Pekak | Bunga Lawang | Star Anise

>> Tuesday, March 29, 2011

Suatu hari di sebuah pasar tradisional di desa yang jauh dari keramaian terjadi percakapan antara penjual dan calon pembeli sebagai berikut:

Pembeli : "Mbah, kagungan pekak mboten?"
Penjual  : "Ooo mboten gadhah, awis mas, menawi badhe tumbas tindak kutho mawon."
(Maksudnya disuruh pergi ke pasar Beringharjo).
Pembeli : "O... njih sampun mbah, matur nuwun."

Pembeli terus pergi meninggalkan kios simbah, beliau seusia simbahku di rumah. Sedangkan simbah ini masih sehat dan masih berjualan di pasar. Aku merasa tidak enak, seorang nenek yang usianya jauh lebih tua dariku malah menggunakan bahasa krama terhadapku.

Suasana di kampung yang selalu bikin kangen :)

***

Anda tahu pekak? Apa itu pekak? Gunanya untuk apa?
Yuk kita belajar bareng-bareng.


Gambar pekak atau bunga lawang

Nama
Pekak atau bunga lawang mempunyai nama latin Illicium verum.

Di beberapa negara dan daerah, pekak memiliki nama yang berbeda, diantaranya adalah:

Orang keturunan Tionghoa di Jawa menyebutnya pekak.
Orang Bali memanggilnya dengan sebutan bunga lawang.
Sedangkan negara Eropa menyebutnya star anise karena bentuknya menyerupai bintang.
Di Italia disebut anice stellato.
Masyarakat Jerman menyebutnya Sternanis.
Sedangkan dalam Bahasa Cina adalah ba jiao atau bat gok yang memiliki arti "delapan tanduk", sesuai dengan bentuknya yang memiliki delapan kelopak.


Pekak adalah buah, bukan bunga.
Bunga Lawang (Pekak) sebenarnya bukan bunga, ia adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Tinggi pohonnya bisa mencapai 8 meter. Ia mempunyai bunga yang cantik berwarna kuning. Bunga lawang berkembang-biak melalui biji benih. Buahnya dipetik sebelum ranum dan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari.

Pekak memang kalah populer dibandingkan dengan bumbu lainnya pada kuliner Indonesia, seperti lada, pala, ketumbar dll. Lain halnya dengan kuliner di Asia, utamanya di China, Thailand, Vietnam, bumbu pekak banyak digunakan.

Manfaat pekak atau bunga lawang.
Pekak berfungsi untuk membuat aroma masakan menjadi segar dan wangi, seperti pada kecap, pekak adalah salah satu bumbu untuk membuat kecap memiliki aroma yang khas. Bunga pekak memiliki rasa seperti Adas manis. Bunga lawang (pekak) dijadikan rempah untuk menjadi penyedap rasa untuk makanan.

Masakan yang menggunakan bumbu pekak atau bunga lawang.
Bunga lawang juga banyak dipakai dalam masakan India yang kaya rempah misalnya untuk kari. Bangsa Thailand, Vietnam, dan Indonesia juga banyak memakai bunga lawang untuk penyedap masakan. Di Indonesia, bumbu ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam. Misalnya saja gulai Aceh, Rendang  Padang, masakan Jawa, dan Bali. Masakan sup akan lebih sedap apabila ditambahkan bumbu ini.

Penggunaannya untuk masakan bisa pekak utuh atau yang sudah dihaluskan menjadi serbuk.

Manfaat lain
Selain menyedapkan masakan, bunga lawang juga memiliki khasiat kesehatan. Bumbu ini baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan memiliki fungsi diuretik atau melancarkan saluran kencing. Selain itu digunakan juga untuk pengobatan tradisional di Asia, contohnya untuk sakit sendi. Bunga lawang juga sering dimanfaatkan untuk minuman tradisional seperti jamu dan campuran minum teh. Salah satunya adalah minuman teh khas Thailand yang merupakan campuran teh hitam dan bubuk bunga lawang. Teh dari bunga lawang juga bisa dijadikan obat batuk. Minyaknya juga bisa mengurangi gejala mual-mual bagi ibu yang sedang mengandung. Kandungan asam shikimat (shikimic acid) dalam bunga lawang membuat rempah ini dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuat obat antiflu burung, tamiflu. Hal ini menyebabkan stoknya sempat menghilang dari pasaran dan harganya melambung.

Sumber: wikipedia dan NCC.
Baca lanjutan artikel ini disini.
Semoga bermanfaat!

Share to your friends:

25 comments:

Upex 29 March 2011 07:33  

pekak? baru tau nih mbak..
ternyata banyak manfaatnya ya....

Ajeng Sari Rahayu 29 March 2011 07:54  

Saya juga kangen Jogja mbak Narti, di sana memang penjualnya pada pakai bahasa krama. Saya sendiri juga malu kalau dibahasain begitu sama penjual yang njuali di pasar (pengalaman pas di Jogja kemarin). Mestinya kan saya yang muda ini yang krama.



Mbak, itu kalau di Banjar dipakai buat salah satu bumbunya Soto Banjar, bilangnya kalau di Banjar bumbu Sop, pasti nanti disertakan pekak tadi :)

Djangan Pakies 29 March 2011 08:07  

assalamu'alaikum Mbak,
lha saya yang produk asli ndeso lereng g semeru kok malah ndak pernah ngerti Pekak.
Berarti bahan ini yang digunakan untuk bahan baku pembuatan kecap ya Mbak

Daris Firzan 29 March 2011 08:18  

baru dengar nih , kata pekak untuk sejenis bunga..

wah ternyata banyak juga ya khasiat nya ,, thanks ya :)

moenas 29 March 2011 12:18  

wkwkwk pakai bahasa jawa, daku tak ngarti mbk xoxo

hanya 29 March 2011 12:19  

tuh emben neh postingannya bukannya tentang resep masakan ^^

narti 29 March 2011 19:09  

@ Upex, iya.
@ Ajeng Sari Rahayu, iya mba, buat bumbu sop juga enak. Itulah enaknya kalau belanja ke pasar, kita tinggal bilang mau beli bumbu apa, penjual yang meracik bumbunya dengan lengkap. Kadang malah ditanya, untuk berapa kilogram daging? oh kalau segitu, bumbunya segini. Hmmm bener2 bikin kangen kampung :)

@ Djangan Pakies, wa'alaikumsalam
Iya, Pak Ies.
@ Daris Firzan, makasih juga.
@ moenas, maaf ya, hehe. Moenas orang mana sih?
@ hanya, ehmm...sering koq posting artikel, bukan resep masakan.

Gaphe 30 March 2011 02:10  

ooh kirain tadinya temennya pekok (tau pekok kan Narti?) hhahaha.. kalo lat bentuknya sih Bunda juga punya dirumah, cuman ngga ngerti itu namanya kembang apaan.. buat masaak aja katanya. nambah aroma, mirip kayu manis.

embuhlah, gak terlalu donk sama urusan dapur. hehehe

Nova Miladyarti 30 March 2011 07:13  

oh pekak itu bunga lawang yah mbak? kami biasa bilangnya bunga lawang aja, baru tau kalau namanya juga pekak, dan ini banyak di dapur saya,hehhe

Geafry Necolsen 30 March 2011 07:23  

memang bentuknya kayak bunga ya mbak.. ga kayak buah, mungkin itu sebabnya di sebut bunga lawang.

tapi aku belum penah nemu pekak ini.
baru liat disini, kalau rasanya pedas wangi mungkin kayak cengkeh ya mbak?

Elsa 30 March 2011 11:47  

pernah lihat.
cuma gak tau namanya,
baru tau setelah baca postingan ini.

belom pernah masak pake ini juga
jadi pingin tau aromanya Mbak..

oh ya Mbak,
temanku akhir mei ini pindah kerja ke Qatar. itulah kenapa aku tanya Mbak Narti tinggal di qatar sebelah mana... kota apa gitu??? kali aja Qatar ada bagian bagiannya, kayak propinsi/distrik gitu....

i-one 30 March 2011 17:48  

baru tau mbak,sebelumnya gak pernah liat...maklum gak pernah masak,hehe..tadi pas lihat postingan kirain bentuk kue,hehe

fizer0 30 March 2011 18:28  

kok saya baru tahu ya,,:D

nice inponya....

ash 31 March 2011 05:55  

eh, baru denger. pekak ya..
hmm, makasih infonya mbak :)

r10 1 April 2011 15:05  

pekak bentuk bunga eh buah yg aneh.... kaya bintang

catatan kecilku 1 April 2011 19:00  

kok aku masih asing dg pekak ya mbak...

radhityanotes 2 April 2011 18:56  

iya mbak...
di rumahku banyak pekak...,
biasanya pake ngelawar ama buat B**i kecap... ,

tambah kas aromanya... hehehehehhehe

Saif Tips Komputer 4 April 2011 15:53  

So, tunggu apa lagi. Jika semua udah tahu Pekak punya khasiat? Simpan di memory kita, sebarkan ke teman-teman yang butuh :-) pasti ilmu kita manfaat. Amin. Makasih mbak Narti ilmunya

Ferdinand 4 April 2011 17:26  

Ass. Mbak.. Met Malemmmmm :P *eh disana mah gak tau deh udah malem apa blum hhe...

Wah kangen euy udah lama gak mampir disini hhe.. :P maaf baru bisa nongol lagi Mbak...

Hem... kayanya aku pernah liat nie ada sayur yg ibuku make begituan tapi aku sumpah ndak tau itu namanya apa hhe... :P kayanya klo mbak ndak posting aku tetep gak akan tau tuh soal'e ra gelem nanya2 juga ke Ibu hhe... :P

suwun penjelasannya Mbak...

Semangat Terus :P

sarijeruk 17 June 2011 14:39  

Mbak baru liat postingannya. Hehehhehhe jadi inget belajar bikin kari dengan ibu tercinta. Disuruh gerus bunga lawang sampai halus.... Untuk nemanin bumbu lainnya

Anonymous,  6 October 2012 20:32  

mbak pohan bunga pekak gimana gambarnya mkc

narti 14 October 2012 07:28  

@ anonymous,
gambar pohon pekak atau pohon bunga lawang silakan lihat disini.

M.S.Rosa,  2 November 2012 17:34  

matur nuwun sanget kagem infonya :)
terus terang saya baru tau kemarin di Indomaret, karena bentuknya lucu dan baunya enak saya beli tanpa tau kegunaannya,sampai rumah saya emut lha kog enak,isis..saya buat jus apel saya tambahin pekak lha kog tambah uinak !

Aris 1 December 2012 23:11  

wah baru tau nih pekak itu apa -,-

huam 1 December 2012 23:11  

infonya menarik bang! thx

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP