Resep Tumis Pare

>> Sunday, December 05, 2010

Anda berpikir kalau pare itu pahit untuk dimakan? Pasti banyak yang menjawab iya...
Tapi yang ini parenya beda loh...dan menurutku tidak pahit. Pare yang ini kulitnya halus (bukan 'pare pruntus'), ukuran buahnya juga lebih panjang dari pare biasa. Biasanya disebut pare ular atau pare belut.

Ketika sedang berbelanja disini, kadang ketemu teman. Dan mereka heran melihat aku mengambil sayuran/buah pare ini. Mereka bertanya: "Dimasak apa itu"? Aku jawab:" di tumis saja, ini buah pare tapi malah tidak pahit".
Kita memang dituntut harus kreatif, dengan sayuran yang tersedia. Ibu-ibu sering dibuat bingung, masak apa ya? sayuran itu-itu saja.
Resep aku share disini, mungkin ada yang membutuhkan.

Resep tumis pare ular


Bahan:
- buah pare, secukupnya, kerik kulit luarnya untuk menghilangkan kulit ari berwarna putih yang agak kasar. Belah memanjang, buang bijinya, iris tipis, beri garam, remas-remas, cuci bersih, tiriskan.
- ebi, secukupnya, rendam air sebentar

Bumbu:
- bawang merah (bawang bombay juga boleh), iris tipis
- bawang putih, iris tipis
- cabe merah, iris serong
- tomat merah, iris kecil
- sedikit air
- garam
- kaldu bubuk
- minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Tumis bumbu hingga harum, masukkan ebi, aduk rata.
2. Masukkan pare, aduk-aduk. Kalau berair, air tidak perlu ditambahkan.
3. Tambahkan bumbu lainnya, masak hingga matang.
4. Angkat, siap disajikan.

Resep tumis pare pruntus
(pare yang ini agak pahit)


Bahan:
pare 4 buah, kira-kira 1/2 kg
belah 2, buang bijinya, iris kecil-kecil, beri sedikit garam, uleni hingga keluar airnya, cuci bersih, tiriskan.

Bumbu:
sama seperti di atas.

Cara memasaknya juga sama.

Gambar pare ular dan pare pruntus bisa Anda lihat disini.
Semoga bermanfaat!

Share to your friends:

33 comments:

Media Online News 5 December 2010 at 06:50  

aku gak suka pare mbak.... :-(

admin 5 December 2010 at 07:37  

Pare???wah sayabelum pernah makan mbak...jadi belum tahu pahit ato gaknya...

indrahuazu 5 December 2010 at 07:52  

pahit ato gak, tetep gak doyan pare..hehe

Yunna 5 December 2010 at 11:12  

suka banget pare.... tapi gak tau gimana masaknya.....
sekrang jadi tahu deh...

fb 5 December 2010 at 12:28  

Kalo pare enggak pahit enggak berasa parenya dong Mbak..

Ferdinand 5 December 2010 at 16:04  

Walah tumis pare hhe.... sebenernya Ibuku yo ra pahit Mbak klo masak Tumis Pare, cuma gak tau kenapa aku dari kecil emank gak suka sama Sayur satu ini hhe.... mending tumis kangkung ae lah hhe....

Semangat N happy sunday Mbak.. maaf nie telat hhe.. :P

Ajeng Sari Rahayu 6 December 2010 at 04:00  

Ndak suka pare aku mbak...

Pare ular tu apa ada di pasaran ya mbak?kog jarang banget liat.. yang paling sering di jual itu lho..jenis pare no.2 ^^

catatan kecilku 6 December 2010 at 04:35  

Aduh sayang sekali... aku kurang suka pare mbak... hehehe.
Mudah ya mendapatkan pare di tempat mbak Narti tinggal?

the others 6 December 2010 at 04:35  

Aku jadi pengen pinter masak spt mbak Narti deh... :)

nuranuraniku.blogspot.com 6 December 2010 at 07:03  

salam sobat
sip mba, tumis parenya
walaupun pahit saya juga suka.
trims resepnya.

Djangan Pakies 6 December 2010 at 08:21  

Assalamu'alaikum Ning Narti,
baru tahu nih kalo ada pare ndak pahit, soalnya ibuke anak-anak kalo masak pare tumis plus ikan teri pasti ada sedikit pahitnya, tapi justru saya sangat menyukainya. Apalagi penyajiannya dengan penuh cinta hhhhhh

narti 6 December 2010 at 09:56  

@ Ajeng SR, pare ular biasanya ada di pasar tradisional di Indonesia.
Mungkin beda daerah beda namanya mba.

@ catatan kecilku, pare banyak mba disini.

@ the others, aku juga masih belajar memasak koq mba.

@ Djangan Pakies, wa'alaikumsalam.
hmmm....penuh cinta...bumbu yang tiada dijual dipasaran...hehe...

Unknown 6 December 2010 at 10:24  

salam sahabat
sangat cocok sekali mengingat saya tumis oare ini snagat suka bengat makasih yach,akan saya praktekkan

windflowers 6 December 2010 at 11:53  

wah..nikmat ni mba tumis pare..apalagi kl pake udang..sip banget deh rasanya...:)

Rizkyzone 6 December 2010 at 18:22  

wah mb' aq paling ant sama nih sayur pare. pahit bgt rasanya, oy u/ softwarenya aan secepatnya sayakrim in mash proses upload

Teras Info 7 December 2010 at 05:02  

Terimakasih banyak atas resepnya...
meskipun pare itu rasanya agak pahit, tapi kalau udah jadi kaya gini...wah...mantabs deh....he..he..

Anton Wijaya 7 December 2010 at 14:12  

Pare ini pahit mbak, saya kurang suka, mungkin dengan resep mbak ini berbeda.

Liz 7 December 2010 at 16:03  

Liz memang suka makan pare..sedap kalu sama udang kering buat sambal pare juga enak...pare bagus utk kesihatan makanya yang pahit itu khasiatnya banyak

tfd 7 December 2010 at 17:50  

pertama makan pare dikasih temen, campur teri medan and ga pahit...sampai nagih,,,lihat ini lagi ngiler....^^

choirul 8 December 2010 at 08:20  

yang pahit aja aku suka, apalagi kalo yang g pahit... seger tuh......

penghuni60 8 December 2010 at 12:22  

Wah, kesukaanku tuh, tumis pare, hmmm...yummy

Ferdinand 8 December 2010 at 13:26  

Diluat pembahasan aku mau nanya nie Mbak.... disana tuh ada Daun Gingseng apa gak? klo ada dan pernah makan aku mau tanya selain buat masak Mie dan di oseng enaknya diapain lagi tuh? klo disini kebetulan jarang yg tau daun itu bisa dimakan hhe....

Semangat N happy blogging :P

indotop 8 December 2010 at 17:13  

Kalo pare di siomay enak juga

safru 9 December 2010 at 14:12  

Buat aku pare itu pahit mbak, tapi sebenarnya besar manfaatnya tapi kalo g suka gimana lagi???

volverhank 9 December 2010 at 15:51  

Aaaah aku ga suka pare :(

Jimox 10 December 2010 at 06:12  

mbak.... apa kabar? masih ingat kan?
maaf lama nggak ngeblog, jadi jarang mampir. ni barusan mulai ngurusi blog lagi mbak. langsung mampir kesini buat sarapan dulu. hehe...

blog saya sekarang pindah di http://www.jimox.asia mbak. yang jimox.net di serobot orang. kalau gak keberatan link disamping diganti ya mbak? jimox.net sekarang mengarah ke situs periklanan. terimakasih... :)

Jimox 10 December 2010 at 06:13  

hmmm... secara pribadi saya kurang suka pare mbak. tapi gak tau juga kalau yang masak sampean.hehe...

o ya, pare tu juga nama sebuah daerah di kabupaten kediri mbak. hehe... met aktifitas ya mbak :)

Annur Shah 10 December 2010 at 13:15  

HMMMM.... Nyummi enak Noh parenya saya juga suka makna pare,.,,,,

boleh dicoba resepnya tks sangT mebntu nieh

Shudai Ajlani 10 December 2010 at 16:21  

pare ? aku enggak suka pareeeee :|
parenya bisa jadi manis gag ? kalo bisa aku mau :)

narti 12 December 2010 at 14:36  

@ Rizky, makasih Riz.
@ Ferdinand, daun gingseng? belum pernah nemu :(

febriosw 13 December 2010 at 19:31  

Aduh,,, sy hobi banget pare ditumis. Apalagi seperti yang ular itu. Istri sy besok sy wajibkan bisa bikin ah. Jadi lapar.

xamthone plus 2 June 2011 at 06:02  

hmm.. pare kan pahit mabk...
gimana cranya biar ga pahit nih?

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP