Lotis | cara membuat Lotis

>> Monday, September 26, 2011

Lotis? apa itu lotis? nama yang asing ya?
Tapi bagi Anda yang orang Yogya tentu sudah tidak asing lagi denger nama ini. Lotis, semacam rujak buah, cuma bumbunya biasanya terpisah dan irisan buahnya agak besar. Cara makannya, ambil potongan buah, cocol ke sambal yang puedes, baru dimakan.
Lihat gambar lotis di bawah ini, Narti bisa ngeces deh :) Coz disini buah-buahan mengkal gitu susah nyarinya, belum lagi kalau tidak musim buah mesti sulit nyarinya. Lotis ini cocok dinikmati di saat siang hari.
Yuk coba buat lotis sendiri di rumah. Syukur kalau Anda punya kebun buah dan lagi berbuah, jadi bisa metik dari kebun sendiri.
Berikut resep lotis selengkapnya.


Bahan:
7 bh jambu air (merah)
1 bh mangga mengkal
1/2 bh pepaya mengkal
2 bh bengkuang
4 bh kedondong
2 bh mentimun muda
1/2 bh nenas
3 juring jeruk bali
200 ml air

Bumbu:
700 gr gula merah
150 ml air
3 bh cabai merah
5 bh cabai rawit
1 sdt garam
1/2 sdt terasi
50 gr kacang tanah goreng, tumbuk kasar
3 bh pisang batu muda, cincang kasar

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, garam, dan terasi, sisihkan.
2. Buat bumbu: rebus gula merah sampai kental, masukkan cabai yang sudah dihaluskan, kacang tanah, dan pisang batu, aduk-aduk sampai matang dan kental.
3. Bersihkan buah-buahan lalu potong-potong sesuai selera. Hidangkan buah-buahan dengan bumbu rujak.

Untuk 5 orang.
Sumber: tabloid nova

Di jalan Bantul (Polres Bantul masih keselatan), ada penjual lotis ini, memakai gerobak gitu. Ada 2 orang penjual, letaknya berdekatan, tapi yang satu sepi, yang satu lagi ramai, saat mau beli harus rela antri. Kata orang-orang sih, lotisnya lebih enak yang ramai itu.

Resep aneka rujak bisa Anda baca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/search/label/Aneka%20Rujak
Resep Acar, asinan dan manisan bisa Anda baca disini http://dapurpunyaku.blogspot.com/search/label/Acar%20Asinan%20dan%20Manisan

Share to your friends:

5 comments:

ketty husnia 26 September 2011 at 18:11  

sungguh menggiurkan..malam2 disuguhi gambar dan resep lotis dari mbak Narti..bikin ngeces hahaha

kalo di tempatku namanya tetep rujak buah mbak..deket rumah ada yg jual, tapi kalo buat sndiri..aku suka kasih gula merah yg sangat banyak..takut kepedasan :D

Rawins 27 September 2011 at 07:42  

waduh... panas panas gini seger kali yak..?
kirim sini dong..

NURA 27 September 2011 at 15:21  

ass
lotis cocok di saat sianghari kala cuaca panas.
jadi ngiler mba lihat gambar lotisnya.

ningnung 27 September 2011 at 16:53  

mirip banget sama rujak ya mbak? bahannya sama persis. Kalo yang kayak gini aku ga telaten masaknya, beli aja langsung. hihihihihih

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP