Tape Singkong

>> Sunday, January 31, 2010

Membuat tape singkong ternyata mudah. Mumpung punya ragi tape (dari Indonesia...hehe...), akhirnya praktek juga membuat tape ini. Padahal kalau dirumah tidak kepikiran untuk membuat, lebih enak dan cepat beli jadi....
Bahan yang diperlukan juga mudah didapat, yang sulit didapat kan raginya (bagi yang tinggal di LN loh...).

Yuk kita mulai membuat tape singkong.

Bahan:
1 kg singkong, kupas, potong-potong, cuci bersih.
1 butir ragi tape, haluskan.
wadah kedap udara.
daun pisang (option)

Cara membuat:
1. Singkong dikukus hingga matang. Jangan terlalu matang karena tape akan jadi lembek.
2. Dinginkan singkong yang telah matang sampai benar-benar dingin.
3. Siapkan wadah, beri alas daun pisang (tapi aku tidak pakai), tata singkong. Taburi dengan ragi hingga rata.
4. Tutup wadah, simpan ditempat hangat (jangan di masukkan ke kulkas), biarkan selama 2-3 hari. Jangan dibuka-buka, jadi taruhlah di tempat yang aman (jauhkan dari jangkauan anak-anak yang serba ingin tahu....hehe...).
5. Tape siap dimakan.
Setelah tape jadi, simpanlah di kulkas agar tidak terjadi proses fermentasi lebih lanjut.

Selamat mencoba!

Share to your friends:

40 comments:

the kinng 31 January 2010 at 07:34  

di rumah jg ada tape. namanya tape recorder. hehehe

angger 31 January 2010 at 08:25  

saya juga sering makan mbak.
soalnya dideket rumah ada yang jualan,,,,

glife 31 January 2010 at 08:27  

jadi tambah laper nich seharian lum makan,mau coba masakan mbak narti...

Henny Y.Wijaya 31 January 2010 at 09:44  

kalo kurang suka makan tape gimana dong?

semutbengkok 31 January 2010 at 10:53  

klo bwt singkong aq dlu serg pas smasa ma ne2k q mbak narty..
tp stelah ne2k q mningGal gk prna lg de buat..

Rizky2009 31 January 2010 at 14:55  

wah ini nih yang aq suka tape telo..... apa lagi kalau d padukan dengan susu wah ajib bgt, lebih ajib lagi tape ketan.... hemmmmmmmmmmmm

Kang Sugeng 31 January 2010 at 17:45  

sip... saya suka bangt sama tape Mbak.

Oiya, saya punya resep masakan yg blm pernah dipublish oleh siapapun Mbak, kalo Mbak Nar mau bisa saya kirimkan

JOLA76 31 January 2010 at 19:00  

emang enak apalagi kalo dicampur es sirup, siang2 segerrrrr

Indahnya Berbagi 31 January 2010 at 19:03  

Wah slma tgl di mdnh anaa g' prnah makan tape jd...

narti 31 January 2010 at 19:10  

@ Indahnya Berbagi, ini juga pas punya ragi aja koq mba...kalau disini ada toko indonesia. di mekkah ada toko indonesia, di medinah gak ada ya mba?

wahyoe 31 January 2010 at 19:45  

tape singkong emang maknyuuuussss... :D

trik-tips bisnis online 31 January 2010 at 19:53  

enak tuh tapenya..bisa juga untuk mengobati penyakit maag ku ini....

phonank 1 February 2010 at 04:35  

I like Tape,, hehe

tp jangan terlalu banyak makan tape.. perut bisa kocar-kacir.. hehe

Sering makan Tape tp gak tahu cara buatnya,, terima kasih sudah dipajang info mengenai cara pembuatannya, hehee

Rock 1 February 2010 at 05:12  

Pagi ini sarapan tape singkong...

Misbah el munir 1 February 2010 at 07:11  

Wow... seneng tape juga ya, mbak..?
emak ku juga sering bikin nih.. hehe..
Peuyeum namanya kalo di tempatku.

Kapan-kapan bikin resep bahan dasar tape ya mbak..!

gusrohman 1 February 2010 at 08:59  

mening + uuuueeennnaaaaakkkk.. tenan

NURA 1 February 2010 at 12:54  

salam sobat
wah mauuu banget tape singkongnya mba,,
disimpan mba resepnya nich..

pelangi anak 2 February 2010 at 03:32  

DULU WAKTU MASIH DI MADIUN SERING BANGET 'NYAPLOK' MAKANAN LUNAK NAN LEZAT INI, KARENA KONON BISA MENCEGAH KUKULAN...BETUL KOK, MENURUT PENGALAMAN SAYA JERAWAT BERANGSUR TENGGELAM SETELAH BEBERAPA KALI MAKAN 'TAPE TELO' TERSEBUT...TAPI JANGAN TERLALU SERING ALKHOHOLNYA LUMAYAN TINGGI JUGA HE HE HE ....

msafru 2 February 2010 at 03:44  

Tape kalau g salah bahasa sundanya "Peyeum" dan ak paling suka peyeum-puan wkwkwkwkwkwkwk

Ret-net 2 February 2010 at 09:00  

tape....
aku paling suka air tape. badex kata orang..

aaSlamDunk 2 February 2010 at 09:03  

wahahah tape baik untuk kesehatan mba
bisa juga buat mengobati panu lho

caranya :
campur tape dan belerang padat (lirang). trus digerus hingga lembut
dan dimakan bersama tape
bisa juga kok diJUS

dan manjur, teman saya panunya langsung mengelupas hehehe

nuansa pena 2 February 2010 at 13:12  

minta dong! maunya langsung makan!

masterGOmaster 2 February 2010 at 15:00  

waah aku mau di print ah buat istriku ..mumpung ada informasi cara pembuatannya nih.makasih

Edwin's Personal Blog 3 February 2010 at 01:58  

Tape singkong, kalau proses raginya jadi dengan sempurna, hmmm rasanya top maknyuss banget ^_^

richo 3 February 2010 at 09:16  

wah tinggal makan aja lebih enak dan cepat heheh salam kenal

asep-bogor 3 February 2010 at 14:36  

mmmmmmmmm.....nyummiiii, ma nyoos, deeh. Terima kasih atas sajiannya. nanti mampir lagi kesni kalau ada menu baru. hehehe

Bhirawa 3 February 2010 at 14:43  

Tape singkong memang kesukaan saya sejak kecil. kalau dibuat wedang tape enak tenan mbak, digoreng juga enak. Harganya murah tapi menyegarkan.
terima kasih artikelnya yang menggiurkan.
Salam hangat dari Surabaya

rumah blogger 3 February 2010 at 16:10  

dipandang aja udah enak ya, apalagi kalau dicicipi, hehehe

sabirinnet 3 February 2010 at 16:11  

simpan dulu aakkhhh...menambah koleksi di rumah, hehehee

Ipin 4 February 2010 at 05:05  

Roti sumbu atau singkong memang banyak gunanya..di buat apa saja bisa kalo keriing buat kripik singkong buisa nuat tape singkong juga..cuma sayang nilai gizinya rendah sekali..

aaSlamDunk 4 February 2010 at 07:27  

coba bikin tape katan atau beras mba

Ica 4 February 2010 at 13:55  

duuuuuhhh... mauuuuu...
daku suka banget.. ampe es campurpun pasti plus permintaan "Bang, tapenya yang banyak ya.." hehehe...
Mbak yu..... makasih ya...

denie 4 February 2010 at 18:53  

haloooo gimana kabarnya niiiihhhh.....?????

Saung Web 4 February 2010 at 21:10  

Wah ini sih makanan kesukaanku bu hj.. 10 tahun di Bandung ya.. peyeum bandung lah.. siiip

Link Tea 4 February 2010 at 21:15  

Oh ya bu hj. saya bikin blog baru nih.. pingin ngelink juga.. saya pasang linknya ya.. di tunggu linkbacknya..

Nama : Link Tea
Url : http://linktea.blogspot.com

Belogger Prost 8 February 2010 at 11:50  

jadi lapar....i like peyem...

kakara 11 February 2010 at 10:20  

Kalau belum cukup waktunya..katanya ga boleh dibuka dulu ya mba.. tapenya bisa2 ga mateng2 .. betul engga mba?
TFS :)

narti 11 February 2010 at 18:36  

@ kakara, betul, maka dari itu simpanlah di tempat yang aman, jauhkan dari jangkauan anak-anak selama proses fermentasi ( disembunyikan dulu), kalau sudah 2-3 hari baru dilihat. Setelah itu segera dihidangkan atau simpan di kulkas agar tidak terjadi proses fermentasi lebih lanjut.

mar'atunnisa,  16 November 2012 at 15:16  

thnks atas infonya boss

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP