Membuat Taoge Sendiri

>> Wednesday, January 20, 2010


Untuk Anda yang tinggal di Indonesia, taoge bukan barang yang sulit di dapat. Beli di warung depan rumah atau tukang sayur langganan juga ada. Bahkan tiap hari juga tersedia.

Berbeda halnya disini, ada yang jual tapi tidak setiap hari tersedia. Taoge  biasanya dimasak, seperti untuk campuran urap, tahu isi, pecel, bakwan dan sebagainya.

Sebenarnya cara membuat taoge itu mudah, cuma perlu bersabar.
Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya:
1. Kacang hijau, secukupnya (bisa juga kedelai, bila suka).
2. Siapkan wadah yang berlubang-lubang.
3. Kain putih yang bersih.

Cara membuat:
1. Cuci kacang hijau sampai bersih.
2. Siapkan wadah yang berlubang-lubang, beri kain bersih, masukkan kacang hijau yang sudah dicuci bersih. Siram dengan air. Sisa kain buat menutupnya.
3. Taruhlah agar air bisa merembes keluar. Siram dengan air 3x sehari.
4. Dalam waktu 2-3 hari pasti sudah jadi taoge yang siap pakai. Anda tinggal membersihkan kulitnya yang terlepas dengan dicuci berkali-kali.

Sekarang Anda yang tinggal di LN bisa membuat taoge sendiri, tak perlu khawatir bila di grocery tidak jual taoge. Taoge bagus juga dikonsumsi oleh ibu hamil.

Mudah-mudahan bermanfaat!

Share to your friends:

46 comments:

kelirirenk 20 January 2010 at 23:50  

Seperti pelajaran waktu SD dulu, ternyata ada gunanya ya Mbak...
Ide bagus tuh Mbak, walo di Indonesia pun bisa digunakan cara tersebut di atas. Tapi kalo bikin rawon harus nunggu 2 hari lagi biar ada taoge-nya ya... hehehe.
Selain ibu hamil, katanya sih bagus juga untuk kesuburan... bener gak ya?

Arya Muhamad 21 January 2010 at 01:17  

toge emang enak banget, tapi maknnya harus banyak (biar terasa). Arya sukanya kalo dibuat laksa

Ipin 21 January 2010 at 03:00  

masakan toge memang enak di buat apa saja...bakwan apa lagi tuhh dengin2 makan gorengan..opppss..kolesterol bisa naek dehh.
anak saya juga pernah ada tugas nanem kacang hijo biar tumbuh toge

msafru 21 January 2010 at 03:44  

saya suka touge kalau buat tahu isi saja kalau dibuat sayur kurang begitu suka

aaSlamDunk 21 January 2010 at 04:55  

kagak suka toge mba
kagak suka daun bawang juga

sledri apa lagi!!!

jadi kalo ada soto yg pake toge, ane buang togenya diganti ma krpuk hehe

Kang Sugeng 21 January 2010 at 06:56  

Sip Mbak Nar... kmrn anak ku yg cew juga barusan percobaan bikin tauge tp pake kapas dan gelas akua.

narti 21 January 2010 at 07:19  

to all, iya yah ini pelajaran SD, sekarang bermanfaat, terlebih tinggal di rantau seperti sekarang.

Ahmad Ramadani 21 January 2010 at 07:30  

jadi inget pelajaran IPA waktu SD nih...

Keren.. keren.. Thanks infonya

rajaleB 21 January 2010 at 08:05  

Taoge yang badannya kurus, kepalanya besar.
enake di pecel deh

Henny Y.Wijaya 21 January 2010 at 08:26  

hahaha,,jadi ingat waktu sekolah, disuruh tanam sendiri. ada gunanya juga ternyata

ツbieaz@bie Azreenaツ 21 January 2010 at 08:55  

good info narti....

teringat waktu sekolah2 dulu heheh :D

nuansa pena 21 January 2010 at 09:32  

info yang jeli dan kreatif!

angger prasetyo 21 January 2010 at 13:30  

manteb nich tapi sayang saya gak suka toge.ehehe...
sekalian follow,,,,,,biar gak ketinggalan resep sahabat.

gambutku 21 January 2010 at 15:41  

blogwalking. please visit back.
shoutmix is change.:D

Osi 21 January 2010 at 16:01  

Ternyata mudah ya...buat taogenya..maklum biasa beli z gk pernh mikir untuk buat

Tks infonya

Misbah el munir 21 January 2010 at 18:51  

Wah...selain pinter masak, Mba Narti pinter juga dalam hal pertanian dan cocok tanam ya...?!! Thanks 4 share..

jhonson blog 21 January 2010 at 18:52  

wahh nanam toge...lumayan tuh buat nambah info :)

narti 21 January 2010 at 21:41  

@ Osi, iya kalau di Indonesia ada yang mudah kenapa dibuat sulit? ya nggak??

@ Misbah el munir, hehe...iya buat bekal nanti kalau pulkam, sekarang disini harus mandiri, itung2 sambil latihan.

@ jhonson, nanam? buat persemaian kali....hihi....

to all, itung2 mempraktekkan ilmu yang didapat waktu SD dulu. disini ada yang jual, cuma tidak tiap hari tersedia di grocery. hehe....

abeng beng /arjopedal 21 January 2010 at 21:59  

toge buat,tahuisi,bakwan sipdah dan teryata mudah ya bikin toge

Bayu Lebond 21 January 2010 at 23:58  

waduh...gw gak suka toge rasanya aneh

jimox black edition 22 January 2010 at 05:57  

jadi keinget mbak, dulu waktu aku masih SD, ibuku pernah jualan taoge. bikin sendiri, trus ada yang ngambil... udah ada pesenan.

Jimox 22 January 2010 at 05:57  

kalau di tempatku orang-orang biasa nyebutnya "capar" mbak. hehe... ada yang "kecambah".

Lia_Lovaa 22 January 2010 at 06:04  

Iya ya..padahal dlu waktu SD udah belajar cara buat toge..tapi beneran gak kepikiran untuk buat toge sendiri hehe..abis dipasar banyak sih. Makasih mbak..mampir ya

narti 22 January 2010 at 06:45  

@ Jimox, taoge disebut capar? boleh juga nih buat nambah istilah2 dari beberapa daerah.

Laston M Nainggolan 22 January 2010 at 07:28  

wah,,tar pacarku kusuruh mampir ke blog ini untuk belajar msak memasak, heheheh..

makasih ya untuk info2nya

Mamah Aline 22 January 2010 at 09:04  

tauge banayk manfaatnya ya mba, saya juga pernah membuat sendiri tauge dengan cara konvensional

NURA 22 January 2010 at 09:20  

salam sobat
wah mau banget buat tauge sendiri ini mba,,
mudah tapi harus bersabar ya mba,,

Seti@wan Dirgant@Ra 22 January 2010 at 10:29  

makasih udah ngajarkan kita cara bikinnya..
saya taunya cuman makan selama ini,... palagi kalau bakwan...

Bayu Lebond 22 January 2010 at 10:40  

oh iya...kl disolo ini namanya thokolan...malah sering orang berkata "bunuh diri nggantung dipohon toge"

wahyu 22 January 2010 at 12:32  

ternyata semudah itu menghasilkan tauge ya...
kirain harus ditanam di tanah..hihihi
ngomong2 airnya air biasa ya? g usa air panas gt? hmm

narti 22 January 2010 at 13:22  

@ wahyu, iya air biasa.

Rock 22 January 2010 at 13:42  

Bener kata sam Lebond... Thokolan... hahaha...

rumah blogger 22 January 2010 at 16:02  

paling enak kalo ditambah dengan trasi, hihhiii (haruuumm)dan bikin lapeer

sabirinnet 22 January 2010 at 16:02  

wah bikin perut lapar nich, mantap mbak

irvan 25 January 2010 at 16:51  

jadi inget waktu sekolah bikin yang begini

Sugeng 26 January 2010 at 19:01  

aku gag suka taoge tapi senang kecambah (bahasa jawa untuk taoge) :lol:
salam kenal serta jabat erat selalu dari Tabanan

ogameslucky 26 January 2010 at 20:08  

Dulu waktu SMP pernah bikin buat pelajaran Biologi

kojer,  21 February 2012 at 21:02  

saya mau tanya untuk membuat cambah soto gimana ya caranya??? biar kulit" kecambah nya mau lepas?? apakah ada obat nya??? trimakasih

narti 22 February 2012 at 05:31  

@ kojer, cara membuatnya sama saja. Untuk menghilangkan kulitnya, cuci saja berulang-ulang, nanti kulit-kulit kecambah akan mengapung.

agis,  4 March 2012 at 19:01  

Thanks untuk infonya..

Yohana Erawaty 4 April 2012 at 12:26  

Info yang berguna,
Tapi gimana yah biar batang toge nya lebih gemuk dan panjang2? soalnya kalo bikin sendiri kok tetep aja beda ama yang dijual di toko, biar pun di panen nya nunggu lebih lama?

narti 5 April 2012 at 09:28  

@ Yohana Erawaty, iya mba, narti juga kurang tahu.
Malah toge panjang yg dijual di toko ada yang batangnya kurus, ada juga yg gemuk.

Temen2 ada yg tahu, cara bikin toge panjang yang seperti dijual di supermarket?

Anonymous,  14 March 2013 at 10:30  

Wah mantap, saya lagi coba!!!
Semoga berhasil!!!

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP