Tongcai

>> Tuesday, November 30, 2010


Tongcai adalah sayuran yang diasinkan, yang biasanya terbuat dari lobak. Lobak diiris tipis, diberi garam, dan disimpan beberapa lama. Proses pembuatannya sendiri aku kurang mengerti. Teman-teman blogger ada yang tahu cara pembuatan Tongcai?
Tongcai ini digunakan untuk taburan pada bubur atau hidangan mie.
Di Indonesia tongcai ini biasanya dijual di pasar tradisional, disini aku belum pernah nemu :)

Orang yang sudah tua, mungkin akan mengira tongcai ini adalah bawang goreng, karena bentuknya sekilas juga mirip, fungsinya juga sama untuk taburan masakan yang siap dihidangkan.
"Bawang goreng koq seperti ini," keluh nenek saya waktu itu.
Mungkin saat itu yang nenek beli dari pasar adalah Tongcai, tapi berhubung saya saat itu masih kecil, saya tidak tahu kalau itu tongcai, di kemasannya juga tidak ada namanya.

Sekarang masih adakah penjual Tongcai ini?

Share to your friends:

34 comments:

Ferdinand 30 November 2010 at 05:27  

Wah tongcai.. aku juga suka nie... tapi kebetulan gak tau cara bikinnya.. biasanya kan si Mbak yg share cara bikinnnya hho...... kayanya orang Chines tau tujh mbak.. namanya aja tongcai ...

aaSlamDunk 30 November 2010 at 06:37  

aku malah bayangannya bukan bawang goreng mba
tapi jamur yang dikasi bumbu
sama sama buat lalapan dan asin asin gitu

fb 30 November 2010 at 06:42  

Belum pernah nyobain makanan itu..

Fir'aun NgebLoG 30 November 2010 at 07:37  

pasti enak tuch...!

tongcai dicampur capcay lebih enak lagi dech :D hehehe

Liz 30 November 2010 at 09:15  

Liz tak tahu narti..liz pun juga kepingin tahu gmana bikin lobak asin....liz amat gemar makan tongcai bersama sup atau maggi ayam

narti 30 November 2010 at 15:49  

@ Ferdinand, berhubung Anda yang pinter bahasa mandarin dan kebetulan tinggal di Jakarta yang notabene banyak orang China, bagaimana kalau Anda yang bertanya resepnya pada mereka? nanti share lagi disini. Tu mba Liz dari negara tetangga juga pengen tahu cara buat tongcai. Narti tunggu ya :)
(aku bercanda, tapi dicarikan resepnya beneran, terima kasih banyak)

@ aaSlamDunk, kalau jamur nanti rugi dong, kan jamurnya sendiri udah mahal...

@ liz, mba Liz juga tidak mengerti cara buatnya yah? :(

mamah Aline 30 November 2010 at 17:19  

kalo pakai tongcai agak agak seegr gitu makannya, tapi saya juga jarang nemu mbak...

Media Online News 30 November 2010 at 18:35  

aku belum pernah makan tongcai mbak....

Bunglon Blog Indonesia 30 November 2010 at 19:04  

wee udah lama banget mbak g makan tongcai, cukup praktis y mbak cara membuatnya..simple

k.o.s/Komunitas Online Sragen 1 December 2010 at 02:03  

waduh..saya kok belum pernah melihat apa itu tongcay...kalau capjay..pernah makan heheh

Ajeng Sari Rahayu (Dii Ajeng Kellin) 1 December 2010 at 04:17  

Nanti saya tanyakan Bunda ya mbak..sapa tahu Beliau ngerti tongcai yang mbak maksud ini..dari lobak ya??lobak itu yang mn ya??mikir*

Tutorial Blog 1 December 2010 at 04:25  

waduh, baru denger nama makanan ini,,,baru liat juga bentuknya seperti itu, hmmm,,,kayaknya udah ga ada deh yang jual tongcai ini,coz saya belum pernah lihat, hihi :)

Djangan Pakies 1 December 2010 at 06:47  

Bener tongcai kayaknya banyak dijual di pasar tradisional. Ibunya anak-anak pernah beli, rasanya asiinn

Desy 1 December 2010 at 07:29  

salam sahabat
salam kenal kawan
sekalian izin follow ya
terima kasih

Tip Trik Blogger 1 December 2010 at 07:30  

kelihatannya enak juga kawan

volver 1 December 2010 at 07:31  

aduh saya gak pernah paham ama kayak ginian, kalo uda jadi makanan baru paham deh ya hahah nyama

Dhana/戴安娜 1 December 2010 at 07:40  

salam sahabat
kalau saya tongcai ini buat mask ikan dicacah lalu dicampur jamur cina lalau di kasih tepung dan dimasak dengan tahu enak sisi hehehe

Andi Wong 1 December 2010 at 11:47  

bikin laper aj nih gan... jadinya kpengen makan lagi abis liat nih tongcai.. enk jg sbg penganti ikan asin kayaknya.. :D

dah FOLLOW ats nm WONG.. NGANTIAN DONG ;)

rezKY p-RA-tama 1 December 2010 at 12:21  

kok kayak daging ayam yang di suar suir ya?

sisi lain Dwi 1 December 2010 at 18:00  

aku koq ga ngeh.. dengan tongcai ya (ga kenal maksudnya).

emang lagi tinggal dimana mbak?

Anton Wijaya 1 December 2010 at 19:21  

wah tongcai baru tau ini mbak,sepertinya enak banget

r10 2 December 2010 at 08:24  

tahunya kalo makan mie itu sama kerupuk bakwan :D

Rizky2009 3 December 2010 at 07:58  

tongcai ini aq malah baru tahu dari sini mb' ok deh kapan aq akan minta bunda buat masakinnya

Info Harga 3 December 2010 at 15:36  

wah belum pernah rasain juga nih tongcai.. :D

Masjid Kita 4 December 2010 at 00:50  

i do realy like tongcai :)

kakara 7 December 2010 at 14:49  

baru kenal nih Tongcai..
tapi kebayang rasanya pasti asin, karena ditaburi garam..
TFS

NURA 8 December 2010 at 07:20  

salam sobat
saya belum pernah mencicipi tongcai,
ternyata sayuran yg diasinkan.
jadi tahu karena post mba ini.

Catatan Cahaya 10 December 2010 at 13:13  

WAh teLAt mmapir nieh ehhehe
Enak kayKnya yah? hmm penasaran beli di Tegal ada gak yah?

Spices Manufacturer Jaipur 14 December 2010 at 14:12  

Wow, nice post.. I was looking for same content. Indian Spices do great and make meal delicious.

Sapna
+ 91 982961228

www.spicespulses.com/index.php
Email spicespulses2gmail.com

ana rohana,  28 January 2012 at 11:24  

setau saya tongcai ,ga jauh dari caipo .lobak diiris tipis terus diremas dengan garam sd juicy gitu terus diangin anginkan gtu.

bunda fitri 16 July 2013 at 07:48  

Waaahh,,aku baru tau tongcai itu dr lobak....dibayanganku,aku kira tongcai itu sejenis sayuran :s
buat pempek,katanya lebih enak klo cukanya dikasi tongcai,,tp aku gak pernah nyoba,org gak tau tongcai itu apa...hmmmmppp...

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP