Telur | semua hal tentang telur

>> Monday, December 12, 2011


Jenis-jenis Telur

Telur dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu telur unggas dan non unggas.
Telur unggas misalnya telur itik, telur ayam, telur angsa, telur burung puyuh, dan telur burung unta.
Sedangkan telur non unggas contohnya telur ikan salmon, telur penyu, telur ikan kakap, atau telur ikan terbang.

Bagaimana Memilih Telur?
Periksa kondisi fisik telur, pilih yang bersih, utuh/tidak retak dan tidak bau. Jika Anda membeli telur di supermarket, periksa tanggal produksi dan tanggal expirenya. Pilihlah telur yang masih baru.

Ciri-ciri telur yang sudah rusak adalah sebagai berikut:

    * Rongga udara (pada bagian tumpul) di dalam telur membesar
    * Pori-pori kulit telur melebar (ditandai dengan telur yang mengapung jika dimasukkan ke dalam air)
    * Putih telur lebih encer
    * Kuning telur tidak berada di tengah (jika diterawang) atau sudah pecah.

Cara tepat menyimpan telur
Simpan telur (unggas atau non unggas) dalam lemari pendingin bersuhu 4-5 derajat Celsius. Dengan cara ini, telur bisa bertahan atau awet hingga 20 hari.
Tapi saat telur akan diolah, terutama untuk membuat cake, sebaiknya telur didiamkan dulu di suhu ruang. Cara ini bertujuan untuk mencegah perbedaan suhu telur dan bahan lain sehingga reaksi kimia untuk pembentukan gas dan perubahan struktur gluten tidak terhambat.

Sekarang ini di pasaran banyak dijual telur ayam yang mengklaim keunggulan kandungan nutrisinya. Perbedaan komposisi gizi ini sangat dipengaruhi oleh jenis pakan yang diberikan pada ayam.

• Telur Omega 3
Ayam yang diberi pakan dengan formulasi lemak omega 3 tinggi akan menghasilkan telur yang juga kaya omega 3. Sebagai perbandingan, pada label salah satu produk telur omega 3 dituliskan bahwa sebutir telur biasa berukuran 60 g mengandung omega 3 sebanyak 38 mg, sedangkan pada telur omega 3 kandungannya bisa mencapai 618 mg.

• Telur Rendah Kolesterol
Telur dikatakan rendah kolesterol jika kandungan kolesterolnya minimal lebih rendah 25% dari telur biasa. Telur ini umumnya dihasilkan dari ayam yang pakannya selain diberi jagung atau beras, juga ditambahkan ampas buah merah yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh (PUFA/Poly Unsaturated Fatty Acid) tinggi sehingga dapat menekan kadar kolesterol jahat.

• Telur Kaya Vitamin A
Didapat dari ayam yang pakannya banyak mengandung zat karotenoid (pro vitamin A) seperti jagung dan ampas buah merah. Telur kaya vitamin A ditandai oleh warna kuningnya yang terlihat lebih kuning, bahkan kemerahan.

• Telur Vegetarian
Telur ini dihasilkan dari ayam yang seluruh pakannya berasal dari sumber nabati. Kalau dalam pakan ayam biasa sering ditambahkan sumber kalsium dari hewani (misalnya tepung tulang ikan atau sapi), untuk ayam petelur vegetarian, biasanya sumber kalsiumnya diganti dengan kalsium dari batu gamping yang sudah diolah hingga menjadi mineral yang food grade (aman dikonsumsi).


Artikel: Dr. Ir. Nuri Andarwulan, M.Si
Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi
Fakultas Teknologi Pertanian, IPB, Bogor.

Narti kurang tahu, artikel di atas catatan tahun berapa, Narti terbitkan disini untuk catatan pribadi juga. Syukur bila bermanfaat buat orang lain juga.

Share to your friends:

5 comments:

Damar 12 December 2011 at 12:53  

kira-kira kalo telur ayam kampung yang dibiarkan berkeliaran terkategori yang mana ya Mbak, soale dari rasa saja telur jenis ini jauh lebih gurih dibandingkan dengan telur ras

narti 12 December 2011 at 13:44  

@ Djangan Pakies, waduh kurang ngerti Pak. Kalau dari kategori di atas memang hanya ayam ras. Iya sih, ayam kampung yang berkeliaran mencari makan sendiri, telurnya jauh lebih enak.

Gaphe 12 December 2011 at 15:18  

saya suka banget makan telur, terutama ceplok tiga perempat mateng.. cuman nggak pernah meduliin apa ini telor ayam kampung kek, rendah kolesterol, omega3, yang penting enaak :P

ditaburin merica tambah manteb

windflowers 13 December 2011 at 03:37  

mmhhh..telur jg bermacam2 ya mba..tp kl yg bebas di pasar itu telur jenis apa ya...? thanks banget mba, artikel ini buatku sangat berguna mba, krn selain aku suka sm telur, aku jg jadi tau macam2 telur, ternyata ga hanya telur omega 3 aja ya... :)

Najibblog2010 13 December 2011 at 09:58  

Saya makan telur alergi sob..hehe... ditunggu kunjungan balik dan komentarnya di postingan disabilitas dan pandangan masyarakat :D

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP