Macam-macam Kembang Tahu

>> Thursday, June 09, 2011

Kembang tahu itu yang seperti apa sih bentuknya? Belinya dimana?
Kembang tahu bentuknya ada beberapa macam, dengan kegunaan yang berbeda-beda juga. Anda dapat membeli kembang tahu di supermarket, sudah dalam kemasan. Nah, untuk gambar kembang tahu bisa dilihat dibawah ini.

gambar kembang tahu

Lembaran tipis, kering, berwarna kecoklatan dan akan melunak jika direndam air, itulah kembang tahu. Selain dari kacang kedelai, yuba (namanya di Jepang) juga bisa dibuat dari kacang hijau atau kacang gude. Apa saja jenisnya? Jangan sampai tertukar, ya, dengan kembang tahu manis yang dijajakan dan dikenal sebagai jajanan tradisional.

Berikut ini macam-macam (jenis) kembang tahu dan kegunaaannya:

1. Gohyong, adalah kembang tahu yang tipis dan lembut, lentur dan mudah dibentuk. Bisa langsung dipakai tanpa perlu direndam air. Biasanya digunakan untuk melapisi kekian (seperti otak-otak tapi lebih besar), ngohiong, ekado, rolade, juga membungkus lumpia atau siomay.

2. Kembang tahu batangan yang bergulung-gulung dan kering harus direndam dalam air panas sampai mekar, dipotong-potong sesuai selera, lalu dimasukkan ke dalam tumisan cap cay, sup iga, isian kroket, atau kimlo. Malah, Anda bisa mengganti ayam suwir dengannya, karena teksturnya mirip.

3. Kembang tahu bentuk simpul bisa digunakan sebagai tambahan isi sup udang atau kimlo.

4. Kembang tahu lembaran tebal biasanya paling banyak di pasaran. Seduh dahulu sampai merekah, tiriskan, potong-potong, lalu masukkan dalam cap cay atau wedang kembang tahu. Jenis ini ada dua rasa, yaitu kembang tahu tawar (warnanya lebih kuning) dan kembang tahu manis (warnanya cokelat tua dan lebih tebal).

Sumber: tabloid Nova

Share to your friends:

19 comments:

bali villa 9 June 2011 at 12:47  

sepertinya lezat nih

Gaphe 9 June 2011 at 17:46  

saya tuh nggak pernah suka makan kembang tahu.. rasanya aneeh, baunya juga. *trauma*

makanya udah ilfeel duluan kalo ngolahnya nggak bener. *jauh-jauuh deeh

Top New Laptops 2011 9 June 2011 at 19:25  

Loh... baru tahu nie lok ada kembang tahu... :)) rasanya bejimana yach..?

Dhani 9 June 2011 at 20:26  

wow saya suka sekali dengan kembang tahu, apalagi dengan susu kedelai nya. thanks info nya..

ningnung 10 June 2011 at 04:31  

suka banget kembang tahu mbak, tapi belum pede masak.. bagi resep dong :)

Djangan Pakies 10 June 2011 at 12:49  

assalamu'alaikum
mungkin karena di tempatku ndak pernah ada ato mungkin saya yang nggak tahu, jadi belum pernah merasakan kembang tahu mbak,

mamah Aline 10 June 2011 at 23:26  

mbak narti... lama gak berkunjung, jadi kangen masakan dan menu yang lezat dari blog ini....

xamthone plus 11 June 2011 at 09:41  

Owh ternyata kembang tahu banyak jenisnya juga toh,,, yang biasa ibu ku masak sich cuma yang biasa dipakai cap cay, tapi ga tau dech jenisnya apa... mungkin kembang tahu batangan kali ya...

obat alami glukoma 11 June 2011 at 09:43  

Waahh pas banget nich,, saya suka banget sama kembang tahu, tapi sayangnya belum bisa masak, hehe,,
tapi masih belajar sedikit-sedikit dari ibuku,,,,

ASAM URAT 11 June 2011 at 10:09  

pengen donk mba,,
kaya nya enak..

moenas 11 June 2011 at 11:17  

waduhhh rasanya gmna tuh ya, soalnya yang namanya tahu itu digoreng terus xixix

Zippy 12 June 2011 at 02:05  

Ngomong2 soal kembang tahu, saya jadi laper mbak :D
Saya kebetulan paling suka makan kembang tahu terutama yang sering dipake buat sop :D
Aih..rasanya enak banget deh.
Kenyal2 gimana gitu, wkwkwk.. :D

Radhityanotes 12 June 2011 at 06:09  

wah makin keren neh blongnya... udah terlihat profesional pulsa dengan Google Adsensenya... hihihihihi... Mantap... !!!!

lama udah gak main kesini saya mbak...

Ferdinand 12 June 2011 at 06:56  

Hem.... komentku blum dimoderasi ternyata yg kemaren... koment lagi ah... :D

Agak OOT: tau gak Mbak yg sering dipake buat Soup yg bentuknya diiket trus warnanya putih itu apaan? biasanya klo undangan aku makan Soup yg ada itunya hhe... tapi sampe hari ini gak tau itu tuh namanya apaan, pokoknya wanginya Khas deh...

aku pamit dlu Mbak.. semangat :)

narti 12 June 2011 at 10:54  

@ Djangan Pakies, wa'alaikumsalam. Nanya ibu Pak! :)

@ Ferdinand, hmmm...tekwan bukan ya? bunga sedap malam?
kayaknya bukan yang Ferdinand maksud deh, maaf, lama gak menghandiri undangan sih :D

windflowers 13 June 2011 at 04:03  

hehehe..aku baru tau, ternyata kembang tahu itu banyak macemnya ya..

Elsa 15 June 2011 at 06:02  

Mbak... aku baru tahu, kembang tahu bermacam macam bentuknyaaaa.....
disini ada gak yaa.... yang kayak gitu

Agen XAMthone surabaya 22 August 2011 at 10:20  

waduh jadi laper nih sob, hehee,,,

Agen XAMthone plus Riau 23 August 2011 at 10:00  

aku malah baru dennger tuh gan,, rasanya ini enak gak yah?//
hehe

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP