BAKING POWDER

>> Wednesday, October 05, 2011

Contoh gambar Baking Powder

Baking Powder dan Baking Soda itu sama gak sih? Jawabnya: beda.
Untuk Baking Soda atau Soda Kue silakan baca artikelnya disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2010/09/soda-kue-baking-soda-atau-sodium.html

Baking Powder adalah cake improver atau bahan pengembang dalam pembuatan cake, cookies atau roti. Berupa bubuk berwarna putih. Baking Powder terbuat dari campuran soda kue dan cream of tartar. Bila dicampur dengan cairan atau dipanaskan akan melepaskan CO2.

Berikut ini penjelasan mengenai Baking Powder, narti ambil dari Wikipedia.
Bakpuder (bahasa Inggris: baking powder) adalah bahan pengembang yang dipakai untuk meningkatkan volume dan memperingan tekstur makanan yang dipanggang seperti muffin, bolu, scone, dan biskuit. Bakpuder bekerja dengan melepaskan gas karbon dioksida ke dalam adonan melalui sebuah reaksi asam-basa, menyebabkan gelembung-gelembung di dalam adonan yang masih basah, dan ketika dipanaskan adonan memuai; ketika adonan matang, gelembung-gelembung itu terperangkap hingga menyebabkan kue menjadi naik dan ringan. Bakpuder dipakai untuk menggantikan ragi ketika rasa fermentasi tidak diingini pada makanan yang dihasilkan, atau ketika adonan kurang memiliki sifat elastis untuk menahan gelembung-gelembung gas lebih dari beberapa menit. Roti yang dibuat dengan memakai bahan pengembang kimia disebut roti cepat.

Sebagian besar bakpuder yang tersedia di pasaran dibuat dari unsur basa (biasanya soda kue yang juga dikenal sebagai natrium bikarbonat ditambah satu atau lebih garam asam, dan pati lembam (umumnya pati jagung, meskipun pati kentang juga dapat digunakan). Bakpuder adalah sumber karbon dioksida, dan reaksi asam-basa yang terjadi lebih tepat dijelaskan sebagai dekomposisi soda kue setelah diaktifkan oleh asam, sesuai persamaan berikut:

    NaHCO3 + H+ → Na+ + CO2 + H2O

Penambahan pati lembam dalam bakpuder memiliki beberapa kegunaan, terutama untuk menyerap kelembapan. Dengan terserapnya kelembapan, umur simpan dapat lebih lama karena mencegah terjadinya reaksi unsur asam dan basa secara prematur. Selain itu, bubuk yang kering juga dapat bercampur dengan mudah, dan bentuk tepung memungkinkan penimbangan yang lebih akurat.

Asam di dalam bakpuder dapat berupa aksi-cepat atau aksi-lambat. Asam aksi-cepat beraksi dalam campuran basah dengan bakpuder pada suhu ruang, sementara asam aksi-lambat tidak akan bereaksi hingga dipanaskan di dalam oven. Bakpuder yang terdiri dari asam-asam aksi-cepat dan aksi-lambat disebut double acting (aksi ganda); bakpuder yang hanya berisi satu asam disebut single acting (aksi tunggal).

Bakpuder double-acting hanya melepaskan sebagian gas sewaktu adonan masih basah, dan adonan naik untuk kedua kalinya sewaktu dipanggang di dalam oven, bakpuder double-acting menjamin adonan kue panggang menjadi naik, sehingga selisih waktu antara mengaduk adonan dan memanggang tidak begitu memengaruhi hasil akhir kue. Bakpuder double-acting inilah yang sekarang ini tersedia secara luas untuk konsumen, meskipun tidak ditulis pada label. Garam asam suhu rendah yang umum, di antaranya krim tartar dan monokalsium fosfat (juga disebut kalsium asam fosfat). Garam asam suhu tinggi di antaranya natrium aluminum sulfat, natrium aluminum fosfat, dan natrium asam pirofosfat.

Sumber: wikipedia

Anda bingung dengan sebutan Bakpuder diatas? Tulisan di atas versi wikipedia, kalau Anda bingung dengan penamaan Bakpuder, baca aja Baking Powder.
Di pasaran banyak sekali kita jumpai merk dagang untuk baking powder ini. Gambar baking powder di atas hanya sebagai contoh, bukan iklan produk.

Semoga bermanfaat!
Cream of tartar baca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2011/10/cream-of-tartar.html
Baking soda atau soda kue baca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2010/09/soda-kue-baking-soda-atau-sodium.html
Citroen Zuur (citric acid) baca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2010/09/citroen-zuur-citric-acid.html
Untuk lebih lengkapnya baca disini

Share to your friends:

5 comments:

catatan kecilku 5 October 2011 at 17:49  

Ssttt... mbak, jangan bilang siapa2 ya? Selama ini aku ngiranya baking powder itu = baking soda lho... #malu

narti 5 October 2011 at 19:49  

@ catatan kecilku, gpp mba, Narti juga masih belajar koq :)

Damar 6 October 2011 at 06:51  

kebetulan saya bisa membedakan Mbak, maklum saya juga jualan kedua bahan ini. Hanya saja penjelasan ilmiahnya baru ngerti sekarang

narti 6 October 2011 at 08:21  

@ Djangan Pakies, kalau narti malah dari namanya aja, hihi...

narti 6 October 2011 at 08:22  

dapur n SDA PR jadi 0
menyedihkan :(

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP