa ditaruh atau berdiri.








3. Untuk sayap bisa dengan cara di ukir atau dengan tambahan seperti gambar di samping.
Garnish wortel bentuk burung ini siap dipakai untuk menghias masakan Anda. Untuk menghias tumpeng juga boleh.

Ini bentuk burung atau ayam ya? narti buat bentuknya gak proporsional, hihi...wis gapapa deh, mirip dikit :D (maksa).
Untuk mata bisa menggunakan biji kedelai hitam, tapi aku gak pakai, masa beli kedelai sekilo cuma dipakai 2 biji doang? :)

Contoh garnish, gambar bentuk-bentuk aneka garnish dan cara membuat garnish yang lain bisa dilihat disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/search/label/Garnish

Semoga bermanfaat!

Share to your friends:

6 comments:

Gaphe 3 August 2011 16:15  

ini kalo liatnya wortelnya ukurannya kudu gede yah.. secara kalo nggak gede, baru mau bikin badan aja udah susah. hehehe.. piso kudu tajem juga yang jelas.

joe 3 August 2011 16:49  

mau makan jadi sayang dong, kan bentuknya bagus

kang nur 3 August 2011 21:39  

wah...kalo yang beginian bukan untuk dimakan, kasian yang mbuat tuh...

Elsa 4 August 2011 09:33  

tampaknya susah ya Mbak...
soalnya keci kecil gitu

tusuk giginya juga harus dikecilin ya Mbak?

xamthone plus 15 August 2011 06:16  

lucu banget bentuknya,,
tpi gmn cara bkin bgian perutnya ya,,kan wortel yg ukurannya besar jarang di temuinyya

Anonymous,  14 November 2011 10:52  

keyen bgt bentuknya !
jadi pengen bikin di rumah :)

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP