Resep Tahu Telor Bumbu Kecap

>> Monday, August 01, 2011

Selamat malam teman-teman semua...
(narti update blog dapurpunyaku.blogspot.com ini malam hari waktu Qatar loh ya...maaf kalau ditempat kalian masih siang dan masih berpuasa). Gimana puasa hari pertamanya? lancar? semoga begitu ya.
Malam ini narti cuma mau update resep sebentar, maaf belum bisa blogwalking....harap maklum :)

Masih soal resep masakan :)
Resep tahu telur bumbu kecap ini kalau dilihat dari bumbu dan bahan-bahannya mirip "Tahu Guling" (baca: tahu goling). Ada diantara teman-teman yang tahu makanan daerah atau makanan tradisional "Tahu Guling"? Atau hanya di kampungku saja ya yang ada? Ataukah memang resepnya sama cuma beda namanya, aku gak ngerti.
Untuk "Tahu Guling" biasanya disajikan dengan irisan lontong, tapi tahu telor bumbu kecap ini disajikan tanpa lontong. Nah bila Anda mau mencobanya, bisa juga disajikan dengan irisan lontong.

Berikut ini resep tahu telor bumbu kecap selengkapnya:


Bahan:
2 buah tahu putih besar, potong dadu 2 cm
minyak untuk menggoreng
100 gr taoge, siangi, rebus setengah matang
4 butir telur, rebus matang, goreng

Saus:
6 buah cabai rawit merah
4 siung bawang putih, goreng
100 ml kecap manis
250 ml air panas
2 sdm air jeruk nipis

Taburan: bawang goreng, irisan daun seledri, dan kerupuk udang

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, goreng tahu hingga kering. Goreng telur hingga kuning keemasan, angkat.
2. Saus: haluskan cabai rawit merah dan bawang putih goreng, campur dengan kecap manis, tambahkan air panas dan air jeruk nipis.
3. Siapkan pinggang, tata tahu goreng, taoge, dan telur. Tuangkan saus dan taburi dengan bawang goreng, irisan seledri, dan kerupuk udang. Sajikan segera.

Untuk: 4 orang
Sumber tabloid nova
Resep praktis, bisa untuk menu buka puasa.

Bagi Anda yang tinggal di LN, yang tidak mudah menemukan daun kelapa muda (janur) untuk membuat ketupat, atau daun pisang (yang biasanya mahal) untuk membuat lontong, Anda bisa membuat lontong dengan kantong plastik.

Cara membuat lontong dengan kantong plastik bisa dibaca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2009/11/lontong-sayur.html
Untuk tipsnya, bisa dibaca dikolom komentar, biasanya teman-teman saling berbagi info tips cara membuat lontong dengan plastik.


Cara membuat tauge, taoge, toge, kecambah, tokolan, bisa dibaca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2010/01/membuat-taoge-sendiri.html

Untuk taburan bawang goreng, cara membuat bawang goreng yang cantik, renyah dan enak bisa dibaca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2009/08/bawang-goreng-mau-membuat-bawang-goreng.html

Oh ya, dalam bulan Ramadhan ini kegiatan masak memasak tentu tak luput dari acara goreng menggoreng. Menyiasati harga-harga yang melambung tinggi, ini ada tips/cara menghemat minyak goreng. Bisa Anda baca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2011/05/mau-hemat-minyak-goreng-ini-caranya.html

Nambah lagi :)
Dan untuk Anda yang pancinya gosong ketika memasak, ketika Anda masih mengantuk, bisa kan saja pancinya gosong? bagaimana cara membersihkan panci yang gosong?
Cara membersihkan panci yang gosong bisa dibaca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2011/05/cara-menghilangkan-bekas-gosong-pada.html

Semoga bermanfaat!

Share to your friends:

3 comments:

Ajeng Sari Rahayu 2 August 2011 at 04:22  

ini sama kayak sambel goreng ayam saya bumbunya, tapi ditambahi laos. kayak enak deh mbak, ada taugenya, seger kriuk2 gitu. sayangnya udah nggak sempet ke pasar :)

Elsa 4 August 2011 at 09:44  

ini sih kesukaanku mbak....

Agen XAMthone surabaya 22 August 2011 at 10:22  

resep nya bagus banget nih, ane belum pernah nyobain nih bagai mana rasamnya tuh gan ahehe

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP