Resep Cireng Isi Daging Ayam (jajanan khas Bandung)

>> Sunday, May 27, 2012

Sebelumnya telah ada resep Cilok dan resep Cimol. Sekarang narti tuliskan resep Cireng. Cireng ini masih saudaraan juga sama Cilok dan Cimol (adik kakak kali ya...hihi...), sama-sama berbahan dasar Aci (tepung tapioka, tepung kanji, sama aja cuma beda nyebutnya).

Rasa Cireng tidak beda jauh dengan cilok, namun cireng lebih renyah diluar dan tetap kenyal didalam karena melalui proses digoreng. Dengan rasa yang tidak kalah legit dengan cilok karena masih diberi saus yang berbahan kacang tanah dan cabai.

Cireng sendiri juga menjadi makanan primadona di kota Bandung, bahkan saat ini sudah dimodifikasi lebih modern dengan diberikan isi yang berbagai macam, tergantung kreatifitas pembuatnya dan tentu saja dilihat dari segi bisnis merupakan pasar yang menjanjikan.

Cireng original berisi saus kacang yang kental, dan ada juga yang hanya polos tapi diberikan saus kacang yang pedas. Sekarang ini banyak cireng yang sudah dimodifikasi isinya.

Salah satu tempat untuk beli jajanan ini yang terkenal di Bandung adalah “Cireng Cipaganti”, bahkan makanan ini sekarang sudah mulai masuk ke area mall dan pusat perbelanjaan. Keren kan?...

Dan ini merupakan bukti bahwa makanan ini banyak digemari dan merupakan salah satu makanan sunda buhun (zaman dulu) yang masih ada hingga saat ini. Tapi Anda yang tinggal diluar kota Bandung jangan khawatir, karena jajanan tempo dulu ini, saat ini sudah mulai keluar daerah Bandung sendiri. Bahkan di Yogyakarta sudah mulai banyak yang jual. Silakan datang ke daerah alun-alun Utara Yogyakarta (selatan Malioboro). Nah gak perlu repot-repot sampai Bandung lagi kan?

Cireng sendiri artinya aci digoreng.
Bentuknya tidak bulat-bulat, berbeda dengan bentuk Cilok dan Cimol. Untuk Cireng yang tidak memakai isian (Cireng yang polos) kadang-kadang bentuknya tidak tentu. Alias suka-suka pembuatnya saja.


gambar cireng tanpa isian

Namun untuk Cireng yang memakai isian, bentuk cireng ada bermacam-macam, misalnya berbentuk bunga, hati, segitiga, persegi panjang, kotak, dll.
Isian cireng bervariasi, antara lain Cireng Isi Pizza, Cireng Isi Barbeque, Cireng Isi Oncom, Cireng Isi Keju, Cireng Isi Kornet Pedas, sapi lada hitam, tuna pedas, ayam, sosis, irisan bakso, dll.

gambar cireng isi

Berikut ini Resep Cireng Isi Daging Ayam

Resep cireng isi ayam

Bahan:
Isi:
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 250 gr fillet ayam, potong dadu kecil
  • 3 sendok makan kecap manis
Bumbu halus:
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 5 buah cabai merah besar
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Cara membuat Cireng isi daging ayam:
  1. Isi: Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ayam, masak hingga berubah warna. Tambahkan kecap, garam, dan gula pasir, masak hingga matang, angkat dan sisihkan.
  2. Kulit: Campur semua bahan, aduk hingga adonan kalis. Ambil sedikit adonan, bulatkan dan pipihkan. Lakukan hingga semua adonan habis.
  3. Ambil kulit, isi dengan bahan isian lalu lipat, tekan-tekan bagian pinggirnya. Lakukan hal yang sama hingga bahan habis.
  4. Goreng dalam minyak panas sedang hingga matang, angkat dan tiriskan.

Untuk 20 porsi
Semoga bermanfaat!

Share to your friends:

10 comments:

iwan 27 May 2012 at 07:42  

Wah, belum pernah cicipi...pengennn

Mami Zidane 27 May 2012 at 08:28  

Dibatam juga udah banyak pedagang cireng isi mbak, rasanya memang enak ya, cocok buat cemilan anak-anak ataupun keluarga

Anak Rantau 27 May 2012 at 09:28  

Saya juga belum pernah makan cireng mbak hehehe....

Cakti Lybaz 30 July 2012 at 04:12  

Hmmmm.. Makanan favorit nehhhh

Anonymous,  4 August 2012 at 10:28  

setahu saya, cireng itu tidak menggunakan tepung terigu. Dan pakai air panas saat bikin adonannya, supaya adonan kalis tapi tidak keras dan sewaktu di goreng bagian dalam cireng kosong

rian jamal 30 October 2012 at 01:20  

Cara buat kulit nya gmana?

linda sari,  31 December 2012 at 13:06  

resep ini sebenarnya bener gk sih ? soalnya aku mau bikin di tunggu ya jwban nya

narti 31 December 2012 at 17:57  

@ linda sari,
kalau benar atau tidak, narti kurang tahu, maaf.
silakan cari referensi lainnya.

Anonymous,  4 January 2013 at 03:56  

ga pake aci? pake sagu?

Anonymous,  20 March 2013 at 09:22  

Kyk bkin mpek mpek ya,cuma yg ini ada isix trus gak pk kuah asem

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP