Resep tradisioanal: tumpeng putih lengkap dengan lauk pauk dan cara membuatnya

>> Tuesday, August 16, 2011

Tumpeng putih lengkap dengan lauk dan cara membuatnya, tumpeng putih komplit, gambar tumpeng putih komplit, tumpeng yang rapi, menyusun lauk tumpeng, referensi membuat tumpeng.

1. Tumpeng Putih
Nasinya nasi uduk
gambar tumpeng putih lengkap dengan lauknya

2. Urap Sayuran
Narti said: untuk resepnya menggunakan resep punya Anda juga gakpapa, tapi perhatikan cara menata lauk pauk atau cara menata urap ini sebagai pendamping tumpeng, kalau rapi dilihat juga enak kan?


Resep urap sayuran (bahan dan cara memasaknya) sebagai berikut:
Bahan:
10 lonjor kacang panjang, potong-potong 4 cm
250 gr wortel, iris halus
250 gr taoge, buang ekornya
250 gr kol, iris halus
250 gr kangkung, petik daunnya
1 bh kelapa setengah tua, kupas kulit, parut panjang
daun pisang

Bumbu:
5 bh cabai merah besar
3 bh cabai merah keriting
3 siung bawang putih
4 bh bawang merah
1 sdm garam
100 gr gula merah
3 cm kencur
3 lbr daun jeruk, iris halus

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, cabai keriting, bawang putih, bawang merah, garam, gula merah, dan kencur.
2. Campur kelapa parut dengan bumbu yang dihaluskan dan irisan daun jeruk, aduk rata, bagi menjadi 2 - 3 bagian.
3. Bungkus tiap bagian dengan daun pisang, sematkan lalu kukus sampai matang.
4. Rebus masing-masing sayuran secara terpisah sampai matang, angkat dan tiriskan.
3. Campur sayuran dengan bumbu urap, atau bisa juga tiap sayuran dicampur terpisah dengan bumbu urap.

3. Sayur Kluwih
Narti said: Disini gak ada kluwih, adanya cuma sukun,  :'(   (jadi kangen kampung)

Resep sayur kluwih (bahan dan cara memasaknya) sebagai berikut:
Bahan:
2 bh kluwih, kupas, potong kecil
500 ml santan encer
400 ml santan kental
3 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdt garam
7 bh cabai hijau, iris serong halus
200 gr daun melinjo

Haluskan:
5 bh bawang merah
2 siung bawang putih
3 btr kemiri
1/2 sdt ketumbar sangrai

Cara membuat:
1. Rebus kluwih dengan santan encer bersama bumbu halus, garam, daun salam, dan lengkuas, masak sampai matang dan santan tinggal sedikit.
2. Tambahkan santan kental sambil sekali-sekali diaduk.
3. Masukkan irisan cabai hijau, masak sampai cabai matang. Terakhir masukkan daun melinjo, aduk-aduk sebentar, angkat.

4. Tahu Tempe Bacem
Narti said: tahu tempe bacem yang ini lebih enak daripada resep dari narti disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/2010/08/tahu-dan-tempe-bacem.html

Ada yang tahu kenapa? bumbunya lebih komplit Mbak. Iya bener. Satu lagi karena apa?

Resep tahu dan tempe bacem (bahan dan cara memasak tahu tempe bacem) sebagai berikut:

Bahan:
10 bh tahu putih ukuran kecil
500 gr tempe, potong sesuai ukuran tahu
200 gr gula merah, iris halus
3 lbr daun salam
1 sdt asam
700 ml air kelapa

Haluskan:
1 sdt ketumbar sangrai
5 bh bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm lengkuas
1 sdm garam

Cara membuat:
1. Taruh dalam wajan bumbu halus, tahu, tempe, gula merah, daun salam asam, dan air kelapa.
2. Jerangkan di atas kompor, masak sampai mendidih lalu kecilkan api.
Masak sambil sekali-sekali diaduk agar bumbu tercampur rata dan air habis, angkat dan sisihkan.
3. Goreng tahu dan tempe dalam minyak panas sebentar saja, angkat dan tiriskan.

5. Ikan Asin Petek Goreng Tepung
( without image )
Bahan:
250 gr ikan asin petek, cuci bersih
100 gr tepung beras
1 sdm tepung sagu
150 ml air
3 lbr daun jeruk purut, buang tulang daun, iris halus
minyak goreng

Haluskan:
1 sdt ketumbar
4 btr kemiri
2 siung bawang putih

Cara membuat:
1. Campur jadi satu tepung beras, tepung sagu, dan bumbu yang dihaluskan. Tuangi air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata, masukkan irisan daun jeruk, aduk rata.
2. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, celupkan ikan petek satu per satu ke dalam adonan tepung, langsung masukkan ke dalam minyak goreng.
3. Masukkan ikan petek secukupnya ke dalam minyak goreng, goreng sampai matang dan kering. Angkat dan tiriskan.

6. Sambal Goreng Hati Ampela

Resep sambal goreng hati ampela (bahan dan cara memasak sambal goreng hati ampela) sebagai berikut:
Bahan:
15 bh hati ayam,
15 bh ampela ayam
2 siung bawang putih
4 bh cabai merah
350 ml santan
3 bh cabai merah, iris halus
5 bh bawang merah, iris halus
1 bh tomat, potong-potong
1 papan petai, potong-potong
1 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/4 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1/2 asam

Cara membuat:
1. Rebus hati dan ampela ayam sampai matang dan empuk, angkat lalu potong-potong, sisihkan.
2. Haluskan bawang putih dan cabai merah, tumis sampai harum. Masukkan cabai merah iris, bawang merah iris, tomat, petai, daun salam, dan lengkuas, aduk-aduk sampai layu.
3. Masukkan hati ayam, ampela, dan santan, aduk-aduk, tambahkan garam, gula pasir, dan asam. Masak sampai bumbu meresap dan kuah mengental, angkat.

7. Ayam Panggang Bumbu Rujak

Resep ayam panggang bumbu rujak (bahan dan cara memasak ayam panggang bumbu rujak) sebagai berikut:
Bahan:
1 ekor ayam, potong 8 bagian
3 sdm minyak goreng
2 lbr daun salam
2 btg serai, memarkan
250 ml santan kental
250 ml santan encer

Haluskan:
8 bh cabai merah
6 bh bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm lengkuas
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
1/2 sdt asam jawa
3 btr kemiri

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum. Masukkan daun salam dan serai, masak sampai matang.
2. Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna. Tuang santan encer, masak sampai ayam setengah matang, masukkan santan kental, masak sampai kuah mengental dan berminyak.
3. Angkat lalu panggang di atas bara arang sampai harum.

8. Telur Pindang

Bahan:
10 btr telur
20 lembar daun jambu
100 gr kulit bawang merah, sisa kupasan
10 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lt air
1 sdm garam

Cara membuat telor pindang:

  •     Cuci bersih telur dari semua kotoran, bila perlu gosok-gosok lembut dengan sabut.
  •     Masukkan telur dan semua bahan dalam panci. Rebus dengan api kecil selama 1 jam.
  •     Tiriskan telur lalu memarkan hingga kulitnya retak-retak. Rebus kembali hingga air terserap dan telur  berubah warna. Angkat. Tiriskan.
  •     Kupas kulit telur. Sajikan.
Tips dan trik memasak telor pindang:
1. Ketika merebus telur, pada saat air mulai panas, aduk-aduk lembut telur di air, balik-balik telur agar kuning telurnya tepat di bagian tengah saat matang. Dengan demikian, ketika telur dikupas, putih telur tidak gampang koyak.
2. Ketika Anda tidak punya kulit bawang merah, ganti saja dengan 5 siung bawang merah, iris tipis.
3. Bila telur pindang akan disajikan lengkap dengan kulitnya, maka kulit tak perlu dimemarkan. Biarkan saja utuh. Rebus telur hingga air susut.
4. Kalau mau telur mudah gempi, simpan saja di kulkas semalaman. Hasilnya telur lebih kenyal/gempi.
5. Karena ini untuk pendamping tumpeng, maka telur pindangnya dikupas. Akan terlihat garis-garis warna merah kecoklatan yang terbentuk dari kulit telor yang retak dan diberi kulit bawang merah.

9. Rempeyek Kacang

Resep rempeyek kacang (bahan dan cara membuat rempeyek kacang) sebagai berikut:
Bahan:
250 gr tepung beras
100 gr tepung sagu (macam-macam tepung baca disini )
1 btr telur
150 gr kacang tanah, belah 2
400 ml santan kental
5 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus
minyak goreng

Haluskan:
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
2 btr kemiri
2 cm kencur
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri, kencur, dan garam, sisihkan.
2. Campur tepung beras, tepung sagu, dan bumbu halus, aduk rata. Masukkan telur, aduk-aduk sambil dituangi santan sedikit-sedikit sampai rata, masukkan irisan daun jeruk, aduk rata, sisihkan.
3. Panaskan minyak dalam wajan, ambil sesendok adonan tepung, taburi irisan kacang tanah, tuang dengan cara mengalirkan di sisi wajan di atas permukaan minyak goreng.
4. Setiap kali menggoreng paling banyak 4 - 5 sendok adonan. Siram-siram rempeyek sampai agak kering dan terlepas, goreng hingga kering kekuningan. Angkat dan tiriskan.

Narti said:
Yang tak kalah penting diperhatikan adalah cara menata lauk pada wadah tumpeng ini. Antara lauk yang satu dengan lainnya berderet, untuk lauk yang sedikit berkuah buatkan wadah dari daun pisang seperti pada sambal goreng hati ampela di atas. Hiasan wadah tumpeng di atas (gambar pertama) juga bagus, sayang gambarnya kecil jadi kurang jelas. Di sudut wadah tumpeng juga diberi Garnish yang cantik.
Photo atau gambar tumpeng di atas jadi terlihat rapi, tampak begitu sempurna. Ada gak sih tumpeng yang cantik dan elegan? Kalau Anda mengutamakan kerapian juga, gambar tumpeng di atas layak jadi referensi.

Sumber: tabloid nova
Semoga bermanfaat!

Share to your friends:

10 comments:

Ely Meyer 16 August 2011 at 08:26  

jadi inget tujuh belasan nih ... ada acara potong tumpeng ....

windflowers 16 August 2011 at 09:08  

wah..lengkap banget ni..asikkk..ada telur pindang yang paling aku suka...hehehe

Belajar Photoshop 16 August 2011 at 10:23  

saiia juga suka rempeyek kacang.. kalu uda kena makan itu pasti gag berenti :(

Ferdinand 16 August 2011 at 11:02  

lah ndalah... jadi keinget 17-an dikampung Mbak haha.... sama klo ada ponakan yang lagi ulang tahun 17 hhe.. :) sayang udah lama aku gak ngeliat Tumpengan disini :) tapi klo aku sih mau bentuknya kaya apapun tetep kumakan, mau gak ada bentuknya pun gpp asal enak haha.. *maruk

Eh kok malah jadi ng'bayangin urap siank2... wes lah aku tak pamit dlu...

Gaphe 16 August 2011 at 15:46  

tumben resepnya buanyak banget nih?.. biasanya kalo nggak satu, dua atau bikin garnish. hehehe.. eh, jeng Narti.. kenapa nggak diikutin lomba tumpeng ngetrilnya pakde cholik?. tinggal taruh gambar tumpeng kaan??..

duh, kangen makan nasi tumpeng nih.. plus sayur kluwih

narti 16 August 2011 at 17:18  

@ Ely Meyer, jarang mudik ya mba?
@ windflowers, suka telor pindang karena enak atau karena memasaknya mudah mba? *peace*
@ Belajar Photoshop, rempeyek kacang yang kriuk kan? kalau udah melempem mesti males :)
@ Ferdinand, hayoo??

@ Gaphe, karena judulnya pakai lengkap jadinya ya panjang :)
Garnish, bentar lagi muncul koq Garnishnya :)
Lama gak ke tempat pakde cholik, masak datang2 mau ikutan lomba? malu ah... tadi kesana cuma gak nulis komen, iya ada lomba disana.

krozbonek 16 August 2011 at 18:43  

wah gambarnya saja kelihatan enak, untung baca pas sudah buka :D

XAMthone plus 17 August 2011 at 04:48  

waduh jadi laper nih mas. kayanya matap sekali tuh kalo di makan sekarang hehe

Agen Xamthone Plus Tangerang 17 August 2011 at 07:00  

wah makasih banyak ni mba dah ngasih reseop-resepnya,karna aku hobi masak,

BaS 17 August 2011 at 15:09  

enaaaaaak
kangen pulang makan tumpeng

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP