SOP KAKI KAMBING

>> Friday, November 13, 2009

Menjelang Hari Raya Idul Adha ini, kemarin ada yang meminta resep baru. Mudah-mudahan resep sop kaki kambing ini bisa dicoba nanti ya.

Berikut resep sop kaki kambing selengkapnya.

Bahan:
1 buah kaki kambing
5 sdm susu bubuk
1500 cc air

Bumbu:
1/4 sdt pala bubuk
5 cm kayu manis
5 butir bawang merah, haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
3 cm jahe, haluskan
5 butir kapulaga
3 butir cengkeh
1/4 sdt merica bubuk
garam secukupnya
gula merah sedikit

Pelengkap:
tomat, iris tipis
irisan jeruk nipis
bawang goreng untuk taburan
emping goreng
acar mentimun

Cara membuat sop kaki kambing:
1. Bersihkan kaki kambing, potong-potong sesuai selera. Masukkan ke dalam panci, beri air, rebus sampai empuk. Angkat, sisihkan, air untuk kaldu.
2. Masukkan bumbu halus (aku tumis dulu) ke dalam kaldu, masak sampai mendidih.
3. Masukkan susu bubuk ke dalam kuah, masak sampai matang.
4. Ambil mangkuk, beri potongan kaki kambing, siram dengan kuah. Beri taburan bawang merah goreng, irisan jeruk nipis dan tomat. Sajikan dengan emping goreng dan acar mentimun.

RESEP SOP KAKI KAMBING (2)

Bahan:
1 kg paha kambing
air 2 lt
400 ml susu segar full cream
1 sdm/ sesuai selera minyak samin/Ghee
2 sdt kayu manis bubuk
2 sdt pala bubuk
5 butir cengkeh
1 sdt merica
garam
gula

Bumbu halus:
bawang merah 3 siung
bawang putih 1 siung

Pelengkap:
Daun pre/ daun bawang potong halus
tomat potong
emping goreng
sambal cabe
jeruk lime

Cara memasak:
1. Potong-potong kaki kambing, rebus sampai empuk benar dengan api kecil.
2. Masukkan bumbu halus, pala, cengkeh, kayu manis, merica, gula dan garam.
3. Masukkan susu, aduk sampai hampir mendidih masukkan Ghee.
4. Siap disajikan dengan bumbu pelengkap.

Resep lainnya: Tongseng kambing, Gulai kambing.

Selamat mencoba!


Share to your friends:

32 comments:

jhonson blog 13 November 2009 14:33  

waduh resewpnya enak nih sop kaki kambing,tapi kalau yg kena gejala darah tinggi terpaksa gigit jari donk :)

narti 13 November 2009 14:49  

@ jhonson, yang itu dimasakin pakai daging ayam aja ya besok...hehe...

Rihar Diana(dhana) 13 November 2009 15:42  

salam sahabat
ehm lumayan menggiurkan he..he..izin saya praktekkan ya..thnxs n good luck

lina@happy family 13 November 2009 17:15  

Ini kayak Sop kaki kambing Betawi ya Mbak...
Kalau saya mau praktek, mungkin bening saja, ngga pake susu

heru 13 November 2009 20:11  

kirim dong kesini mbak....

narti 13 November 2009 20:18  

@ mba Lina, waduh kurang tahu mba.
kalau resep ada yang pakai santan ada juga yang pakai susu. silakan dicoba mba.

to all, terima kasih komentarnya.

!Rchymera! 13 November 2009 22:42  

Wach selalu bikin masakan yg enak2 nich mbak narti ntar istri langsung disuruh bikin resep dari mbak dech,ditunggu resep2 selanjutnya mbak...:D

Rkeyla 14 November 2009 04:39  

Wach...ajib bgt tuch mbak
Setelah comment di blog mbak suamiq (!Rchymera!)lgs minta dibuatin sop kaki kambing hehehehe
Mantap abiz....Thank's yach mbak atas resepnya

rumah blogger 14 November 2009 14:30  

wah resep sop buntutnya yg kemarin memang enak, emak yg bikin kemarin pake resep mbak, sekarang mua coba sop kambing lagi nich...makasih

sabirinnet 14 November 2009 14:30  

simpan lagi, selalu ada yg ya..

Jalan Wali 14 November 2009 14:50  

Enakan mana ya sup kaki kambing dengan sup kaki gajah...?? tapi kalo masalah resep masakan mbak Narti ini jagonya, tapi kalo saya mbak soal resep gak tahu gak papa tapi kalo sup kaki kambingnya pasti aku suka dan pasti mau...

kakara 14 November 2009 17:48  

muantab mba.. beda resep beda rasa juga ya?

narti 15 November 2009 07:05  

@ kakara, yang pasti beda yang masak beda juga rasanya...hehe...

to all, terima kasih komentarnya.

osi 15 November 2009 07:52  

Kebetulan nih...resep yang di cari...

Numpang izin ngprint...

kelirirenk 15 November 2009 08:11  

Lebih enak mana sama sop kaki cicak ato sop kaki buaya... Cicak sama Buaya kan lagi rame dibicarakan... hehehehe

Btw, Lumayan... habis ini Lebaran Haji, banyak kambing untuk kurban... bisa juga nih disimpan sapa tau nanti dapat bagian dagingnya... heheehe

about information 15 November 2009 18:37  

hehehe hanya tau makan gak bisa memasak :)

iiN 15 November 2009 21:46  

wahhhhhhhhhh.. jadi laper malem2... ^_^

Edwin's Personal Blog 16 November 2009 01:58  

Hmmm saya mau pesen yang lain aja deh Mb Narti. Saya ngga suka sop kaki kambing. Melihat bahan utama yang tampak mengkilat dan kenyal bikin tak nafsu nih. Tapi istri saya suka banget. Jadinya saya cuma menemani doang sambil minum es teh...Ditunggu menu berikutnya. Semoga kesukaan saya hehehe

ipin 16 November 2009 02:26  

hhmmm...pas sekali resep masakn ini sebentar lagi khan lebaran haji jadi aku bisa minta istriku membuat sop kambing dengan resep dari sobat narti..maklum makan daging kambing sertahun sekali aja...

trims infonya..

bhogey 16 November 2009 08:09  

wahhh,, ini yang sering aku santap buat makan malamm...
enak, tapi kalo kakinya masih ada bulunya jadi negg,hhhahh

s@ndhie 16 November 2009 08:19  

lum prnah nyobain nih.... enak ga ya..??

arkasala 16 November 2009 09:08  

Saya sebetulnya suka banget kambing ini. Namun entah kenapa suka pusing kalo habis makan, makanya agak mengurangi. Kenapa yah ?

hadi 16 November 2009 12:03  

wah cocok nih untuk Raya Kurban, sbb Korban kan banyak kambing...

sendal jepit 16 November 2009 16:32  

weleh.. jadi ngiler beneran, kebetulan orang kampung penggemar daging kambing, kebetulan lagi untungnya aku gak punya darah tinggi.. jadi embat habisss...
keep posting bu haji !

Willyo ALsyah 16 November 2009 18:57  

masakan yang cocok buat lebaran haji...passssss banget...

narti 16 November 2009 20:50  

@ arkasala, hati-hati Pak, iya sebaiknya dikurangi saja.

to all, terima kasih komentarnya.

Anaa 17 November 2009 07:54  

syukron ya ukh, jazaakillahu khrn... diisave dulu... anaa dah buat kmrn sop buntutx, tp bawangnya tdk dibakar sama kulitx, g' ngikutin persis petunjukx... alhamdulillah enak jg.

vian 28 December 2009 21:39  

yg kolesterolnya tinggi harap waspada loh

Obat Asam Urat 17 August 2011 07:17  

wah ini resepmnya harus aku cobai nih, semoga bermanfaat yah dan hasil pasakan nya mantap

cacha,  12 March 2012 05:54  

salah tuh resepnya

narti 12 March 2012 07:26  

@ cacha, boleh atuh cacha sharing disini resep sop kaki kambing yang benar. Narti tunggu ya..

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP