Timun suri | Gambar timun suri | Manfaat buah timun suri

>> Monday, August 30, 2010

Menanggapi pertanyaan mba Fanda dan mba Lala pada artikel es timun suri kemarin, timun suri itu yang seperti apa? Nah di bawah ini gambar timun suri.

gambar dari google

Timun suri dengan nama ilmiah Cucumis sativus ini biasanya kita jumpai di pinggir-pinggir jalan (pasar tiban) selama bulan Ramadhan (kalau di Indonesia). Padahal buah ini ada sepanjang musim. Mungkin karena saat selain Ramadhan orang tidak begitu tertarik dengan buah timun suri ini, makanya dia ngumpet.... :)
Tapi disini setiap saat ada...tidak hanya bulan Ramadhan saja.

Bentuk buahnya lonjong, warna kulit kuning, kehijauan juga ada, memiliki tekstur yang mudah rusak ketika matang, beraroma harum dan daging buah yang empuk. Timun suri juga memiliki kadar air yang cukup tinggi. Rasanya juga khas dan tambah segar saat dikonsumsi dalam keadaan dingin. Bisa dibuat es timun suri atau koktail, sangat tepat untuk pemuas dahaga, apalagi saat summer seperti sekarang ini. Eh lagi puasa... maksudnya cocok untuk berbuka puasa.

Buah ini juga mengandung mineral kalium dan provitamin. Serat di dalam timun suri mampu mencegah timbulnya kanker saluran pencernaan, seperti kanker usus dan kolon. Hal ini disebabkan sifat serat timun suri yang mengikat zat-zat karsinogen penyebab kanker yang ada di saluran pencernaan.

Timun suri juga kaya akan provitamin A, berfungsi menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan alami pencegah rusaknya sel tubuh  penyebab penuaan dini. Vitamin C di dalam timun suri termasuk tinggi. Keberadaan vitamin C inilah yang dapat mencegah timbulnya gangguan penyakit flu dan infeksi. Hal ini disebabkan sifat vitamin C yang berfungsi sebagai anti virus dan pencegah infeksi. Selain vitamin, mineral esensial seperti kalsium, fosfor dan zat besi juga banyak terdapat di dalam timun suri.

Tak hanya itu, kandungan gizi di dalam buah timun suri bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah.

Sumber: kompas (diedit).
Semoga bermanfaat!

Share to your friends:

18 comments:

Ferdinand 30 August 2010 at 08:39  

Walah...masa bentuk timun suri ndak tau toh he..... klo manfaatnya aku yo baru tau.. tapi klo gambarnya ya wes ngerti hhe...Wah ningkatin daya tahan tubuh juga toh ternyata....


THnx 4 share,.. Semangat N happy blogging...

Fanda 30 August 2010 at 09:35  

Eh, kalo di daerahku kok namanya timun mas ya? Yg mirip yellow melon itu kan? Hehe... Makasih ya atas jawaban pertanyaanku.

Muhammad A Vip 30 August 2010 at 09:43  

saya biasanya ketemu es timun suri ini setiap Rebo, jadi dua hari lagi. hihihi

inge / cyber dreamer 30 August 2010 at 11:18  

bentuknya memang sudah tau juga sie...tapi beberapa manfaatnya baru tau ^^

have a nice day...
met puasa ^^

narti 30 August 2010 at 11:20  

@ Fanda, oh gitu ya mba. Ya sangat mungkinlah mba...kadang beda daerah memang beda nama. Iya memang sekilas mirip melon. Makasih juga mba....

Ipin's cool 30 August 2010 at 15:16  

Timun suri buah musiman nihh adanya hanya pada saat bula puasa ajaa

BeeMouNTaiN 30 August 2010 at 15:50  

jadi kepikiran pingin punya kebun timun suri di rumah selain buat mencukupi kebutuhan vitamin keluarga lebihnya bisa dijual buat nambah2 ongkos naek haji... amin.

genial 30 August 2010 at 19:24  

emang paling enak klu buka puasa pake timun suri, blewah dan sebagainya :) dikit lagi saur nii :(

tejo 30 August 2010 at 21:55  

wah lama tak mampir disini mabk moga tambah baik..

timun suri paling enak klo dibikin es saat puasa2 gini

aaSlamDunk 31 August 2010 at 03:18  

kalo ditempatku ini namanya blewah mba
murah gitu

bolehngeblog 31 August 2010 at 05:06  

timun suri dicampur nutrisari dan ditambah cangkaleng, nikmat..

febriyanto 31 August 2010 at 06:57  

di magelang sini kayaknya ga ada yang jual... belom pernah menjumpai saya..... :|
manfaatnya banyak juga ya ternyata.,

windflowers 31 August 2010 at 10:54  

timun suri, begitu banyak manfaatnya...tp aku ga begitu suka..:(

mo belajar makan timun suri ah, biar suka...:)

rosanakmami 31 August 2010 at 11:08  

cuma satu kekurangannya, mbaaaaak
susaaaaaah nyari timun suri kalo bukan bulan puasa >.<
kagak nemu dah ah dimana2, heu..

met hari selasa, mbak narti
semoga hari ini menyenangkan :D
buka puasa nanti es timun suri lagi kah? heheu

jeje 31 August 2010 at 17:13  

Timun suri dingin manis, enak banget buat buka

gaelby 31 August 2010 at 17:26  

Waah Timun kyak gini di kampung sya justru lumayan banyak. Thanks buat sharingnya, aq bru tau manfaatnya.
Salam sobat :)

Rizky2009 2 September 2010 at 17:43  

saya pernah liat nih buat buah itu tp belum pernah coba, kayaknya di daerah q langka buah itu

Anonymous,  4 November 2011 at 05:52  

maen dunk ke tempat kita,adain acara masak bareng^^
nah bahannya bisa dari timun suri tadi,,balas di emailku ya...
rahayu.wilujeng73@yahoo.co.id

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP