Terasi | Belacan | Shrimp Paste

>> Tuesday, July 19, 2011

Untuk Anda yang suka dengan sambal terasi, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya terasi. Apalagi jika di meja makan tidak tersedia sambal terasi, lalu membuatnya sendiri di dapur tentu tidak asing lagi bentuk terasi itu yang seperti apa.

Terasi itu apa?

Menurut Wikipedia, terasi atau belacan adalah bumbu masak yang dibuat dari ikan dan/atau udang renik yang difermentasikan.
Terasi berbentuk seperti pasta dan berwarna hitam-coklat, kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan. Terasi memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi, tapi juga ditemukan dalam berbagai resep tradisional Indonesia.
Di Malayssia, bahan ini diberi nama "belacan". Asasnya juga menggunakan udang segar dan banyak diusahakan di kawasan yang mempunyai aktiviti perikanan terutamanya di pantai timur Smenanjung Malaysia dan di pantai barat.

Penggunaan terasi membuat makanan jadi lebih gurih serta memberi aroma khas yang sungguh menggugah selera. Tapi buat sebagian orang aroma terasi atau belacan yang menyengat memang tidak begitu disukai.
Di Indonesia terasi sudah menjadi bumbu masak yang sangat populer atau bahkan wajib.
Selain Indonesia beberapa negara lainnya di Asia Tenggara seperti Malaysia, Hong Kong, Thailand, Vietnam dan Cina juga mengenal bumbu ini dengan sebutan yang berbeda.

Beberapa daerah penghasil terasi di Indonesia yang sudah dikenal selain Cirebon adalah Bangka. Bahan utama pembuat terasi adalah udang dan rebon yang difermentasi dan diolah dengan bumbu-bumbu lain. Terasi Bangka memang tiada duanya, beraroma agak tajam dan rasanya gurih karena memakai udang dan rebon segar.

Terasi ini dijual dalam bentuk yang berbeda-beda. Ada yang dibungkus dengan plastik segi empat dan ada pula yang dibungkus bulat dengan bungkus daun pisang. Teksturnya agak kasar dan berwarna cokelat hingga keunguan. Pulau Sijuk merupakan salah satu pulau penghasil terasi yang cukup ternama di Bangka. Terasi produksinya biasanya dikemas dalam keranjang anyaman kecil.

Sebelum digunakan terasi harus dibakar atau disangrai terlebih dahulu agar aromanya keluar. Kegunaannya tentulah memberikan aroma yang khas, gurih, dan sedap pada makanan seperti sambal dadak, kangkung belacan, pelecing kangkung, dll. Hmm... tak heran kalau terasi Bangka sangat populer dijadikan oleh-oleh wisatawan yang datang.

Nama lain terasi adalah belacan atau shrimp paste. Untuk anda yang tinggal di LN, shrimp paste ini biasanya dijual di supermarket atau hypermarket. Kalau di grocery biasanya tidak ada. Biasanya diletakkan di rak barang-barang dari Asia. Atau kalau di negara tempat tinggal Anda ada Toko Asia atau Asian Grocery, nanya saja apakah menjual shrimp paste ini atau tidak.

Bentuk terasi itu seperti apa?
Berikut beberapa gambar terasi, shrimp paste, belacan di beberapa negara:

Shrimp paste yang sedang dikeringkan atau dijemur di bawah terik matahari
di Hongkong

Shrimp paste di pasar Thailand.
Bisa beli kiloan nih :D

Terasi Bangka yang dikemas dalam keranjang anyaman kecil.

Belacan di pasar Malaysia. Tidak dibungkus gitu yak?

Di Sidoarjo, Jawa Timur, terasi dibuat dari campuran bahan seperti ikan, udang kecil (udang), dan sayuran. Terasi adalah unsur penting dalam Sambal Terasi, juga banyak masakan Indonesia lainnya, seperti sayur asam (sup sayuran segar asam), lotek, gado-gado, karedok (mirip dengan lotek, tapi sayuran disajikan mentah), dan aneka macam rujak.

Semoga bermanfaat!

Referensi:
http://us.detikfood.com/read/2009/10/22/174345/1226687/482/aroma-khas-belacan-bangka
http://id.wikipedia.org/wiki/Terasi

Share to your friends:

13 comments:

Djangan Pakies 20 July 2011 at 02:19  

sambel terasi adalah salah satu pelengkap makan saya yang paling favorit mbak, bahkan keluara saya mempercayakan pembuatan sambel trasi pada saya , hhh pd.
tapi almarhum ayah justru tidak suka terasi setelah pernah melihat secara langsung pabrik terasi, dan ngeri melihat proses pembuatannya

Maya Bercerita 20 July 2011 at 04:30  

Gue suka banget yang namanya sambel terasi. Gue punya resep, sambel bacang atau sambel kemang. Wuih, uenak bangets buwat saus ikan bakar

Menyambut Ramadhan 20 July 2011 at 04:40  

Subhaanallah... lihat gambar "Shrimp paste yang sedang dikeringkan atau dijemur di bawah terik matahari di Hongkong" jadi langsung membayangkan sedapnya sambal terasi.

Salam ukhuwah

windflowers 20 July 2011 at 04:58  

ternyata nama lain dari terasi itu belacan ya..hehe..baru tau aku mba.. :)

New Laptops Review, Specs and Price 20 July 2011 at 05:00  

Weh.. tu lok ndek tempat pembuatanya gede gede yak trasinya... hehehehe.. nice pos bos.. :D

Ndezz Sadja Soedah Coekoep 20 July 2011 at 06:03  

sayyyaaa suka sekali sambal terasi,

jadi kangen sama kampung nenek saya nih,
kalo ke sana saya selalu minta dibuatin sambel terasi, nasi hangat, sama ikan asin, sayur asemmm,,,,

eemmmm maknyos deh kalo kata pak bondan,,,

Ajeng Sari Rahayu 20 July 2011 at 07:50  

sambel trasi itu salah satu sambel favorit saya mbak, bersyukur sekarang dah bisa nyambel sendiri. Btw, trasi di Banjar ama di Jawa ternyata beda. Kebiasaan di sini saya belinya trasi kemacan ABC itu. yang kecil2 :)

Blok Keluarga - Keuangan 20 July 2011 at 09:20  

waw shrimp paste,,, masakan tertentu gak pas kalo gak pake ini mbak, saya biasanya menggunakan terasi untuk sambal sepeti yang mbak bilang. cah kangkung juga suka pake, dan biasanya tumis-tumisan sayur pake terasi kalo ada..

Dhana/戴安娜 20 July 2011 at 11:03  

Salam sahabatadih masuk kategory makanan kesukaan saya tuh jihi
Oh ya untuk postingan yg saya post tersebut terdapat onspirasi dari mas Banjari untuk gaya kata dan rangkaian kata itu saya rangkai sendiriakasih ya

r10 20 July 2011 at 13:19  

aku ga suka yg pedas2 :D

NURA 20 July 2011 at 14:15  

ass
apalagi sambal terasi dipadu dengan lauk ikan dan sayur asem cocok banget ya mba.

Ferdinand 21 July 2011 at 12:44  

Biarpun gak suka Sea Food klo urusannya sambel terasi aku kecualikan hahhaa... :)

Anonymous,  12 August 2011 at 09:09  

kalo sayapulang ke jakarta pasti oleh2nya terasi tanjung sidoarjo. kata sambalkholik terasinya mantap, yg susah kalo stok habis hehehe ...

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP