Berhati-hatilah!

>> Tuesday, July 12, 2011

Coba perhatikan gambar di bawah ini! Menurut Anda, ini gambar apa?


Mungkin di antara pembaca, kebanyakan akan menebak bahwa itu gambar kurma. Ya, sekilas memang mirip sekali dengan buah kurma.
Tapi, itu bukan kurma loh, itu gambar kurma jadi-jadian. Loh koq kurma jadi-jadian?
Ceritanya, saat browsing, nemu gambar itu. Karena penasaran, aku baca sampai selesai. Dan ternyata, itu bukan kurma tapi hanya 'mirip kurma'. Cuma mirip loh ya...
Kalau dilihat bentuknya memang mirip banget dengan kurma, aku sendiri heran, koq bisa bikinnya. Artikel yang aku baca terbit tahun 2006, udah lama ya? Aku cuma bisa berharap, semoga tidak ada pedagang atau orang yang memakai cara itu, membuat seolah buah kurma padahal aslinya bukan. Lalu dijual ke pasaran dan dibilang kurma.
 

Kalau misalnya hanya untuk seru-seruan aja sih gak papa, misalnya kita coba buat buah 'mirip kurma' ini, lalu diberikan ke teman, "Nih aku kasih kurma". Ngasihnya tentu senyum penuh arti, coz itu bukan kurma. Mulutnya bilang kurma, tapi dalam hati bilang, "Bohong, kamu sudah berbohong, itu bukan kurma tapi kenapa mulutmu bilang bahwa itu adalah kurma". Perang batin dimulai :)
Tapi kalau misalnya dibuat untuk hantaran, diberikan ke eyang sebagai bingkisan, masa ya tega? apalagi kalau sampai di jual, itu sudah kebohongan public.

Aku sendiri tidak tahu, apakah selama kurun waktu tersebut (dari tahun 2006 saat artikel terbit sampai sekarang) adakah orang-orang yang menyalahgunakan artikel itu untuk kepentingan bisnis?
Buah 'mirip kurma' ini dibuat dari buah lain, untuk memberikan rasa manis diberi gula, lalu diolah sedemikian rupa sehingga mirip buah kurma asli.

Menurutku ada beberapa perbedaan antara buah kurma dengan buah 'mirip kurma' ini, diantaranya:
- buah kurma asli ada serat di dalamnya, buah 'mirip kurma' ini tentu tidak ada. Misalnya ada serat, tentu seratnya berbeda dengan serat buah kurma asli.
- buah 'mirip kurma' ini tentu tidak ada bijinya karena memang bukan buah kurma.
- rasa manis dari buah 'mirip kurma' ini tentu berbeda dengan kurma asli, karena rasa manis buah 'mirip kurma' ini berasal dari gula.

Ini hanya opiniku sendiri, dan artikel di atas tidak dimaksudkan untuk menjatuhkan pihak manapun.
Aku kaget, koq ada orang yang bisa menemukan cara membuat buah 'mirip kurma'? Kalau disini, insyaallah tidak ada buah 'mirip kurma' karena pohon kurma sendiri dapat kita jumpai dengan mudah. Lagian apa ada orang disini yang baca artikel tersebut?
Nah kalau di Indo, pohon kurma jarang (eh, bisa tumbuh gak sih? gak bisa ya?), permintaan pasar meningkat (terlebih menjelang bulan puasa seperti sekarang), udah dikasih tahu cara buatnya, apakah tidak dimanfaatkan oleh orang yang berniat buruk?

Aku sih berharap, semoga tidak ada orang yang memanfaatkan artikel tersebut untuk kepentingan bisnis, sehingga kurma yang kita makan (beli di indo) adalah kurma beneran, dan kita mendapatkan manfaatnya. Apa jadinya bila kurma yang kita beli itu ternyata buah 'mirip kurma' yang ternyata rasa manisnya dari gula? berapa jumlah gula yang masuk ke tubuh kita?

Sekali lagi, artikel ini unek-unek pribadi dan tidak ditujukan untuk menjatuhkan pihak manapun. Mungkin ada diantara teman-teman yang pernah membaca artikel tersebut, lalu bagaimana pendapat Anda?

Share to your friends:

18 comments:

Djangan Pakies 12 July 2011 at 08:04  

berarti lebih dari 5 tahun gambar itu melanglang maya (bukan buana).
Kebetulan saya juga jualan kurma (numpang promosi juga ya Mbak), saya beli dari distributor yang Insya Alloh bukan kurma abal-abal.

Bang Pendi 12 July 2011 at 09:50  

wah, jaman sekarang memang mesti lebih hati2 karena sudah berbagai cara dilakukan untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya dengan cara2 curang. bahkan ikan asinpun sekarang bisa dibikin abal-abalnya...

Ndezz Sadja Soedah Coekoep 12 July 2011 at 16:26  

jadi pengen makan buah kurma bukan buah "mirip kurma"...

BaS 12 July 2011 at 17:50  

widiiih......selain kebohongan publik kira kira efek negatifnya apa lagi mba?? ada ga yang berbahaya buat kesehatan??

Blog Keluarga Kesehatan 13 July 2011 at 04:16  

belum pernah si mbak,,, kalo ketemu juga gak bakalan bikin males aja... tetapi mudah-mudahan kurma yang aku beli di pasaran adalah asli... hehehe......

Kang Sugeng 13 July 2011 at 04:49  

wuuaaaaaaah.... jaman makin canggih aja... masa' sih buah kurma bs di palsu juga..

Belajar Photoshop 13 July 2011 at 05:26  

apa gag butuh penelitian khusus tuh?!?!

windflowers 13 July 2011 at 09:51  

wah..aku jg tadinya nebak kl itu buah kurma mba..ternyata kurma 'jadi2an' ya..
moga di pasaran ga ada yg jual kurma jadi2an ya..

rezkaocta 13 July 2011 at 12:37  

penasaran pengen liat langsung...!
eh eh eh, kalo buah mirip kurma it bijiny gmn y?

Ferdinand 13 July 2011 at 16:58  

CuMi... ternyata cuma mirip doank haha... jadi itu buah yg mirip sama kurma namanya apaan Mbak???? trus cara bedainnya gimana klo sekilas tanpa dicobain? trus bahayanya apa untuk kesehatan *hayah udah kaya mau interogasi teroris wkwkwkwkw....

OOT: untuk yg widget Followe mungkin juga ada hubungannya Mbak, soalnya G+1 aja ternyata postingan di blog yg di +1 tayang kan di Social Networkingnya hhe... :) gimana invite G+ dari ku udah keterima kah????

dan seperti biasa aku minta tepung segi tiga biru dulu yg diatas... :)

narti 13 July 2011 at 20:30  

@ Djangan Pakies, kira2 begitu Pak. Promosi? monggo, silakan.
@ Bang Pendi, masa sih Bang? wah kalau yang ini aku malah belum tahu.
@ Ndezz Sadja Soedah Coekoep, :)
@ BaS, aku kurang tahu nih.
@ Blog Keluarga Kesehatan, semoga begitu :)
@ Kang Sugeng, ya begitulah kang.
@ Belajar Photoshop, sebelum mereka posting mungkin sudah lewat ujicoba, dll.
@ windflowers, semoga begitu mba :)
@ rezkaocta, kalau di artikel yg aku baca itu gak ada bijinya.
@ Ferdinand, untuk membedakannya kayaknya harus dirasakan deh :)

abeng beng /arjopedal 14 July 2011 at 07:21  

he he salam kenal he hebatya orang orang jaman sekaran buah aja ada yang copy paste

aaSlamDunk 14 July 2011 at 11:21  

wahahaha iiya
tadi reflek nebak kurmaa...
tapi pas baca ternyaataa ohhh ternyataaa... plasuuuu *bahasa gunungpati*

kebanyakan dari tomat ituh

bopfive5 14 July 2011 at 18:22  

kurma palsu ada to baru tau ni

Sukadi 14 July 2011 at 20:25  

hadduuuh... sampai buah aja ada yang mirip seperti ini, bagi yang awam seperti saya pasti bingung kalau suruh membedakan hehe..

fitrimelinda 15 July 2011 at 22:11  

wahh..dah ada ya jadwal shalat buat ramadhan nanti

cara menjadi agen xamthone 15 August 2011 at 06:23  

yapz,, tentunya ini kan bulan puasa setidaknya banyak sekali orang berburu buah kurma,,, jadi berhati-hatilah bedakan mana yang asli dan palsu...

penyakit asam urat 15 August 2011 at 06:24  

sipp dech artikel yang cukup bermanfaat nich,, apalagi ini bulan puasa musimnya buah kurma,,,

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP