10 Trik Sukses Mencoba Resep Baru

>> Sunday, May 10, 2009

Pernah gagal saat mencoba resep masakan baru? Jangan buru-buru patah arang. Mungkin ada satu hal yang Anda tidak lakukan sehingga masakan tidak berhasil diwujudkan. Nah, 10 trik berikut ini akan membuat "percobaan" Anda berhasil.

1. Pertama-tama, baca baik-baik keseluruhan resep sebelum mulai memasak. Sering terjadi kita tidak mengenal jenis bahan makanan, alat masak, atau bumbu yang disebutkan dalam resep. Akhirnya, percobaan cuma berlangsung setengah jalan dan tak dapat diselesaikan karena alatnya tidak cocok atau bumbu tak ada.
Misalnya, untuk membuat barbeque, Anda sudah harus tahu benar, harus menyiapkan alat pemanggang, arang, dan lainnya. Atau untuk membuat cake keju, Anda memerlukan loyang besar. Nah, penuhi semua kebutuhan sebelum memulai pekerjaan.

2.Baca bagian "Catatan" atau "Tips" di setiap resep yang akan Anda coba. Bagian ini akan menolong Anda memperoleh petunjuk berarti dalam proses pembuatan masakan.
Mungkin juga catatan tadi dibuat oleh Anda sendiri ketika pertama kali mencoba resep tersebut. Misalnya, di situ Anda menulis, "Air harus dikurangi, tambahkan lagi sedikit garam," dan sebagainya.

3. Usahakan untuk mengetahui bagaimana kira-kira hasilnya sebelum memulai. Misalnya, Anda mencoba beberapa resep dari satu jenis masakan dan akhirnya jadi tahu bagaimana cara membuat adonan yang lebih enak dan dalam jumlah banyak.

4. Untuk resep yang membutuhkan putih telur, cara termudah memisahkan putih telur dari kuningnya adalah dengan memecahkan telur menjadi dua, buang putih telur dan tahan agar kuning telur tak ikut "turun". Masukkan kuning telur mangkuk lainnya. Dengan begitu, Anda mengurangi risiko putih telur tercampur. Atau gunakan corong. Soalnya, banyak kue yang gagal dibuat jika ada sedikit kuning telur tercampur di putihnya.

5. Beri tanda pada bagian-bagian resep yang harus menggunakan piring, mangkuk, atau cetakan khusus. Beberapa resep seperti saus, dressing, membutuhkan piring khusus yang mungkin dapat Anda cari atau buat sebelum mulai mencoba resep.

6. Jika membuat makanan atau minuman yang menggunakan cokelat, Anda dapat menambahkan rasa dengan memberi sedikit vanila. Ini bisa diterapkan, misalnya saat membuat es cokelat. Vanila akan membuat rasa es lebih nikmat.

7. Kalau harus memakai oven, sebaiknya sekurang-kurangnya 15 menit sebelumnya oven dipanaskan.

8. Untuk resep hamburger, daging yang tipis akan memberi hasil lebih baik. Simpan daging terlebih dahulu di freezer selama semalam agar tidak pecah saat dimasak. Setelah benar-benar beku, keluarkan dari lemari pendingin, siap untuk dipanggang atau digoreng selama 3­7 menit untuk satu sisi.

9. Jika membuat kue kering, agar mudah dan cepat, buatlah dengan bentuk yang sama. Misalnya, menggulung adonan dengan lingkaran seperti yang diinginkan, kemudian potong berbentuk lingkaran dengan pisau yang tajam.

10. Setiap kali memasak, jangan pernah lupa memeriksa alat pengukur suhu di oven, apakah masih akurat.

Hal ini untuk menjaga kualitas masakan Anda. Selamat berkreasi!
Sumber: Nova

Share to your friends:

5 comments:

indoneter 10 May 2009 at 16:30  

hmmm... kalo dah masak kasih tau ya...

kakara 10 May 2009 at 20:23  

Tipsnya lengkap nh mba.. kalau aku yg akan mmbuat kuenya kayanya ga bakalan jadi2.. sebab yg harus dibacanya banyak..belum lagi bacaan resepnya..hi2
TFS :)

yanuar catur rastafara 11 May 2009 at 04:29  

kerenlah tipsnya
hehehehehehe

Joe 11 May 2009 at 23:52  

Kapan aku punya anak yah... pacar aza lom punya hehe... tapi bagus lah tau sebelum punya anak. Thanks infonya bozz

narti 15 May 2009 at 10:24  

Buat sobat:
@indoneter, hmm boleh.
@kakara, coba deh sekali-kali masuk dapur.
@yanuar, makasih.
@Joe, salah masuk tuh.
makasih semua komentarnya.

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP