Cara Membuat Ekstrak Vanilli

>> Monday, October 04, 2010

Berhubung penasaran dengan ekstrak vanilli yang harganya mahal, akhirnya nanya sama om google. Dan menemukan cara pembuatan ekstrak vanilli.

Gambar vanilli yang masih di pohon, warnanya hijau, bentuknya seperti buncis.
Gambar diambil dari http://www.spiceskerala.com



Gambar vanilla bean dari http://organicindonesianvanilla.blogspot.com
 
Bagaimana cara membuat ekstrak vanilli?
Cara membuat ekstrak vanilli bisa Anda baca disini  http://www.kitchenproject.com/vanilla/4FoldVanillaExtract.htm
Disana dijelaskan secara lengkap langkah-langkah pembuatan ekstrak vanilli beserta gambarnya.
Disebutkan bahwa bahan untuk membuat ekstrak vanilli adalah Vodca dan Vanilla beans. Vodca bisa diganti dengan Brandy atau Rum.

Menurut wikipedia arti vodca, brandy dan rum adalah sebagai berikut:

Vodka adalah sejenis minuman beralkohol, berkadar tinggi, bening dan tidak berwarna, yang biasanya disuling dari gandum yang difermentasi. Kecuali untuk sejumlah kecil perasa, vodka mengandung air dan alkohol (etanol). Vodka biasanya memiliki kandungan alkohol sebesar 35 sampai 60% dari isinya. Vodka Rusia klasik mengandung 40% (80° kandungan murni), angka tersebut dirumuskan oleh ahli kimia terkenal Rusia, Dmitri Mendeleev. Menurut Museum Vodka  di St. Petersburg, Rusia, Mendeleev berpendapat bahwa kandungan yang sempurna yaitu 38%, tetapi karena minuman beralkohol pada waktu itu dikenakan pajak berdasarkan kandungan alkoholnya, persentasenya dinaikkan menjadi 40 untuk mempermudah penghitungan pajak. (sumber: wikipedia)

Brendi (bahasa Inggris: brandy, berasal dari bahasa Belanda, brandewijn) adalah istilah umum untuk minuman anggur hasil distilasi, dan biasanya memiliki kadar etil alkohol  sekitar 40-60%. Bahan baku brendi bukan hanya anggur, melainkan juga pomace  (ampas buah anggur sisa pembuatan minuman anggur) atau fermentasi sari buah. Bila bahan baku tidak ditulis pada label, brendi tersebut dibuat dari buah anggur asli. (sumber: wikipedia)

Kita juga sering mendengar atau membaca dalam resep masakan yang menggunakan Rum sebagai salah satu bahan masakan. Apa Rum itu?
Rum (rhum) adalah minuman beralkohol hasil fermentasi  dan distilasi  dari molase (tetes tebu) atau air tebu  yang merupakan produk samping industri gula. Rum hasil distilasi berupa cairan berwarna bening, dan biasanya disimpan untuk mengalami pematangan di dalam tong yang dibuat dari kayu ek atau kayu jenis lainnya.
Rum terdiri dari berbagai jenis dengan kadar alkohol yang berbeda-beda. Rum putih umum digunakan sebagai pencampur koktail. Rum berwarna cokelat keemasan dan gelap dipakai untuk memasak, membuat kue, dan juga pencampur koktail. Hanya rum berkualitas tinggi saja yang biasa diminum polos tanpa pencampur atau ditambah es batu. (sumber: wikipedia)

Di
http://www.kitchenproject.com/ disebutkan dengan menggunakan biji vanilli kelas premium, diperlukan waktu minimal 8 minggu untuk menghasilkan ekstrak vanilli kualitas bagus.
Kemungkinan jika bahan yang digunakan kurang bagus, akan diperlukan waktu lebih lama lagi untuk menghasilkan ekstrak vanilli ini. Dan tentu akan berpengaruh pada kualitasnya.

Jadi mengapa ekstrak vanilli ini harganya mahal? Tentu karena bahan yang diperlukan harganya mahal. Juga waktu pembuatannya lama. Lalu, bagaimana hukumnya bagi umat muslim bila menggunakan ekstrak vanilli ini mengingat bahan yang digunakan adalah alkohol? Juga bagaimana dengan penggunaan Rum pada masakan atau kue-kue?



Teman-teman blogger ada yang tahu, bahan pengganti alkohol untuk membuat esktrak vanilli ini? Ditunggu sharingnya di kolom komentar ya.
Tentu akan lebih baik bila kita menggunakan vanilla bean langsung ya....


EDIT artikel pukul 14.35 waktu Qatar
Untuk semua teman yang sudah memberikan komentar juga masukan saya ucapkan terima kasih banyak.
Rasa vanilla pada makanan didapat dari pemberian vanilli, tetapi tidak semua makanan/minuman menggunakan yang berbentuk ekstrak vanilli. Karena vanilli sendiri ada beberapa jenis, silakan baca disini.
Jadi yang perlu diperhatikan adalah  vanilli jenis mana yang dipakai.

Semoga bermanfaat! 

Share to your friends:

31 comments:

windflowers 4 October 2010 at 07:19  

wah..ribet jg ya ternyata bikinnya hehe..

* oya mba, aku mo nanya, mba gmn cara menggoreng sukun yg diiris tipis, biar hasil gorengannya renyah, ga keras...thanks banget ya mba...:)

orang kampung 4 October 2010 at 07:28  

adakah memang alkohol itu hukumnya haram mba ? kalau bukan buat mabok2an trus kegunaannya buat penyedap masakan ? seperti daun ganja contohnya.. dia haram karena dipake orang nyimenk, tapi kalo dipake buat bumbu masak bikin sedap kan ?

secangkir teh dan sekerat roti 4 October 2010 at 07:30  

saya mah laki laki tidak terampil untuk hal begituan bu :)

narti 4 October 2010 at 08:01  

@ orang kampung, begitu ya? harus tanya pakarnya nih...
Bahannya juga belum pernah lihat disini. Makasih masukannya ya.

narti 4 October 2010 at 08:36  

@ windflowers, waduh mba...aku tidak ngerti juga tipsnya, maaf ya mba.

FREE MUSIC DOWNLOAD 4 October 2010 at 08:48  

Wahhhh.... ternyata vanili bahannya dari Vodca dan Brandy to....
Baru tau aku mbak....

Darin 4 October 2010 at 08:58  

Wah, sebenernya ekstrak vanili ini berguna untuk masak masakan apa ya mbak?

narti 4 October 2010 at 09:20  

@ Darin, vanilli biasanya digunakan pada minuman atau kue-kue. Misalnya, ice cream rasa vanilla. Jadi sebagai perasa dan memberikan aroma. Tapi vanilli sendiri ada beberapa jenis, silakan baca disini (http://dapurpunyaku.blogspot.com/2010/10/vanilli.html).
Jadi tergantung vanilli jenis mana yang dipakai, tidak semua makanan/minuman dengan rasa vanilla memakai yang bentuk ekstrak vanilli.

BeeMouNTaiN 4 October 2010 at 10:26  

ternyata pembuatan vanili itu pake alkohol ya..hmmm...

julicavero 4 October 2010 at 10:43  

agak susah juga buatnya ya...mmhh...setidaknya menjadi pengetahuan bagi saya..hee

aaSlamDunk 4 October 2010 at 10:45  

mungkin bisa diganti dengan sari kelapa? tuak kan juga mengandung alkohol
#asal koment

narti 4 October 2010 at 11:08  

@ aaSlam, aa yang buat eksperimennya ya...kalau sudah berhasil dipatentkan....hehe...

Ipin's cool 4 October 2010 at 14:27  

Rasa vanilla harus di hindari nihh...gawat juga yah kalau mengandung alkoholl

moenas 4 October 2010 at 14:42  

mbk mampir sore neh ^^

narti 4 October 2010 at 14:49  

@ Ipin's cool, tidak semua makanan/minuman dengan rasa vanilla menggunakan ekstrak vanilli, karena ada vanilli jenis lain. Baca artikel terkait ya....

Muhammad A Vip 4 October 2010 at 15:23  

hidup ini kalo nggak ada vanilli juga nggak apa apa kan? atau akan ada bencana? hihi

Lone Fighter 4 October 2010 at 15:37  

wah, bleh dicoba neh... betewe, phon vanilix bsa ngambil dmana mbak? (jhiaaa..)

narti 4 October 2010 at 17:11  

@ Lone Fighter, penghasil vanilli di Indonesia adalah daerah NTT, NTB, Bandung. Mungkin daerah pegunungan yang lain juga ada karena umumnya tumbuh pada ketinggian 500-800 m dpl.

Gaphe 4 October 2010 at 17:44  

kalo vanili yang bubuk itu cara bikinnya gimana yak?.. apa hampir sama kayak gitu?...*bingung*

Bunglon Blog Indonesia 4 October 2010 at 18:10  

walah ternyata saya baru liat pohon vanili ternyata seperti ini to mbak, kalo sudah diolah memang sangat bermanfaat
Sukses Slalu!

ana 5 October 2010 at 02:18  

informasi yang bermanfaat..
jadi bahan pembelajaran bahwa kita mesti lebih mengenal jenis bahan yang digunakan dalam membuat kue/masakan..

tamanbuahhati 5 October 2010 at 02:19  

saya juga baru tahu kalau ada ekstrak vanili yang pembuatannya dari alkohol..
makasih ya mbak sudah sharing..

Pakbroncos 5 October 2010 at 06:59  

berarti vanili termasuk golongan makanan keras :D
kan terbuat dari alkohol _--_"
wahh bisa mabuk vanili donk mbak :D
Hehehheeee

Puspita 5 October 2010 at 08:00  

Blognya mantap, ternyata ada juga blog tentang masak-memasak.
Kebetulan aku jg lagi suka masak nih :)

Edwin's Personal Blog 5 October 2010 at 08:51  

apakah vanilli sama dengan vanilla, mb? hehe sori ndeso banget ga tahu. saya suka banget vanilla, es krim vanilla...

mazap.anggi 5 October 2010 at 15:29  

hi smu y slm kenl ia okei?''

narti 5 October 2010 at 18:06  

@ Gaphe, vanilla bean diambil bijinya, kemudian dihaluskan. Bisa juga langsung diblender bersama minuman yang mau dibuat.
@ Edwin, iya mas...
@ mazap.anggi, salam kenal juga. Maaf tidak bisa berkunjung balik, di profile tidak ada nama blognya.

Ferdinand 6 October 2010 at 05:27  

Walah klo yg ini aku ndak ikutan deh Mbak hhe.. biar yg wanita aja hhe.. yg ada malah jadi ekstrak Sirup ntar haha....

Yin,  4 March 2013 at 19:03  

Mbak, mau Nanyang nih, vodka yang beredar di pasaran ada rasanya, seperti lemon atau blueberry, apakah boleh dipakai untuk pembuatan vanila ekstrak?

narti 5 March 2013 at 06:39  

@ Ferdinand, hehe...
@ Yin, maaf ya mba, narti kurang tau, misalnya bisa juga harus lewat percobaan.

Yin,  5 March 2013 at 10:19  

Gapapa Mbak, Thx reply ya :)

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP