Lontong Sayur

>> Monday, November 09, 2009

Bagi Anda yang tinggal di LN, tidak usah pusing lagi bila ingin membuat lontong sayur. Kalau di Indonesia biasanya membuat lontong pakai daun pisang atau malah membuat ketupat pakai 'janur' (daun kelapa yang masih muda/putih), nah karena tinggal di LN pakai saja yang praktis. Aku biasanya menggunakan kantong plastik. Tapi tidak ada bau harum khas wangi daun, tidak apa-apalah...daripada ngeces...masak harus nunggu pulang kampung buat lontongnya? (menghibur diri sendiri).

Kadang ada juga daun pisang, tapi cuma kecil-kecil, sulit kalau untuk membuat lontong. Dan satu lagi, mahal harganya. Kalau disini, jarang sekali ada 'janur', kalau mau ya harus pesan dulu sama yang punya toko, baru dipesankan (maksudnya impor dulu dari negara tetangga). Harganya ya lumayan....


Bahan membuat lontong:
beras
sedikit garam
kantong plastik
karet gelang buat mengikat

Cara membuat lontong:
1. Beras dicuci sampai bersih, tiriskan, beri sedikit garam, aduk rata.
2. Masukkan beras ke kantong plastik, sebanyak setengah lebih sedikit dari besar kantong plastik.
3. Tutup kantong, bakar ujung plastik dengan api kecil terus direkatkan. Syukur 'dilas' pakai mesin (kalau punya alatnya...hehe...kalau tidak punya ya pakai yang tradisional seperti tadi, pakai api kecil). Bisa juga dengan diikat yang kuat memakai karet gelang agar tidak lepas ketika dimasak. Beri lubang beberapa bagian pada plastik dengan bantuan tusuk gigi.
4. Masukkan kedalam panci besar berisi air, masak sampai menjadi lontong. Kalau air habis tetapi belum matang ya ditambah lagi air yang sudah mendidih. Harus sabar, karena membuatnya lama.
5. Kalau sudah matang, angkat, dinginkan, baru dipotong-potong dan siap disajikan.

Saatnya sekarang membuat sayur. Silakan sesuai selera saja, mau sayur apa. Ini memakai bahan yang tersedia di rumah saja. Inilah resep sambal goreng labu siam selengkapnya.

Bahan:
labu siam, kupas, iris kecil
daging tetelan
kacang panjang, potong-potong
santan

Bumbu:
bawang merah
bawang putih
cabe merah
kemiri
lengkuas
daun salam
serai
garam
sedikit gula merah
sedikit terasi (option)
micin (option)
minyak untuk menumis

Pelengkap:
bawang goreng untuk taburan
kerupuk

Cara membuat:
1. Rebus daging tetelan hingga empuk.
2. Labu siam, beri sedikit garam, diremas-remas, cuci sampai bersih.
3. Haluskan bumbu, tumis sampai harum, masukkan bumbu lainnya, aduk-aduk.Masukkan tetelan, labu siam dan kacang panjang, aduk rata.
4. Lalu masukkan santan, masak sambil diaduk-aduk, beri sedikit gula merah dan garam.
5. Masak sampai matang, siap disajikan.
Taruh lontong yang sudah di potong-potong ke dalam mangkuk, beri sayur dan taburan bawang goreng. Cara membuat bawang goreng yang enak disini.

Kerupuknya lupa tidak kephoto...hehe...
Selamat menikmati!

Share to your friends:

29 comments:

Muchlisin 9 November 2009 at 05:44  

Seger sekaligus lezat. Terima kasih resep lontong sayur-nya

Edwin's Personal Blog 9 November 2009 at 09:45  

Langsung ngiler... Aku suka banget lontong sayur padang. Lontong sayur buatan Mbak Narti harus selezat itu, atau lebih wuenak malah.... Hmmmm sedap....

anita 9 November 2009 at 13:24  

yaa ampun mbak lontong sayur...jd laper neh...mau nya mbak yg bikinin gue tinggal makan heheheheh :)

marcellino agatha 9 November 2009 at 15:09  

Aduh jadi laper nih..heheheh

arkasala 9 November 2009 at 17:09  

lontong sayur ini kesukaan istri saya Mbak. Sayang anak saya kurang begitu suka.
Boleh juga masuk kategori untuk diserahkan ke istri nih resepnya he he.
Btw, saya sedang ikut kontes memasak juga tuh di pakDhe mohon kritiknya atas masakan saya ya he he. Trims. Salam :)

!Rchymera! 10 November 2009 at 00:19  

Wach info yg sgt menarik mbak,bisa buat pembelajaran istri saya masak lontong sayur xixixi...:D

Mamik Story 10 November 2009 at 03:04  

duh pagi-pagi baca resep lontong sayur, jadi lapar nich...muantap resepnya.

sejarawan 10 November 2009 at 07:23  

Sy berusaha membangun jaringan, terbuka untuk kerjasama apapun. Kami memiliki modal finansial yg sangat cukup untuk memulai usaha menengah. Apa yg kami perlukan hanyalah informasi dan sumber daya yg handal.

Hamdina Organizer
Komunitas para manajerial handal dan amanah

024-7060.9694
http://sejarawan.blogspot.com

jhonson blog 10 November 2009 at 09:37  

hehehe lontong sayur hampir tiap hari jd sarapan gw,tinggal beli didepan rumah :).belom pernah bikin sendiri sih kekekekekk :)

andry sianipar 10 November 2009 at 11:06  

salam super,,,
wah, semoga ini bukan hayalan,,
saya jadi laper !!!
sukses untuk anda !!!

aaSlamDunk 10 November 2009 at 12:35  

hehehe seger nih
lontongnya dibungkus pake plastik apa daun pisang tuh mba?

oya bisa bikin lontong campur gak nih?hayooo

narti 10 November 2009 at 14:33  

@ Edwin, kalau orang Padang memang biasanya memakai bumbu khusus (tidak tahu juga terdiri dari rempah-rempah apa saja) yang sudah diramu dan dalam bentuk bubuk. Karena temanku yang disini juga tiap kali pulkam mesti membawa bumbu itu beberapa kg (buat stock). Memang membuat masakan jadi tambah lezat. Kalau ini yang dimaksud loh mas Edwin, kalau bukan ya maaf.

narti 10 November 2009 at 14:36  

@ aaSlam, bungkusnya pakai plastik, hiks....
lontong campur yang mana ya? gak ngerti nih...

to all, terima kasih sudah menuliskan komentar.

MasWienNews.Com 10 November 2009 at 16:55  

Eunak klo buat sarapan pagi nih Bu...

jimox 10 November 2009 at 18:28  

Pasti lezat banget mbak, apalagi kalau di padukan sama sambal kelapa+bubuk kedelai. bikin lontongnya pakai daun pisang. tambah seep, sayang disana nggak ada ya mbak? :)

heru 10 November 2009 at 20:00  

wah makanan fovaritku nich mbak narti

mamah aline 10 November 2009 at 20:21  

jadi laper, apalagi malam begini, andai lontong sayur itu singgah ke rumah saya.

narti 10 November 2009 at 21:09  

@ jimox, daun pisang disini ada, cuma kecil-kecil sulit kalau untuk buat lontong.

to all, terima kasih komentarnya.

Aisy 11 November 2009 at 03:38  

wah wah bikin ngiler aja lontong sayurnya Mbak Narti..........

Kreasi Masakan 11 November 2009 at 19:30  

makan lontong sayur di malam hari enak
resep-resepnya enak-enak
salam mba dari kreasi masakan

Saung Web 11 November 2009 at 19:46  

Wah lontong sayur sih kesukaanku nih...

giel 13 November 2009 at 16:08  

mau ta kasih tips kecil mbak?
utk hasil 'lontong' yg lebih mendekati aroma indo: selipkan selembar daun pisang (selebar ukuran plastiknya) ke dalam plastik bersama beras. coba buktikan.....

narti 16 November 2009 at 20:54  

@ giel, begitu ya? terima kasih masukannya ya, besok kalau buat lagi insyaallah dipraktekkan.

to all, terima kasih komentarnya ya.

vian 28 December 2009 at 21:45  

just want to say: UENAK !

atirham,  11 February 2010 at 12:39  

mbak boleh tau ga berapa lama tepatnya bikin lontong plastiknya. mksh.

narti 17 March 2010 at 09:09  

@ atirham, maaf baru dijawab, gak ngecek komentar masuk.
Bikin lontong pakai plastik kurang lebih 1 jam. Kalau terlalu banyak mengisi berasnya, hasil lontong bagian tengah biasanya masih berupa nasi, matang sih matang, cuma tidak lembut.

Teddy NZ,  1 March 2012 at 05:33  

Pake plastik ga takut? Di Bandung tukang kupat tahu saya pake kaleng blue band dipalastikin baru dikukus (stelah ujungnya di konci).
Terus terang saya takut krn ga tahu palastiknya apa aman? Kita tahu plastik ada sifat / karakter bahan karsinogen.
Kalu teman teman yg ahli petrokimia bisa kasih adpis pake plastik jenis apa?

narti 1 March 2012 at 07:44  

@ Teddy NZ, kalau narti pakai kantong plastik bening, sekali pakai.
Membuat dengan cara ini, sebagai alternatif buat teman2 khususnya yg tinggal di LN, karena daun pisang harganya lumayan mahal dan sulit didapatkan.
Membuat lontongnya juga tidak tiap hari kan? maksud saya, tidak setiap hari kita mengonsumsi lontong yg cara pengolahannya seperti ini.
Narti rasa memang bahan-bahan yang sering kita gunakan sehari-hari juga ada bahayanya.

Anda pakai kaleng blue band diplastikin, boleh juga tuh idenya.

Kode aman atau tidaknya bahan plastik pada kemasan makanan dan minuman (baca disini).
Tetapi tidak tercantum jenis plastik berbentuk kantong yg sering kita gunakan untuk membungkus.

Bila kita membeli kantong plastik, pada kemasannya tidak terdapat kode TARA-nya.
Teman-teman lain ada yang tahu, jenis kantong plastik yang aman?

narti 1 March 2012 at 08:01  

@ Teddy NZ, untuk membuat lontong sebaiknya memang menggunakan daun pisang batu, agar lontong berwarna hijau alami.
Tapi pelaku usaha tentu akan berpikir, karena berdampak pada harga jual nantinya.

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP