Pasta | Bentuk-bentuk Pasta

>> Thursday, November 24, 2011

Pasta adalah makanan tradisional Italia. Aslinya, pasta terbuat dari durum, atau tepung semolina yang dicampur dengan telur dan air, dibentuk menjadi mi dan dimasak menggunakan bumbu saus sebelum akhirnya dihidangkan untuk disantap.

Namun, di luar yang kita kenal, pasta ternyata banyak variannya. Tak hanya bentuk dan ukuran, pasta juga dipilah berdasar bahan pembuatnya dan rasanya. Juga, ada pasta kering dan basah, alias segar. Pasta segar memerlukan waktu masak yang singkat, namun pasta segar tidak tahan lama disimpan karena memiliki kadar air yang tinggi. Pasta kering bisa tahan lama disimpan hingga 3 tahun atau lebih karena hanya memiliki kandungan air sebanyak 10%.

Semua, punya keunggulan masing-masing. Jika pasta kering lebih tahan lama, pasta basah atau segar lebih enak rasanya.

GAMBAR PASTA




Pastanya cantik-cantik ya?

MACAM-MACAM PASTA DIBEDAKAN BERDASARKAN:

1. Ukuran

Ada ratusan ukuran dan bentuk pasta. Ada yang berbentuk panjang seperti yang jamak kita kenal, atau berbentuk makaroni, hingga seukuran beras. Beberapa jenis pasta juga diberi nama berdasar bentuknya. Pasta linguine, misalnya, merujuk pada bentuknya yang mirip lidah tapi kecil ukurannya; ouscous, adalah pasta yang dibuat mirip kita membuat cendol; dan gnocchi yaitu pasta yang terbuat dari kentang.

2. Rasa

Pasta juga dipilah berdasar varian warna dan rasa.
Yang paling terkenal adalah
- pasta Hitam (pasta Nera) diwarnai dengan cumi atau tinta cumi-cumi, yang mengubahnya hitam.
- pasta Hijau (pasta verde) diwarnai dengan bayam.
- pasta Ungu (pasta biola) diwarnai dengan tomat atau bit.
- pasta Merah (pasta rossa) diwarnai dengan wortel.
- pasta Orange (pasta arancione) diwarnai dengan berbagai varietas labu dan labu kuning.

Ada juga pasta yang dibuat dengan mencampurkan jalapeno, paprika hijau khas Meksiko hingga pasta jamur.

3. Pasta non-terigu

Pasta ini khusus diciptakan bagi mereka yang alergi pada gluten, bahan yang ada pada terigu. Pasta buckwheat adalah pasta yang bebas gluten. Ada juga pasta yang terbuat dari beras dan bahan non-terigu lainnya.

4. Pasta sehat

Karena terbuat dari terigu, maka pasta umumnya mengandung karbohidrat dan memiliki indeks glikemik yang tinggi. Kini, produsen pasta membuat varian yang mereka sebut lebih menyehatkan, terbuat dari gandum utuh sehingga lebih kaya serat dan mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

5. Pasta diperkaya

Pasta, kendati nantinya disajikan dengan saus dan biasanya ditambah potongan daging dan keju mezarella, banyak yang diperkaya. Caranya, dalam adonannya ditambahkan keju, herbal, atau bahan-bahan klasik Italia lainnya. Di Italia dikenal ada pasta Agnolotti, yaitu pasta yang diperkaya dengan bahan yang disebut  mezzaluna.


NAMA-NAMA PASTA BERDASARKAN BENTUKNYA

Berikut ini beberapa nama pasta, diantaranya adalah:

Ravioli
Ravioli adalah pasta yang bentuknya mirip pastel. Terdiri dari dua lembaran pasta yang dalamnya bisa diisi. Isinya pun bisa macam-macam, dari daging sapi, ayam, jamur, keju, hingga olahan seafood.

Lasagna
Lasagna adalah pasta yang berbentuk lembaran-lembaran yang diberi isi dan disusun-susun. Umumnya, lasagna memiliki tujuh lapis. Lasagna biasanya diisi dengan daging sapi cincang dan keju mozarella.

Fettucini
Fettucini adalah pasta yang bentuknya seperti mie gepeng, namun agak tebal. Fetuccini yang paling terkenal adalah Fettucini Alfredo, yaitu fettucini yang dicampur dengan saus dan ditambah dengan udang.

Gnocchi
Gnocchi merupakan pasta olahan yang terbuat dari kentang. Kentang rebus yang telah dihancurkan dibuat sebagai bahan pencampur terigu. Gnocchi umumnya disajikan dengan saus tomat.

Tortelloni
Pasta yang satu ini bentuknya menyerupai pangsit isi. Umumnya, tortelloni diisi dengan keju ricotta dan daun-daunan seperti bayam. Sama seperti pasta pada umumnya, penyajian tortelloni biasanya disiram dengan saus tomat.

Orecchiette
Pasta berukuran kecil berbentuk lingkaran gepeng seperti disc. Umumnya, berdiameter dua senti. Orecchiette umumnya dipadukan dengan saus sayuran. Bisa ditambahkan polong-polongan dan jamur.

Cannelloni
Cannelloni adalah pasta berukuran kecil seperti makaroni. Namun, bentuk cannelloni menyerupai pipa kecil. Biasanya disajikan dengan saus tomat kemudian dipanggang.

Cavatelli
Cavatelli merupakan pasta berbentuk seperti kerang berukuran kecil.  Umumnya, cavatelli diolah dengan campuran sayuran seperti brokoli dan tomat. Bisa juga ditambahkan polong-polongan.

Capellini
Jika sudah familiar dengan spaghetti, maka capellini adalah bentuk pasta seperti spaghetti namun berukuran sangat tipis seperti rambut. Karena teksturnya yang sangat lembut, maka diberi nama rambut malaikat. Pasta ini disajikan dengan saus yang ringan seperti minyak zaitun atau keju.

Farfalle
Farfalle memiliki bentuk unik seperti dasi kupu-kupu pada tuxedo pria. Pasta ini biasa digunakan untuk campuran salad. Bisa juga diolah dengan saus ringan seperti minyak zaitun, keju, dan mentega.

Apakah itu sudah disebutkan semua? belum. Karena di Italia terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk yang baru.
Macam-macam atau bentuk-bentuk pasta beserta nama dan gambarnya bisa Anda lihat disini.

Semoga bermanfaat!

Artikel lainnya:
Mengenal Keju, Yuk!
Mengenal ragi dan fungsinya

Share to your friends:

9 comments:

Sadako Kenzhi 25 November 2011 at 12:09  

kalau saya nyebutnya itu makaroni bukan pasta mbak, ndeso ya >.<

ketty husnia 25 November 2011 at 15:13  

mbak Narti..koq komplit banget sih??
mbak narti ni emang hobi masak deh :)

fb 26 November 2011 at 11:57  

Yang paling enak pasta yang kayak gimana ya?..

Gaphe 26 November 2011 at 16:37  

nah kalo pasta, yang bentuk-bentuk mie saya suka. tapi kalo bentuknya yang kecil-kecil gitu saya sukanya yang udah dalam bentuk sop

rusydi hikmawan 27 November 2011 at 02:42  

pasta oh pasta... pengen banget bisa menikmatimu.. tunggu aku di ujung mimpi biru..

Ferdinand 27 November 2011 at 05:37  

Beneran Mbak, pas baca judulnya yg ada diotakku tuh saos pasta yg buat spagheti haha.. eh ternyata makaroni tuh sebutan gaulnya pasta tah? *dasar Ndeso haha...

berarti yg model mie sama lidi digambar itu pasta juga tah? parah-parah haha... sering makan kok gak pernah tau namanya :)

udah ah aku pamit aja, dari pada malu2in wkwkwkk...

sovia haryati 21 December 2011 at 16:23  

mbak bagus banget, aku suka pasta kalo ke gerai pizza aku selalu pesen pasta.... izin copy ke blog ku boleh gak mbak????please... tks before !!!!!

tintin2806 27 December 2012 at 14:34  

Keuntungan kerja di restoran italy, jadi pernah cobain banyak jenis pasta... :) Alhamdulillah..

fatin 16 October 2013 at 17:40  

Ada yg kurang mbak, PENNE belom disebut hihi, seingat saya ada tuh....
Blog nya keren banget .... Two thumbs up

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP