Macam-macam Alat Ukur Untuk Memasak

>> Friday, January 27, 2012

Ketika mau memasak (biasanya saat mau membuat kue) kita tentu saja memerlukan alar ukur. Alat ukur kita gunakan agar takaran bisa sesuai resep, dan tentu akan berpengaruh pada hasil akhir nantinya. Dengan alat ukur ini, bahan-bahan yang kita perlukan bisa diukur dengan pas.
Alat ukur apa saja yang sering kita gunakan saat memasak? Berikut ini beberapa macam alat ukur untuk memasak beserta gambarnya (biar lebih jelas dan ada gambaran). Apalagi bila Anda berminat membeli, sekarang sudah ada gambaran bentuknya yang seperti ini, gitu kan? hehe...
Beberapa alat ukur yang sudah canggih di bawah ini, narti juga belum punya tuh...


Gelas Ukur

Biasanya terbuat dari bahan akrilik, plastik, atau gelas tahan panas. Digunakan untuk mengukur bahan cair seperti susu cair, air, santan, minyak, dan bahan cair lain.
Untuk gelas ukur, satuan yang digunakan adalah ml atau cc.







Sendok Ukur


Disarankan memakai sendok ukur berbahan stainless steel . Karena, sendok ukur ini digunakan untuk mengukur bahan makanan kering dan cair dalam jumlah kecil, seperti garam, madu, minyak, tepung, dan lain-lain. Jika memakai sendok ukur dari plastik, sisa bahan lain yang digunakan masih menempel.
Biasanya sendok ukur dijual dalam satu set berisi 4 ukuran, yaitu 1 tablespoon /15 ml, 1 teaspoon /5 ml, ½  teaspoon /2 ml dan ¼ teaspoon /1 ml.



Timbangan


Terdapat dua macam timbangan yaitu timbangan konvensional dan timbangan digital.

- Timbangan konvensial biasanya digunakan untuk menimbang dalam jumlah agak banyak, misalnya 300 gram tepung. Tetapi timbangan ini tidak dapat digunakan untuk menimbang bahan makanan dalam jumlah yang sedikit, seperti 10 gram karena hasilnya tidak akan akurat. Kelemahan timbangan ini kadang ukurannya tidak stabil.


- Timbangan digital hasilnya akan sangat akurat, bahkan untuk takaran 1 gram dan tentu saja lebih stabil.







- Sendok ukur digital
Misalnya kita hanya ingin menimbang dalam jumlah kecil (dalam ukuran gram saja), kita bisa juga menggunakan alat seperti di samping ini, sendok ukur digital.
Misalnya ingin menimbang ragi 6 gram. Atau bahan memasak lainnya dengan ukuran yang lebih kecil.




Cangkir Ukur


Cangkir ukur banyak dijual dari bahan stainless steel , plastik maupun gelas. Cara menggunakannya sama saja dengan alat ukur yang lain, akan tetapi setelah bahan makanan dimasukkan, ratakan permukaannya dengan pisau atau alat rata yang lain.
Digunakan untuk menakar bahan makanan kering, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Dalam satu set cangkir ukur tersedia 4 ukuran, yaitu ¼ cup (60 ml), 1/3 cup (80 ml), ½ cup (125 ml) dan 1 cup (250 ml).



Baca juga:
Ukuran Metrik Standar (Konversi bahan dalam memasak)

Share to your friends:

2 comments:

windflowers 27 January 2012 08:17  

hehehe..biasanya kl masak cm pake alat ukur kira2 aja mba, memang, rasanya jd ga spt yg diharapkan.. :D

Ario Antoko 27 January 2012 15:00  

aku baru tahu sendok ukur digital, di masterchef ga pernah lihat :D

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP